uefau17.com

Harga Bitcoin Stabil di Kisaran Rp 1,03 Miliar Usai Halving - Crypto

, Jakarta - Bitcoin pada Sabtu, 20 April 2024 berhasil menyelesaikan Halving keempat kalinya dengan harga mata uang kripto terbesar di dunia tetap relatif stabil sepanjang akhir pekan setelah peristiwa tersebut.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, harga Bitcoin stabil di kisaran USD 63.000 atau setara Rp 1,02 miliar (asumsi kurs Rp 16.218 per dolar AS) hingga USD 64.000 atau setara Rp 1,03 miliar. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (22/4/2024), harga Bitcoin, sempat mencapai titik tertinggi sepanjang masa di USD 73.803 atau setara Rp 1,19 miliar pada pertengahan Maret 2024. 

Halving ini mengubah tingkat pembuatan bitcoin baru dan dimasukkan ke dalam kode bitcoin pada awal mulanya oleh pencipta mata uang kripto dengan nama samaran, Satoshi Nakamoto, yang membatasi keseluruhan pasokan bitcoin sebesar 21 juta token.

Ketika halving terjadi, imbalan yang diterima oleh penambang mata uang kripto karena membuat token baru dipotong setengahnya, sehingga membuat mereka lebih mahal untuk memasukkan bitcoin baru ke dalam sirkulasi.

Halving terjadi setiap empat tahun sekali, dengan halving sebelumnya terjadi pada tahun 2012, 2016, dan 2020. Beberapa penggemar kripto menyebut kenaikan harga setelah halving sebagai tanda harga akan naik setelah halving terbaru meskipun para analis merasa skeptis.

Kenaikan Bitcoin ke level tertinggi sepanjang masa bulan lalu terjadi setelah kripto tersebut menghabiskan sebagian besar 2023 untuk pulih dari penurunan dramatis pada 2022, ketika pasar kripto bergolak oleh runtuhnya bursa mata uang kripto FTX milik Sam Bankman-Fried. 

Bitcoin mencapai rekor tertinggi saat itu sebesar USD 67.802 atau setara Rp 1,09 miliar pada November 2021 sebelum merosot ke bawah USD 17.000 atau setara RP 275,7 juta pada sebagian besar bulan November dan Desember pada 2022.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Halving Bitcoin Selesai, Perusahaan Penambang Yakin Harga Bakal Melambung

Sebelumnya diberitakan, Bitcoin pada Jumat 19 April 2024 malam menyelesaikan halving keempatnya, mengurangi imbalan yang diperoleh penambang menjadi 3.125 Bitcoin dari 6.25.

Secara teknis, halving sendiri seharusnya tidak mempengaruhi harga Bitcoin dalam jangka pendek, namun banyak investor mengharapkan keuntungan besar dalam beberapa bulan ke depan, berdasarkan kinerja mata uang kripto tersebut setelah halving sebelumnya.

Sejumlah CEO perusahaan penambangan bitcoin mempertahankan pandangan bullish, meskipun halving Bitcoin diperkirakan akan mengakibatkan berkurangnya imbalan (block reward) bagi para penambang.

Selain berinvestasi pada peralatan yang lebih efisien, para penambang percaya dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin berbasis spot (ETF bitcoin spot) akan terus meningkatkan nilai mata uang kripto.

Para bos dari perusahaan penambangan bitcoin dilaporkan tetap optimistis meskipun ada antisipasi penurunan imbalan. Itu diperkirakan bakal terjadi setelah aset cryptocurrency teratas tersebut mengalami halving pada 20 April.

Banyak CEO percaya kombinasi operasi berbiaya rendah dan peralatan yang lebih efisien akan menghasilkan keuntungan. Itu memungkinkan penambang untuk mengimbangi hilangnya pendapatan terkait halving.

Mengutip sebuah laporan dari laman bitcoin.com, halving keempat Bitcoin sejak peluncurannya akan mengakibatkan para penambang kehilangan pendapatan USD 10 miliar. Selain itu, tren halving belum berdampak pada meningkatnya minat investor terhadap saham perusahaan pertambangan.

Untuk mendukung pernyataan ini, laporan tersebut menyoroti penurunan saham penambang bitcoin hanya beberapa hari sebelum halving. Penurunan dana yang diperdagangkan di ETF Valkyrie Bitcoin Miners sebesar 28 persen juga mendukung pandangan yang sama.

 

3 dari 4 halaman

ETF Bitcoin

Kendati sentimen investor melemah, para CEO perusahaan pertambangan yang disurvei Bloomberg berpandangan positif terhadap masa depan. Contohnya, CEO Riot Platform Jason Les yang mengatakan, pihaknya cenderung mengambil pandangan jangka panjang dan tidak khawatir dengan tren jangka pendek.

"Kerusuhan terjadi dalam jangka panjang. Tesis investasi jangka panjang kami tentang bitcoin kuat, dan saya pikir kami memiliki persiapan untuk pergerakan bitcoin yang sangat positif selama beberapa bulan ke depan," kata Les.

Selain bertaruh pada peralatan yang lebih efisien, para penambang percaya bahwa dana yang diperdagangkan di ETF akan terus menaikkan harga mata uang kripto. Mereka berharap harga yang lebih tinggi ini dapat mengimbangi dampak berkurangnya imbalan terhadap pendapatan dan profitabilitas mereka.

CEO Cipher Mining Tyler Page menyatakan, para penambang tidak khawatir dengan fluktuasi harga bitcoin dalam jangka pendek. Dia juga berpendapat bahwa lintasan mata uang kripto selama beberapa tahun terakhir menunjukkan adopsinya secara bertahap namun stabil.

"Saya pikir dalam jangka waktu yang lebih lama, kita bisa tetap sangat optimis dalam adopsi jaringan," kata Les.

4 dari 4 halaman

Cari Dukungan, Pelaku Industri Kripto Survei Calon Anggota Parlemen AS

Sebelumnya diberitakan, industri mata uang kripto, yang merupakan kekuatan keuangan baru dalam siklus pemilu Amerika Serikat (AS) di 2024, sedang mensurvei kandidat Kongres mengenai pandangan mereka seputar aset digital.

Survei dari Stand With Crypto Alliance, sebuah kelompok advokasi yang bertujuan untuk mengorganisir pemilih yang memiliki kripto dan mempengaruhi opini publik, adalah cara bagi industri seperti kripto untuk terlibat dalam aktivitas politik.

Pada akhirnya, kandidat yang menjawab survei dengan cara yang dianggap positif oleh industri mungkin akan mendapat dukungan dari kelompok yang ingin meningkatkan kandidat yang ramah terhadap kripto.

“Peraturan kripto di tingkat federal masih sangat diperdebatkan dan tidak jelas, jadi melihat kandidat mana yang dapat memperoleh dukungan dari industri dapat menentukan apa yang akan terjadi di Kongres,” kata Olivia Buckley dari OpenSecrets , sebuah kelompok penelitian yang melacak uang dalam politik AS, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (20/4/2024).

Lebih dari selusin kandidat telah mengisi survei, termasuk mereka yang berasal dari California, Alabama, Texas, Indiana dan Maryland, menurut Stand With Crypto, meskipun kelompok tersebut menolak menyebutkan namanya.

Mereka berencana untuk menyebarkan survei tersebut kepada kandidat dari 468 kursi di Kongres untuk pemilihan pada November mendatang.

Survei tersebut, menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti apakah seorang kandidat percaya mata uang kripto seperti Bitcoin akan memainkan peran utama dalam inovasi teknologi, dan apakah seorang kandidat percaya penting bagi AS untuk memodernisasi lingkungan peraturan untuk kripto.

Hal ini juga menanyakan apakah seorang kandidat akan memberikan suaranya untuk mendukung undang-undang tertentu, seperti rancangan undang-undang yang diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat tahun lalu yang akan menetapkan kerangka peraturan untuk aset digital.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat