uefau17.com

Menurut Relationship Coach, Ini 4 Tanda Bahwa Hubungan Anda Sudah Berakhir - Citizen6

, Jakarta - Bisa merasakan jatuh cinta dan membangun hubungan dengan seseorang bisa menjadi salah satu perasaan yang membuat bahagia. Anda dan pasangan tentunya akan merasakan kegembiraan dan rasa ingin mempertahankan hubungan ini selamanya hingga ke jenjang pernikahan.

Namun sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu, Anda mungkin akan merasa tidak yakin dengan pasangan Anda. Hal ini tentunya sangat wajar karena semakin lama kalian saling mengenal, maka akan mendapatkan sifat-sifat asli yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Selain itu, bisa jadi Anda juga mencapai titik jenuh yang tidak seperti berada di awal hubungan. Bahkan, bisa jadi beberapa hal-hal kecil tentang kepribadian pasangan akan dapat mengganggu Anda. Termasuk dengan banyaknya argumen dan pertengkaran yang terus berulang.

Akibatnya, Anda tidak lagi bisa terbuka terhadap pasangan seperti dulu hingga merasa tidak yakin apakah hubungan asmara ini bisa dipertahankan atau tidak sama sekali. Seperti Anda tidak lagi melihat bayangannya pada masa depan Anda.

Mungkin hubungan tersebut sedang mengalami momen sulit yang tampaknya mustahil untuk diperbaiki. Atau segala sesuatunya tampak “baik-baik saja”, tetapi Anda masih memiliki perasaan ragu yang terus-menerus yang tidak dapat Anda hilangkan.

Apa pun masalahnya, kini Anda bertanya-tanya apakah hubungan tersebut apakah tetap bisa berjalan dengan baik atau harus segera diakhiri. Mana yang sekiranya keputusan yang akan diambil?

Dihimpun dari Very Well Mind, Selasa (14/5/2024), berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa mengisyaratkan hubungan Anda sudah berakhir dan bisa putus cinta. Seperti apa?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sudah Tidak Merasakan Keintiman

Jika salah satu dari Anda berusaha untuk bersikap romantis dan mengajak untuk keintiman seksual, dan responsnya justru kurang bagus seperti beralasan lelah, jengkel, stres, putus hubungan, atau sedang tidak mood, hal ini bisa mengindikasikan adanya masalah mendasar dalam hubungan Anda. 

Namun, jika pola ini menjadi tema yang berulang, hal ini patut untuk diatasi. Terutama jika Anda merasa memaksakan sesuatu, mencoba bersikap romantis dengan sentuhan fisik, berbagi rahasia tentang hari Anda, dan terlibat dalam percakapan terbuka bersama.

Pengamatan ini didukung oleh penelitian pada tahun 2018 yang menyelidiki bagaimana kedekatan emosional dalam hubungan jangka panjang dapat memengaruhi hasrat seseorang untuk berhubungan seks.

Para peneliti menemukan bahwa kedekatan emosional tidak secara langsung mengarah pada lebih banyak seks, namun justru mengarah pada hubungan yang lebih kuat. keinginan untuk itu. Studi ini menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi terbuka untuk meningkatkan kepuasan hubungan.

Jika Anda tidak secara aktif mencari momen-momen terhubung seperti ini, itu mungkin berarti Anda tidak lagi melihatnya sebagai seseorang yang dapat memberi Anda kegembiraan dan kepuasan. Mungkin mereka lebih seperti sahabat Anda, anggota keluarga, teman sekamar, rekan satu tim, rekan kerja, atau suatu kewajiban.

Itu adalah aspek bagus yang harus dimiliki dalam hubungan Anda, tetapi memandang satu sama lain sebagai sumber dan ekspresi kesenangan romantis diperlukan untuk menjaga percikan tetap hidup.

3 dari 5 halaman

2. Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah Bersama

Dalam hubungan jangka panjang, pertengkaran yang sama berulang kali adalah hal yang biasa. Bahkan ketika Anda bertengkar tentang sesuatu yang berbeda seperti makanan, pekerjaan, keluarga, atau uang—entah bagaimana, argumennya pasti akan kembali ke isu yang sama.

Ketidakmampuan untuk melewati pertarungan utama ini dapat menyebabkan kebencian, kelelahan, dan penindasan.

Tentu saja, pertengkaran ini bisa membuat frustasi. Namun hal itu juga bisa sangat memuaskan setelah Anda akhirnya mengatasi masalah tersembunyi yang perlu dibicarakan untuk meningkatkan hubungan.

Mengatasi masalah-masalah yang bermuatan emosional ini memerlukan usaha. Salah satu pihak harus mempertimbangkan pemicunya, memahami sudut pandang pihak lain, mendiskusikan keluhan masa lalu secara objektif, dan berusaha memenuhi kebutuhan pasangannya.

Masalahnya adalah menghindari percakapan tertentu karena takut akan konfrontasi, yang menandakan hilangnya kepercayaan secara besar-besaran pada pasangan Anda.

Keengganan untuk mendiskusikan topik sensitif menunjukkan bahwa Anda merasa tidak nyaman mengungkapkan aspek pribadi diri Anda atau mengutarakan seluruh kebutuhan Anda.

4 dari 5 halaman

3. Anda Merasa Sendirian Saat Berada di Samping Mereka

Jika Anda merasa ingin melakukan sesuatu sendirian atau berfantasi tentang momen-momen yang tidak mungkin Anda lakukan sehingga Anda dapat berpartisipasi dalam aktivitas yang Anda sukai, itu adalah ajakan untuk berhenti sejenak dan merenung lebih jauh.

Saat Anda berada dalam hubungan yang berkembang, Anda pasti ingin melakukan beberapa hal sendirian dengan pasangan. Ketika hubungan Anda bertahan, Anda akan merasa kesepian bahkan ketika mereka berada di samping Anda melakukan hal yang sama—seolah-olah ada jurang emosional di antara keduanya.

Anda mungkin merasa disalahpahami, terjebak, tertutup, gelisah, dan tidak nyaman berada di dekat mereka. Secara ekstrem, Anda mungkin mendapati diri Anda menilai pasangan Anda dan hal-hal yang mereka hargai.

Ketika Anda dan pasangan merasa terputus secara mendasar, tidak lagi mengedepankan nilai-nilai yang sama, dan sulit akur, maka menjadi tantangan untuk bersama-sama menciptakan masa depan bersama. Mengapa berkomitmen untuk masa depan bersama ketika momen saat ini terasa tidak memuaskan?

5 dari 5 halaman

4. Anda Sudah Mengetahuinya

Pikiran bawah sadar kita mengendalikan 95% kehidupan kita, yang berarti bahwa sebagian besar keputusan, tindakan, emosi, dan perilaku kita dipengaruhi di luar kesadaran kita. Sinyal-sinyal tak kasat mata ini ditangkap oleh koneksi pikiran-tubuh kita, dan dicatat sebagai naluri yang memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Gut feeling mudah untuk diabaikan sampai kita merasakannya. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa usus berhubungan dengan sistem saraf enterik, yang bekerja berdampingan dengan otak untuk berkomunikasi secara paralel, yang pada akhirnya memainkan peranan naluriah yang besar dalam keadaan fisik dan emosional kita.

Itu sebabnya usus disebut sebagai otak kedua. Jadi, ketika Anda sekadar “mengetahui” sesuatu sebagai kebenaran, meskipun Anda tidak dapat mengungkapkannya dengan kata-kata atau secara logis mengetahui bagaimana Anda mengetahuinya, jangan abaikan apa yang dikatakan oleh naluri Anda.

Ada alasan mengapa mereka menyebutnya sebagai “deep knowing” atau "inner truth." Intuisi Anda dirancang dengan cerdas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat