uefau17.com

Kencan Pertama, Siapa Harus yang Membayar? Ini Kata Pakar - Citizen6

, Jakarta - Pembicaraan tentang siapa yang harus membayar saat kencan pertama sepertinya menjadi bahasan yang tidak akan ada habisnya untuk diperdebatkan. Sebab, apakah harus split bill atau pria yang membayarkannya? Ini adalah sebuah etiket berkencan yang sering luput dan lebih banyak menimbulkan kecemasan.

Namun, menurut CNBC, Selasa (18/6/2024), pakar kencan berpendapat ada jawaban yang jelas untuk hal tersebut. “Pria harus membayar untuk kencan pertama,” kata Blaine Anderson, pelatih kencan pria.

Erika Ettin, seorang pelatih kencan online, setuju dengan hal itu.

“Saya merekomendasikan klien laki-laki saya membayar dan klien perempuan saya menawarkan,” kata Ettin, pendiri A Little Nudge. Laki-laki harus dengan sopan menolak tawaran itu, kecuali perempuan memaksa, dalam hal ini laki-laki harus menerimanya.

Namun, opini masyarakat kurang lebih sejalan dengan apa yang dikatakan para pakar kencan. Kebanyakan orang Amerika, 72%, mengatakan pria harus membayar untuk kencan pertama, menurut survei NerdWallet baru-baru ini.

Sekitar 68% orang dewasa menekankan keuangan mereka ketika mengatur kencan, dan 69% mengatakan mereka merasa tidak nyaman berkencan karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan, menurut jajak pendapat Self Financial baru-baru ini.

“Rencanakan sesuatu yang sesuai anggaran Anda,” kata Anderson, pendiri Dating By Blaine.

“Jika Anda mengkhawatirkan biaya, Anda telah merencanakan kencan yang terlalu mahal. Merasa perlu pergi ke makan malam mewah untuk mengesankan teman kencan Anda berarti Anda salah mendekati kencannya," tambah Anderson.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakar Kencan Berpendapat Pria Harus Membayar

"Secara historis, laki-laki diharapkan menanggung tagihan tersebut karena peran tradisional laki-laki sebagai pencari nafkah rumah tangga dan perempuan sebagai pengasuh anak," kata Carli Blau, seorang terapis pasangan dan kencan.

"Meskipun masyarakat telah banyak berubah, pria mungkin masih merasakan kebutuhan bawah sadar untuk membayar sebagai tanda keamanan finansial," kata Blau, pendiri Boutique Psychotherapy.

Faktanya, laki-laki lebih cenderung berpikir bahwa mereka harus membayar untuk kencan pertama dibandingkan perempuan, sebesar 78% berbanding 68%, menurut jajak pendapat NerdWallet. Para pendukung laki-laki yang mengambil tanggungjawab terkadang menunjuk pada faktor keuangan yang sedang berlangsung seperti kesenjangan upah gender yang terus-menerus sebagai alasan utama.

"Namun pakar kencan seringkali menggunakan logika yang berbeda. Di mana orang yang menanyakan kapan mereka akan bertemu pertama kalinya biasanya harus mentraktirnya – dan biasanya orang tersebut adalah pria di masyarakat Amerika," kata Ettin.

Pada pasangan heteroseksual, 53% pria mengatakan mereka meminta kencan pertama dibandingkan 15% wanita, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Institute for Family Studies.

3 dari 4 halaman

Ada Beberapa Hal yang Menjadi Pengecualian

"Orang yang mengejar minat romantis dan memilih tempat untuk berkencan diharapkan membayar, tambah Blau."

"Itu berarti seorang wanita harus siap membayar jika dia mengajak seorang pria berkencan," kata Ettin.

Namun, dia menyarankan para pria untuk tetap bersiap menanggung bebannya. Ada juga beberapa strategi romantis di sini. Dengan membayar tagihan saat kencan pertama dapat memberi pria “kesempatan terbaik pada kencan kedua, jika dia menyukainya,” kata Anderson.

Ya, itu adalah ekspektasi tradisional, tapi ini juga merupakan sikap yang baik, tambahnya. Nasihat tersebut tidak bertentangan dengan gagasan kesetaraan dan feminisme, kata Ettin. “Kami masih menginginkan itu,” katanya. “Tapi terkadang rasanya menyenangkan diperlakukan.”

“Saya percaya bahwa kesetaraan, feminisme, dan kesatriaan bisa ada pada saat yang bersamaan,” kata Ettin.

4 dari 4 halaman

Kapan Waktunya Harus Split Bill?

"Selain pilihan siapa yang membayar, split bill juga bisa menjadi jawaban tersebut terasa “sangat norak dan bersifat zona pertemanan,” kata Ettin.

Wanita yang tertarik pada kencan kedua bisa menyarankan mereka untuk mentraktirnya di kencan berikutnya. "Perempuan yang menawarkan untuk membayar tidak seharusnya marah jika laki-laki menerimanya," kata para ahli.

“Jangan menelepon teman atau saya sebagai terapis dan mengeluh setelah mereka menerima Anda,” kata Blau.

“Dalam kondisi kesetaraan dan perempuan ingin diperlakukan sama – sebagaimana seharusnya – jika kita membayar, akan dianggap tidak sopan jika laki-laki mengatakan, 'Tidak, saya akan mengurusnya.' menjadi dinamika kekuatan,” tambahnya.

Beberapa wanita mungkin merasa perlu split bill jika mereka tahu mereka tidak ingin kencan kedua. Namun, para ahli agak berbeda pendapat mengenai etiket ini.

“Menurut saya, hal ini bukan suatu keharusan, tapi menawarkan pembayaran dalam kasus seperti ini adalah hal yang sopan," kata Anderson.

Namun, Ettin tidak berpendapat bahwa pembayaran harus dikaitkan dengan seberapa baik suatu kencan berlangsung.

“Yang Anda berutang kepada mereka hanyalah ucapan terima kasih,” katanya. “Itu saja – terima kasih yang tulus.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat