uefau17.com

Tanpa Baking Soda, Ini Cara Rebus Kacang Merah Sampai Empuk dengan 1 Alat - Citizen6

, Jakarta Dengan cita rasa yang khas dan lezat, kacang merah bisa dijadikan berbagai hidangan seperti bubur hingga es susu.

Melansir dari WebMD, kacang merah sarat akan nutrisi seperti protein, serat, zat besi dan mineral. Lebih dari itu, kacang merah bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung, menjaga gula darah, dan membantu mencegah kanker usus besar.

Terlepas dari semua itu, ternyata mengolah kacang merah tidak sesederhana itu. Jika ada kesalahan sedikit saja saat memasak kacang merah, maka kemungkinan teksturnya akan jadi cukup keras.

Namun hal itu tidak perlu dirisaukan lagi, karena pemilik kanal YouTube Sajian Bunda memiliki teknik khusus untuk mengempukkan kacang merah.

Bahkan, ia melakukan teknik ini hanya dengan satu alat dan tanpa menggunakan baking soda. Berikut ulasan lengkapnya pada Minggu (09/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Cuci Bersih Kacang Merah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci kacang merah sampai bersih dengan air mengalir. Selain mencegah risiko bahan kimia, langkah ini juga bertujuan untuk mengurangi kadar garam pada kacang merah.

3 dari 12 halaman

Rebus Selama 30 Menit

Siapkan air sebanyak satu liter dalam panci, lalu masukkan kacang merah untuk direbus sampai mendidih dengan keadaan tertutup. Setelah itu, tunggu selama tiga puluh menit tepat saat rebusan sudah mendidih.

4 dari 12 halaman

Tunggu Sampai Rebusan Hangat

Sesudah direbus selama tiga puluh menit, matikan kompor. Tanpa perlu mengangkat tutup panci, biarkan dan tunggu rebusan ini sampai hangat. Jangan lupa untuk menyumbat lubang pada tutup panci agar panas rebusan terperangkap dalam panci.

5 dari 12 halaman

Rebus Lagi Selama 20 Menit

Jika rebusan kacang merah sudah hangat, rebus lagi dengan api sedang selama dua puluh menit. Pada tahap ini, sebenarnya kacang merah sudah cukup empuk, hanya saja akan lebih empuk jika direbus lagi.

6 dari 12 halaman

Kacang Merah Jadi Sangat Empuk

Selepas direbus selama dua puluh menit, matikan kompor dan angkat tutup panci. Bisa dilihat, tekstur kacang merah sudah sangat empuk dan bahkan lumer. Air rebusan kacang merah pun jadi lebih merah pekat.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kacang Merah

8 dari 12 halaman

Bagaimana Agar Kacang Merah Cepat Empuk?

Untuk membuat kacang merah empuk saat dimasak, rendam dalam air semalaman. Saat proses pemasakan, terapkan metode 5-30-7 untuk memasaknya dengan efisien dan cepat.

9 dari 12 halaman

Mengapa Air Rebusan Kacang Merah Harus Dibuang?

Lebih baik membuang air hasil merebus kacang merah. Karena kacang merah mengandung senyawa bernama lectin dan oligosakarida, yang bisa mengakibatkan masalah pencernaan dan menyebabkan perut kembung saat dikonsumsi.

10 dari 12 halaman

Mengapa Kacang Merah Keras?

Ketika kacang merah tidak diproses dengan benar, dapat mengakibatkan kacang memiliki tekstur yang keras dan masih mengandung zat beracun. Menurut Live Strong, lektin phytohaemagglutinin yang terdapat dalam kacang merah dapat berubah menjadi racun jika tidak diolah dengan benar.

11 dari 12 halaman

Mengapa Biji Kacang Merah Harus Direndam Terlebih Dahulu?

Perendaman dilakukan untuk melunakkan biji dan mencegah pertumbuhan bakteri pembusuk saat fermentasi. Bakteri dalam air akan mengawali fermentasi kulit biji selama proses tersebut.

12 dari 12 halaman

Apa yang Terjadi Jika Kacang Merah Direndam Semalaman?

Merendam kacang dalam waktu yang cukup lama akan menghasilkan kadar air yang tepat yang diperlukan untuk memasak dengan efisien dan merata, tanpa risiko pecah atau kehilangan nutrisi. Menurut California Dry Bean Board, meskipun merendam kacang semalaman, nutrisi kacang tidak akan larut dalam air perendaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat