uefau17.com

Alasan Kenapa Kamu Terobsesi dengan Mantan dari Pacar - Citizen6

, Jakarta - Saat ini semuanya berjalan dengan baik dengan pacar baru Anda. Di mana Anda benar-benar menyukai satu sama lain dan meyakini bahwa ini akan bertahan lama.

Namun, rasanya ada satu hal kecil yang sangat mengganggu Anda dan tidak bisa dilepaskan begitu saja, yaitu mantan pacarnya. Memang dia tidak lagi diungkit-ungkit oleh pacarmu sekarang, bahkan mereka mungkin sudah tidak saling berkomunikasi sama sekali.

Akan tetapi, entah kenapa rasanya masih ada yang mengganjal. Akibatnya, Anda sendiri memutuskan untuk mencari tahu tentangnya secara diam-diam dan bisa saja akan membandingkannya dengan dirimu sendiri.

Jadi, kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah Anda mulai mengalami obsesi berlebihan dengan mantannya pacar Anda dan bagaimana untuk berhenti mencari tahunya? 

Melansir dari Bolde, Selasa (9/4/2024), ini dia jawabannya untuk Anda.

Apakah Normal Terobsesi pada Mantannya Pacar?

Sejujurnya, bukanlah hal yang aneh atau bahkan jarang jika Anda merasa penasaran dengan hubungan masa lalu pacar Anda, terutama jika hubungan tersebut penting atau bertahan lama.

Namun, jika minat ini berubah menjadi obsesi dan mulai berdampak negatif pada kesehatan mental atau hubungan Anda, hal ini tidak lagi normal atau baik-baik saja.

Terobsesi dengan mantannya pacar bisa menjadi tanda rasa tidak aman atau cemburu. Selain itu, jika Anda tidak berhati-hati, hal ini dapat menyebabkan masalah kepercayaan dan stres yang tidak perlu.

Itu juga sama sekali tidak diperlukan mengingat. Sebab seperti yang Anda tahu, pacar Anda sedang bersamamu sekarang. Kecuali jika dia tetap berhubungan dengannya secara diam-diam atau dia secara sah memberimu alasan untuk meragukannya, Anda tidak perlu khawatir.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengapa Anda Terobsesi dengan Mantannya Pacar Anda?

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa di balik alasan kenapa Anda begitu ingin mengetahui seluk beluk tentang mantan pacarnya mantan Anda. Bisa jadi berikut ini alasannya:

1. Merasa tidak aman

Jika Anda merasa tidak aman dengan diri sendiri atau hubunganmu, Anda mungkin terobsesi dengan mantannya pasanganmu sebagai cara untuk membandingkan kalian berdua. Padahal, semakin cepat Anda menyadari bahwa Anda sangat hebat, semakin tidak berarti dia.

2. Cemburu

Jika Anda merasa iri dengan hubungan pasanganmu di masa lalu, Anda mungkin terobsesi dengan mantannya sebagai cara untuk mencoba memahami mengapa pasanganmu tertarik padanya.

Anda ingin merasa bahwa Andalah satu-satunya orang yang mungkin dia sukai. Itu tidak realistis dan tidak adil. Hal ini juga dapat menyebabkan beberapa perilaku yang sangat bermasalah.

3. Tidak bisa berhenti membandingkan diri sendiri

Terus-menerus bertanya-tanya apakah Anda kurus/cantik/cerdas/lucu/sesukses mantannya dapat menimbulkan perasaan tidak mampu atau rendah diri. Hal ini juga dapat memicu obsesi karena dia selalu ada di pikiran Anda.

4. Takut ada hal yang tidak diketahui

Jika Anda merasa tidak cukup tahu tentang hubungan pacarmu di masa lalu, Anda mungkin terobsesi dengan mantannya sebagai cara untuk mengisi kekosongan tersebut.

Tentu saja, kecuali ada sesuatu yang secara sah tidak sesuai, detailnya tidak terlalu penting dalam hubunganmu dengannya.

5. Memiliki masalah yang belum selesai dari masa lalu

Jika Anda pernah mengalami pengalaman hubungan yang buruk di masa lalu, hal ini mungkin membuatmu lebih rentan terobsesi dengan mantan pasangan Anda. Misalnya, mungkin mantan Anda berselingkuh dengan mantannya, sehingga membuat Anda semakin khawatir hal itu akan terjadi lagi.

3 dari 5 halaman

Tanda Kamu Terobsesi dengan Mantan Pacar Pacarmu

Beberapa tanda di bawah ini bisa jadi membuktikan kalau Anda sebenarnya sedang terobsesi dengan mantannya pacar, di antaranya:

1. Terus-menerus memeriksa profil media sosialnya

Anda selalu mencari kabar terbaru atau petunjuk tentang kehidupannya. Apakah dia sudah berkencan dengan orang lain?

Berapa banyak teman yang dia miliki? Apakah dia sudah move on dari pacarmu atau diam-diam dia berencana ingin balikan? Ini hanyalah beberapa pertanyaan yang terlintas di benak Anda.

2. Sering bertanya kepada pacar Anda tentang dia sepanjang waktu

Setelah menanyakan tentangnya, Anda kemudian mendapati dirimu membandingkan diri Anda dengannya. Kekasihmu lalu meyakinkan Anda bahwa dia memuja Anda baik dalam kata-kata maupun tindakan.

Namun, karena kamu terobsesi dengan mantannya, kamu ragu apakah dia jujur atau tidak. Anda khawatir Anda tidak secantik dia.

3. Telah menelitinya secara ekstensif secara daring

Hal ini karena Anda mencoba mencari tahu semua yang Anda temukan tentangnya. Anda pada dasarnya adalah penyelidik swasta saat ini. Sedalam itulah Anda melakukan “penelitian” Anda. Anda bahkan tidak tahu apa yang ingin Anda cari tahu. Namun, hal itu tidak menghentikan Anda untuk menggali informasi.

4 dari 5 halaman

4. Cemburu atau terancam saat pacar Anda membicarakannya

Jika dia menyebutkan konser yang mereka hadiri bersama, Anda akan diliputi amarah. Anda ingin menjadi orang yang berbagi setiap momen penting dalam hidup dengannya. Sepertinya Anda tidak dapat menerima kenyataan bahwa dia memiliki kehidupan sebelum Anda.

5. Merasa perlu mengetahui setiap detail tentang hubungan masa lalu mereka

Meskipun Anda tidak ingin mendengar tentang dia, Anda merasa harus melakukannya hal tersebut. Sebab menurut Anda, tidak mengetahui tentang hubungan mereka lebih buruk daripada mengetahuinya langsung.

6. Punya opini negatif meskipun belum pernah bertemu dengannya

Bagaimana Anda bisa menilai seseorang yang bahkan tidak Anda kenal? Semua hanya karena dia berkencan dengan pria yang sama denganmu? Padahal hal ini sesungguhnya tidak baik dan sebaiknya jangan pernah membentuk gagasan buruk tentang dia.

5 dari 5 halaman

Cara Menghentikan Hal Negatif Tersebut

Anda tentu mengetahui jika hal tersebut mungkin akan berdampak negatif ke depannya. Untuk itu, coba lakukan beberapa tips berikut supaya menghilangkan obsesi Anda, seperti:

1. Batasi screen time Anda

Cobalah untuk menghindari melihat profil media sosialnya atau mencoba mencari informasi lebih lanjut tentangnya. Ini mungkin mengharuskan Anda berhenti mengikuti atau memblokirnya di media sosial untuk menahan godaan.

2. Fokus pada hubungan Anda dengan pacar Anda

Alihkan perhatian Anda ke hubungan Anda saat ini dan berusahalah membangun hubungan yang kuat dan sehat dengan pasangan Anda. Habiskan waktu berkualitas bersama, lakukan komunikasi yang terbuka dan jujur, dan fokuslah pada aspek positif hubungan Anda.

3. Jangan lupa self-care

Luangkan waktu untuk mengembangkan rasa percaya diri yang kuat. Ketika Anda mencintai diri sendiri dan mengetahui nilai dirimu, Anda tidak akan terlalu peduli dengan apa yang dilakukan orang lain. Anda lebih senang tetap berada di jalur Anda.

4. Pertimbangkan untuk menemui profesional

Berbicara dengan teman atau anggota keluarga tepercaya tentang perasaan Anda adalah hal yang menyenangkan. Namun, Anda mungkin lebih baik mencari dukungan profesional dari terapis atau konselor.

Mereka dapat memberi Anda beberapa alat untuk membantu Anda mengatasi emosi dan memutus siklus terobsesi dengan mantan pacar Anda.

Ingat, memiliki rasa ingin tahu tentang hubungan pacar Anda di masa lalu adalah hal yang wajar. Namun, penting juga untuk mengetahui kapan rasa ingin tahu itu berubah menjadi obsesi yang tidak sehat.

Dengan mengambil langkah proaktif untuk fokus pada hubungan dan kesejahteraan Anda sendiri, Anda dapat mengatasi perasaan ini dan melangkah maju dengan cara yang sehat dan positif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat