uefau17.com

Sempat Ramai Dibahas, Ketahui Tentang Eldest Daughter Syndrome - Citizen6

, Jakarta Menurut pendapatmu, bisakah urutan kelahiran mempengaruhi kepribadian atau bahkan membuat seseorang rentan terkena masalah kesehatan mental tertentu? Beberapa bulan terakhir, di dunia maya banyak orang yang beranggapan demikian. Di mana istilah "eldest daughter syndrome" mulai banyak dibicarakan dalam media sosial dan banyak orang-orang yang mengatakan memiliki gejala seperti itu.

Menurut informasi dari Health, Jumat (5/7/2024), eldest daughter syndrome bukanlah diagnosis kesehatan mental resmi, melainkan cara untuk menggambarkan beberapa tekanan dan tanggung jawab yang dibebankan pada anak perempuan sulung dalam sebuah keluarga, kata Kati Morton, LMFT, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Kreator YouTube, dan penulis.

"Anak sulung mungkin merasa bertanggung jawab atas lebih banyak pekerjaan rumah tangga dan mendapat standar yang lebih tinggi dibandingkan saudara mereka,” kata Morton kepada Health. “Anak perempuan tertua juga menceritakan bahwa mereka merasa seperti orang tua ketiga, dan sering kali bertanggung jawab atas pengasuhan emosional seluruh keluarga mereka.”

Idenya adalah, karena tekanan tambahan ini, jadi anak sulung khususnya perempuan, lebih rentan terhadap ciri-ciri gangguan kepribadian seperti suka menyenangkan orang lain, cemas, dan lain-lain.

Istilah ini tampaknya konsisten dengan pengalaman hidup beberapa perempuan. Namun apakah ada bukti selain anekdot bahwa menjadi anak perempuan sulung benar-benar dapat memengaruhi kepribadian Anda?

Inilah pendapat para ahli tentang eldest daughter syndrome yang perlu Anda ketahui selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Eldest Daughter Syndrome?

Dalam video TikTok-nya Morton mengaitkan delapan ciri berikut dengan eldest daughter syndrome, di antaranya:

  1. Perasaan tanggung jawab yang kuat
  2. Menjadi orang yang berprestasi, tipe A, dan sangat bersemangat
  3. Banyak khawatir dan merasa cemas
  4. Berjuang dengan perilaku yang menyenangkan orang lain
  5. Sulit menetapkan batasan
  6. Membenci saudara dan keluarga
  7. Berjuang dengan perasaan bersalah
  8. Mengalami masa sulit dalam hubungan dewasa Anda

Seperti namanya, ciri-ciri yang terkait dengan eldest daughter syndrome berhubungan dengan ekspektasi gender dan urutan kelahiran. Salah satunya, kakak-kakak sering kali memikul tanggung jawab tambahan hanya karena usia mereka, kata Julia Rohrer, Dr. rer. nat, psikolog kepribadian di Wilhelm Wundt Institute for Psychology di Leipzig University, Jerman.

“Mereka bisa diberi tugas tertentu lebih awal, membantu [dan] menjaga saudara mereka, dan sebagainya,” katanya kepada Health.

Namun anak perempuan dan perempuan, khususnya, sering kali menghadapi tekanan dan pekerjaan ekstra, karena pembagian kerja seringkali masih berdasarkan gender, jelas Rohrer.

“Di banyak keluarga, perempuan akhirnya melakukan lebih banyak pekerjaan rumah dan perawatan,” katanya. “Jika Anda menggabungkan kedua hal ini, ada kemungkinan besar bahwa setidaknya di beberapa keluarga, anak perempuan tertua akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan anak-anak lainnya.”

3 dari 4 halaman

Bukti yang Mendukung Eldest Daughter Syndrome Sangat Beragam

Meskipun eldest daughter syndrome banyak beredar di dunia maya, para peneliti tetap skeptis. Sebuah penelitian pada tahun 2024 yang umumnya dirujuk secara online sehubungan dengan urutan kelahiran, menemukan bahwa tekanan pranatal yang dialami ibu dapat mempercepat perkembangan pubertas tertentu pada anak perempuan, terutama anak sulung.

Pada dasarnya, anak-anak perempuan ini memiliki perkembangan sosial—tetapi bukan seksual—yang lebih cepat, yang dapat menjadi keuntungan evolusioner bagi para ibu yang membutuhkan bantuan dalam membesarkan anak-anak lainnya. Namun, Rohrer mengatakan penelitian ini hanya sedikit kaitannya dengan gagasan eldest daughter syndrome.

“Datanya telah dipotong dengan berbagai cara, jadi saya tidak akan terlalu percaya pada efek interaksi urutan kelahiran yang mereka temukan, hanya pada anak perempuan saja,” katanya.

Para peneliti menemukan bahwa anak sulung cenderung mendapat nilai lebih tinggi dalam tes kecerdasan dibandingkan adiknya, namun perbedaan tersebut kecil dan tidak bersifat deterministik, jelasnya. Penelitian lain yang diterbitkan Rohrer menemukan bahwa urutan kelahiran tampaknya tidak berdampak besar pada ciri-ciri kepribadian seperti stabilitas emosi, ekstraversi, keramahan, neurotisme, dan keterbukaan terhadap pengalaman.

Karena temuan ini, Rohrer berkata bahwa dia “cukup skeptis terhadap eldest daughter syndrome sebagai penjelasan mengapa orang-orang menjadi seperti ini, dengan perjuangan khusus yang mereka alami.”

Meskipun urutan kelahiran tidak menentukan kepribadian seseorang, ekspektasi sosial dapat menjelaskan beberapa “gejala” eldest daughter syndrome, jelas Rohrer.

Beberapa anak perempuan sulung mungkin “memiliki kecenderungan untuk siap memikul tanggung jawab dan banyak khawatir, sehingga secara alami mereka akan lebih mudah berperan sebagai anak perempuan tertua yang mengurus segalanya dan semua orang,” katanya. “Hal ini, tentu saja, dapat menimbulkan kebencian di kemudian hari, meskipun hal itu tidak benar-benar memengaruhi kepribadian mereka.”

4 dari 4 halaman

Bagi Beberapa Orang, Istilah Ini Mungkin Bermanfaat

Berdasarkan hasil penelitian saat ini, kecil kemungkinannya bahwa eldest daughter syndrome merupakan “mono-casual explanation” untuk delapan ciri berbeda ini, jelas Rohrer.

Meskipun kita bisa merasa lega jika berpikir bahwa permasalahan yang ada saat ini dapat dijelaskan melalui satu faktor tertentu di masa kanak-kanak, “kisah-kisah yang kita ceritakan tentang kehidupan kita sering kali hanya itu saja—kisah-kisah yang menarik bagi kita karena satu dan lain hal,” katanya.

Morton setuju bahwa ada terlalu banyak variabel selain urutan kelahiran yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Namun, ia menegaskan bahwa topik tersebut tetap penting. Fakta bahwa begitu banyak orang terhubung dengan gagasan eldest daughter syndrome berarti hal ini penting dan layak untuk dicermati, tambahnya.

“Kita semua suka memiliki kata-kata untuk menggambarkan apa yang kita rasakan, dan menurut saya bagi [banyak] putri sulung, mereka hanya berpikir ada sesuatu yang salah dengan diri mereka atau mereka menjadi gila,” kata Morton. “Mampu mengidentifikasi pengalaman emosional mereka memvalidasi dan mengingatkan mereka bahwa mereka tidak sendirian.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat