uefau17.com

2,15 Juta Ethereum Dialokasikan ke Liquid Staking Derivatives Protocols - Crypto

, Jakarta - Statistik terbaru menunjukkan dalam enam bulan terakhir, sejumlah besar 2,15 juta ethereum telah dialokasikan untuk liquid staking derivatives protocols.

Pada 6 Januari 2024, Lido Finance memegang saham dominan, melebihi 75% dari total ether yang disimpan, dengan tambahan besar-besaran sebesar 1,7 juta ethereum yang disimpan sejak 5 Juli 2023.

Melansir Bitcoin, Minggu (7/1/2024), liquid staking derivatives protocols telah mengalami ekspansi yang signifikan, baik dalam volume deposit ether maupun peningkatan nilai ETH secara keseluruhan, selama setengah tahun terakhir.

Catatan yang diarsipkan dari defillama.com pada 5 Juli 2023, mengungkapkan 10,16 juta ether, senilai USD 19,69 miliar, terkunci dalam protokol ini. Saat ini, total gabungannya telah melonjak menjadi 12.31 juta ether, sekarang bernilai USD 27.49 miliar.

Liquid staking protocols Ethereum memungkinkan peserta untuk mempertaruhkan ETH mereka sambil menjaga likuiditas dengan memperoleh token perwakilan yang dapat digunakan di seluruh platform keuangan terdesentralisasi (defi). Saat mempertaruhkan ETH, pengguna diberikan derivatif likuid, seperti STETH Lido atau RETH Rocket Pool, yang melambangkan modal yang dipertaruhkan bersama dengan imbalan yang masih harus dibayar.

Setengah tahun sebelumnya, Lido berdiri sebagai liquid staking protocols terkemuka terkait ether, melindungi 7,56 juta ETH. Saat ini, kepemilikan Lido meningkat menjadi 9,26 juta. Kepemilikan Rocket Pool meningkat dari 810,502 ether pada 5 Juli 2023, menjadi 1.09 juta ETH pada 6 Januari 2024. Sementara itu, liquid staking protocols Binance mengalami pertumbuhan besar-besaran, melonjak dari 72,077 ETH menjadi 779,785 ETH saat ini.

Dalam konteks ini, cadangan ethereum Lido meningkat sebesar 21,16%, sedangkan ether yang dimiliki oleh platform liquid staking Binance menjamur sebesar 981%. Stakewise mengamati sedikit peningkatan dari 91,910 menjadi 97,199 ether, dan layanan staking Coinbase menyusut dari posisi terbesar kedua ke peringkat kelima dalam enam bulan terakhir.

Mantle dan Swell dengan cepat naik peringkat, dengan Mantle sekarang memegang 174,532 ether di posisi keenam, dan Swell di posisi ketujuh dengan 142,725 ether. Keduanya telah melampaui Stakewise pada awal tahun. Dengan tambahan 2,15 juta ether, senilai USD 4,83 miliar, di 27 liquid staking protocols teratas dalam enam bulan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Volume Penjualan NFT Jaringan Solana Berhasil Kalahkan Ethereum

Sebelumnya diberitakan, volume penjualan NFT Solana melampaui Ethereum pada Desember 2023 untuk pertama kalinya hal ini terjadi. Menurut data dari CryptoSlam, penjualan NFT Solana mencapai sekitar USD 366,5 juta atau setara Rp 5,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.496 per dolar AS), sedangkan penjualan Ethereum mencapai USD 353,2 juta atau setara Rp 5,4 triliun.

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (4/1/2024), solana hampir menyamai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar USD 373,5 juta yang terjadi pada Oktober 2021. 

Sebaliknya, penjualan Ethereum relatif datar, dengan total penjualan pada Desember sebanding dengan penjualan pada November sebesar USD 350 juta atau setara Rp 5,4 triliun.

Selain itu, Solana mencatat peningkatan jumlah pedagang unik, dengan sekitar 218,000 penjual unik dan 279,000 pembeli. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat jumlah pedagang unik dibandingkan dengan Ethereum.

Lonjakan penjualan NFT Solana mungkin disebabkan oleh peningkatan signifikan dalam nilai token aslinya, SOL, yang harganya meningkat lebih dari empat kali lipat selama tiga bulan terakhir. Hal ini juga menyebabkan kebangkitan ekosistem Solana, ditambah dengan hiruk pikuk memecoin yang dipimpin oleh Bonk (BONK).

Masuknya pengguna dan transaksi di Solana mungkin didorong oleh momentum yang lebih luas di seluruh jaringan dan hype seputar proyek tertentu yang menawarkan potensi airdrop dan fasilitas lainnya. 

Proyek seperti Tensorians dan Mad Lads menghasilkan volume perdagangan yang besar pada Desember, berkontribusi terhadap kesuksesan Solana secara keseluruhan.

 

3 dari 4 halaman

Mantan Presiden AS Donald Trump Diduga Jual Ethereum Senilai Rp 36,9 Miliar

Sebelumnya diberitakan, perusahaan intelijen kripto Arkham membagikan analisis di platform media sosial X pada Kamis, 28 Desember 2023 mengungkapkan ada sejumlah kripto ethereum yang tampaknya telah dijual oleh mantan Presiden AS Donald Trump.

Saldo puncaknya adalah USD 4 juta atau setara Rp 61,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.390 per dolar AS). Arkham mencatat berdasarkan simpanan, Trump telah menjual 1.075 ETH seharga USD 2,4 juta atau setara Rp 36,9 miliar sejauh ini. 

“Sepertinya Donald Trump menjual ETH-nya, tiga minggu lalu, mantan presiden AS mulai mengirimkan cryptocurrencynya ke Coinbase setelah berbulan-bulan mengumpulkan dari penjualan token non-fungible (NFT),” kata Arkham di X, dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (31/12/2023).

Namun, 250 ETH lagi telah ditransfer ke Coinbase sejak postingan Arkham, maka total yang ditransfer berjumlah lebih dari USD 3 juta atau setara Rp 46,1 miliar. Arkham sebelumnya mengidentifikasi dompet kripto yang terkait dengan Trump berdasarkan pengungkapan publik.

Trump telah meluncurkan tiga koleksi NFT hingga saat ini, yang terbaru adalah Edisi Mugshot yang diluncurkan awal bulan ini. Khususnya, rilis terbaru ini menandai penyertaan kartu fisik pertamanya. 

Pelanggan yang memperoleh 47 kartu dari Edisi Mugshot akan menerima potongan setelan yang dikenakan Trump dalam fotonya, bersama dengan undangan makan malam gala di rumahnya di Mar-a-Lago.

Koleksi NFT pertama mantan presiden AS diluncurkan pada Desember tahun lalu. Itu adalah koleksi kartu digital yang menampilkan seni kehidupan dan kariernya. Koleksi kartu digital NFT keduanya diluncurkan pada April, 19 hari setelah ia didakwa dengan 34 tuduhan kejahatan karena diduga memalsukan catatan bisnis.

 

4 dari 4 halaman

Donald Trump Ungkap Pengajuan ke FEC

Pada Agustus, Trump mengungkapkan dalam pengajuan ke Komisi Pemilihan Umum Federal (FEC) sebuah perusahaan yang menghasilkan USD 9,7 juta atau setara Rp 149,2 miliar dengan melisensikan gambarnya di NFT, CIC Digital LLC, memiliki dompet mata uang kripto. 

Dompet tersebut setidaknya USD 1 juta atau setara Rp 15,3 miliar dalam bentuk ethereum, yang menghasilkan pendapatan sebesar USD 2,8 juta atau setara Rp 43 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat