uefau17.com

Perusahaan di Balik Kripto Stablecoin USDC Nelangsa Gara-gara Signature Bank Tutup - Crypto

, Jakarta Circle, perusahaan di belakang stablecoin USD Coin (USDC), mengaku ikut menjadi korban penutupan bank ramah kripto yaitu Signature Bank.

Perusahaan mengatakan tidak akan lagi dapat memproses pencetakan dan penebusan melalui Signature Bank setelah bank ditutup regulator.

Akibat hal ini, Circle berencana untuk membangun mitra perbankan transaksi baru dengan pencetakan dan penebusan otomatis.

Co-Founder dan Chief Executive Officer Circle, Jeremy Allaire dalam sebuah cuitan di Twitter mengatakan semua simpanan aman. 

“100 persen cadangan USDC juga aman dan terjamin, dan kami akan menyelesaikan transfer kami untuk sisa kas SVB ke BNY Mellon," kata Allair, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (14/3/2023). 

Regulator negara bagian menutup Signature Bank yang berbasis di New York Minggu, hanya dua hari setelah otoritas California menutup Silicon Valley Bank (SVB), dalam keruntuhan yang mengguncang pasar global dan membuat simpanan miliaran dolar terlantar.

Sebelumnya, Circle juga terdampak dari penutupan Silicon Valley Bank. Circle mengatakan dalam sebuah tweet pada Jumat mereka memiliki USD 3,3 miliar atau setara Rp 50,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.401 per dolar AS) dari USD 40 miliar atau setara Rp 616 triliun cadangan USDC di Silicon Valley Bank.

USDC kehilangan pasak dolarnya dan merosot ke level terendah sepanjang masa pada Sabtu sebelum memulihkan sebagian besar kerugiannya setelah Circle meyakinkan investor ia akan menghormati pasak tersebut meskipun terpapar oleh Silicon Valley Bank yang gagal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Arti Kebangkrutan Signature, SVB, dan Silvergate Bagi Crypto?

Dua dari bank yang selama ini dikenal membuka tangan terhadap sektor crypto dan merupakan bank terbesar untuk startup teknologi harus menelan kegagalan dalam waktu kurang dari seminggu.

Sementara harga crypto menguat pada Minggu malam setelah pemerintah federal turun tangan untuk menyediakan backstop bagi deposan di dua bank tersebut, peristiwa yang memicu ketidakstabilan di pasar stablecoin.

Silvergate Capital, pemberi pinjaman utama untuk industri crypto, mengatakan pekan lalu mereka akan menghentikan operasi dan melikuidasi banknya. Kabar terbaru datang dari Silicon Valley Bank, pemberi pinjaman utama untuk perusahaan rintisan, ambruk setelah deposan menarik lebih dari USD 42 miliar menyusul pernyataan bank pada hari Rabu bahwa mereka perlu mengumpulkan USD 2,25 miliar untuk menopang neraca keuangannya.

Signature, yang juga memiliki fokus crypto tetapi jauh lebih besar dari Silvergate, disita regulator perbankan.Signature dan Silvergate adalah dua bank utama bagi perusahaan crypto, dan hampir setengah dari semua startup yang didukung usaha AS menyimpan uang tunai di Silicon Valley Bank, termasuk dana modal ventura ramah crypto dan beberapa perusahaan aset digital.

Pemerintah federal turun tangan pada hari Minggu untuk menjamin semua simpanan untuk deposan SVB dan Signature, menambah kepercayaan dan memicu reli kecil di pasar crypto. Keduanya bitcoin dan eter hampir 10 persen lebih tinggi dalam 24 jam terakhir.

Menurut Nic Carter dari Castle Island Ventures, kesediaan pemerintah untuk mendukung kedua bank menandakan bahwa pemerintah kembali menyediakan likuiditas, bukan pengetatan, dan kebijakan moneter yang longgar secara historis terbukti menguntungkan mata uang kripto dan kelas aset spekulatif lainnya.

Tetapi ketidakstabilan sekali lagi menunjukkan kerentanan stablecoin, bagian dari ekosistem kripto yang biasanya dapat diandalkan oleh investor untuk mempertahankan harga yang ditetapkan.

Stablecoin seharusnya dipatok dengan nilai aset dunia nyata, seperti mata uang fiat seperti dolar AS atau komoditas seperti emas. Tetapi kondisi keuangan yang tidak biasa dapat menyebabkan mereka turun di bawah nilai yang dipatok.

 

3 dari 3 halaman

Awal Mula

Berbagai masalah yang menjerat crypto pada tahun lalu berasal dari sektor stablecoin, dimulai dengan keruntuhan TerraUSD pada Mei lalu. Di sisi lain,  regulator terus memantau stablecoin dalam beberapa minggu terakhir.

Stablecoin yang dipatok dalam dolar Binance, BUSD, mengalami arus keluar besar-besaran setelah regulator New York dan Securities and Exchange Commission memberikan tekanan pada penerbitnya, Paxos.

Selama akhir pekan, kepercayaan pada sektor ini kembali terpukul karena USDC – stablecoin yang dipatok dolar AS dan dikenal paling likuid kedua – kehilangan pasaknya, turun di bawah 87 sen pada satu titik setelah penerbitnya, Circle, mengaku memiliki USD 3,3 miliar yang ada di  SVB.

Dalam ekosistem aset digital, Circle telah lama dianggap sebagai salah satu yang paling paham dengan koneksi yang erat dan dukungan dari dunia keuangan tradisional. Berhasil mengumpulkan USD 850 juta dari investor seperti BlackRock dan Fidelity dan telah lama berencana untuk go public.

DAI, mata uang virtual populer lainnya yang dipatok dolar yang sebagian didukung oleh USDC, diperdagangkan serendah 90 sen. Baik Coinbase dan Binance menghentikan sementara konversi USDC ke dolar.

Pada hari Sabtu, beberapa trader mulai menukar USDC dan DAI mereka dengan tether, stablecoin terbesar di dunia dengan nilai pasar lebih dari USD 72 miliar.

Perusahaan penerbit Tether tidak memiliki eksposur terhadap SVB dan saat ini diperdagangkan di atas pasak USD 1 karena para pedagang berduyun-duyun ke padang rumput yang lebih aman, meskipun praktik bisnis tether dipertanyakan, seperti halnya status cadangannya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat