uefau17.com

Meta Kasih Data Instagram ke Peneliti untuk Bedah Kesehatan Mental Remaja - Tekno

, Jakarta - Meta memberikan data Instagram ke sekelompok peneliti untuk melihat apakah media sosial secara psikologis dapat merusak kesehatan mental pengguna muda atau tidak.

The Verge melaporkan Center for Open Science (COS) meluncurkan program percontohan baru bersama Meta untuk menghasilkan studi independen tentang bagaimana media sosial memengaruhi kesehatan mental remaja.

Program bertajuk 'The Instagram Data Access Pilot for Well-Being Research' ini akan melakukan penelitian akademik independen dengan menggunakan data Instagram hingga enam bulan untuk menentukan “potensi hubungan positif atau negatif penggunaan Instagram” di kalangan remaja dan dewasa muda.

Mengutip Engadget, Kamis (18/7/2024), studi ini juga akan mengkaji perbedaan positif dan negatif dari populasi besar di seluruh dunia dan penyebab 'hubungan statistik antara Instagram dan kesehatan sosial atau emosional (kesehatan mental)'.

Data yang dapat diakses oleh peneliti kemungkinan mencakup pengikut pengguna Instagram dan akun yang mereka ikuti, pengaturan akun, dan jumlah waktu yang mereka habiskan di aplikasi ini.

Para peneliti tidak akan memiliki akses ke informasi demografis pengguna atau konten postingan dan komentar mereka.

Data tersebut akan berasal dari akun Instagram yang berbasis di 24 negara termasuk Amerika Serikat dan Inggris. Demikian menurut permintaan proposal (request for proposal/RFP) riset tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahaya Media Sosial di Kalangan Remaja

Studi ilmiah lain yang dilakukan oleh para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) serta New York University dan Stanford menemukan hubungan paralel antara penggunaan media sosial dan kondisi kesehatan mental seseorang.

Kaitan ini menjadi perhatian lebih besar tahun lalu ketika Arturo Béjar, mantan direktur teknik Perlindungan dan Perawatan di Facebook, bersaksi di depan subkomite Kehakiman Senat bahwa ia memberi tahu perusahaan tersebut dan CEO-nya Mark Zuckerberg melalui email tentang bahaya produk mereka terhadap generasi muda.

Béjar bersaksi, 13 persen pengguna Instagram berusia 13-15 tahun menerima rayuan seksual yang tidak diinginkan.

Dia juga bersaksi bahwa putrinya yang berusia 16 tahun menunjukkan tanda-tanda penurunan kesehatan mental sesaat ketika seorang pengguna berkomentar bahwa dia harus “kembali ke dapur” di bawah salah satu postingannya.

3 dari 4 halaman

Gugatan Serius ke Meta

Sebulan sebelum sidang, 41 negara bagian mengajukan gugatan terhadap Meta karena diduga menyesatkan publik tentang potensi kecanduan platform seperti Facebook dan Instagram di kalangan remaja.

“Pengalaman saya, setelah mengirimkan email tersebut dan melihat apa yang terjadi setelahnya, adalah bahwa mereka tahu ada hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk mengatasinya," kata Béjar di persidangan.

"Namun, mereka memilih untuk tidak melakukannya dan kami tak dapat mempercayai anak-anak kami kepada mereka (Meta). Sudah waktunya bagi Kongres untuk bertindak. Saya yakin, buktinya sangat banyak,” ia menegaskan.

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (/Abdillah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat