uefau17.com

Sudah Musim Lagi, Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Merendam Mangga Sebelum Dikonsumsi - Citizen6

, Jakarta Tidak terasa musim mangga hadir lagi. Siapa sih yang tidak suka dengan buah manis yang satu ini? Tidak dapat disangkal bahwa hampir semua orang pasti menyukai mangga. 

Namun, apakah Anda pernah mendengar bahwa mangga harus direndam terlebih dahulu sebelum dikonsumsi? Jika iya, pernahkah Anda melakukan hal tersebut?

Dilansir dari Times of India, Sabtu (15/6/2024), ini yang perlu Anda ketahui tentang cara makan mangga yang benar. Termasuk alasan kenapa merendam mangga terlebih dahulu itu perlu.

Manfaat Kesehatan dalam Mangga

Mangga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A dan C, yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, kesehatan penglihatan, dan integritas kulit. Selain itu, buah yang satu ini juga menyediakan sejumlah besar serat makanan, meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu pengelolaan berat badan.

Mangga mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan flavonoid, yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Mangga juga menawarkan potasium, magnesium, dan vitamin K, mendukung kesehatan jantung, kekuatan tulang, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan rasa manis yang nikmat dan kandungan nutrisinya yang tinggi, mangga dapat menjadi tambahan untuk diet seimbang. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam mangga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan ketahanan terhadap infeksi dan penyakit.

Selain itu, banyaknya serat makanan yang ditemukan dalam mangga membantu melancarkan pencernaan, melancarkan buang air besar secara teratur, dan membantu mencegah sembelit dan gangguan pencernaan. Mangga kaya akan vitamin A dan beta-karoten, nutrisi yang penting untuk kesehatan mata dan penglihatan. Senyawa ini membantu melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia, katarak, dan gangguan penglihatan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Kenapa Mangga Harus Direndam

Merendam buah mangga dalam air sebelum dimakan baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan phytic acid pada buah mangga yang seringkali menghambat proses alami penyerapan nutrisi seperti zinc, zat besi, dan antioksidan dalam tubuh.

Faktanya, keberadaan senyawa aktif pada lapisan luar mangga dapat mengganggu nutrisi bermanfaat pada mangga dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sembelit, sakit kepala, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus merendam mangga sebelum dimakan atau diolah menjadi makanan lezat apa pun:

1. Pembersihan

Merendam mangga dalam air dapat membantu menghilangkan dirt, derbis, atau residu pestisida di permukaan yang mungkin ada di kulit. Hal ini sangat berguna jika mangga tidak dicuci bersih sebelum dibeli atau jika mangga terkena kontaminan selama penyimpanan atau transportasi.

3 dari 4 halaman

2. Melunakkan kulit mangga

Dalam beberapa kasus, merendam mangga dalam air sebentar dapat membantu melembutkan kulitnya sehingga memudahkan untuk mengupas atau memotong mangga. Ini bisa berguna jika Anda merasa kulitnya terlalu sulit untuk dipegang atau jika Anda ingin menyiapkan mangga untuk resep yang perlu dikupas atau diiris.

3. Membuat lebih manis

Selain itu, perendaman dapat meningkatkan rasa manis mangga dengan cara menyerap air sehingga menghasilkan pengalaman makan yang lebih memuaskan.

4. Mencegah kekeringan

Mangga yang telah direndam dapat mempertahankan kelembapan lebih baik sehingga mencegahnya mengering. Terutama jika disimpan dalam waktu lama.

Secara keseluruhan, meskipun merendam mangga dalam air sebelum dimakan tidak diperlukan dalam banyak situasi. Namun, dengan merendam mangga sebelum dikonsumsi akan memastikan pengalaman makan buah yang lebih bersih, lebih segar, dan lebih menyenangkan.

Ini bisa menjadi langkah yang berguna untuk membersihkan dan menyiapkan buah, terutama jika Anda mengkhawatirkan residu atau kebersihan pestisida.

4 dari 4 halaman

Cara Merendam Mangga Sebelum Dikonsumsi

Dilansir dari Only My Health, jika Anda memutuskan untuk merendam mangga sebelum memakannya, berikut cara sederhana yang bisa Anda ikuti:

1. Pilih mangga yang matang atau sedikit kurang matang

Pilih mangga yang keras dan agak lunak saat ditekan, menandakan kematangan.

2. Cuci mangga

Bilas mangga dengan air dingin mengalir untuk menghilangkan kotoran atau kontaminan yang terlihat.

3. Isi mangkuk dengan air

Tempatkan mangga dalam mangkuk berisi air bersih bersuhu ruangan. Pastikan mangga terendam seluruhnya.

4. Rendam selama 15-30 menit

Biarkan mangga terendam sekitar 15 hingga 30 menit. Durasi ini cukup untuk membersihkan kulit, melembutkan buah sedikit, dan berpotensi mengurangi alergen di permukaan.

5. Angkat dan keringkan

Setelah direndam, keluarkan mangga dari air dan keringkan dengan handuk bersih atau tisu.

6. Kupas dan nikmati

Gunakan pisau untuk mengupas mangga atau mengirisnya sesuai keinginan. Teksturnya yang lembut dan berpotensi meningkatkan rasa dapat membuat mangga lebih nikmat untuk disantap.

Meskipun merendam mangga sebelum dimakan dapat memberikan manfaat, penting untuk menangani dan menyimpan buah dengan benar untuk meminimalisasikan risiko kontaminasi atau pembusukan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat