uefau17.com

Masih Tidur Pakai Bra? Ini Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui - Citizen6

, Jakarta - Anda pasti pernah mendengar bahwa masih memakai bra saat tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Misalnya menghambat pertumbuhan payudara, mencegah payudara kendur, hingga dapat menyebabkan kanker payudara.

Namun, menurut informasi yang kami lansir dari Healthline, Kamis (28/3/2024), bertentangan dengan kepercayaan tersebut, rupanya tidak ada bukti medis yang menyatakan tidur dengan bra itu buruk. Sebab hal tersebut dipengaruhi oleh ukuran payudara Anda, jadi tidur dengan bra dapat membatasi pergerakan payudara. Hal inilah yang membantu meringankan nyeri payudara dan membuat tidur lebih nyaman.

Selain ukuran dada, itu tergantung pada preferensi. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan apakah Anda harus pakai bra saat tidur atau tidak sama sekali.

Apakah Boleh Tidur dengan Bra?

Tidak ada penelitian medis yang menunjukkan adanya efek negatif dari tidur dengan bra. Faktanya, wanita dengan payudara lebih besar yang mengalami gerakan signifikan di malam hari dapat memperoleh manfaat dari ukuran bra yang pas.

“Beberapa wanita memiliki payudara yang nyeri dan menggumpal, dan mengenakan bra yang lembut saat tidur dapat membantu membatasi pergerakan payudara saat tidur,” kata Dr. Regina Hampton, ahli bedah payudara bersertifikat dan pendiri Breast Care untuk Washington, D.C.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang menggunakan implan payudara.

“Tidur dengan bra bisa lebih mendukung, selama bra tersebut lembut dan tidak mengganggu sirkulasi,” kata Dr. Terri Ann Samuels, ahli uroginekologi bersertifikat dan pendiri Essentially You. “Ini memungkinkan implan tetap terangkat lebih lama.”

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Tidur dengan Bra Bisa Mencegah Payudara Kendur?

Push-up bra dengan penyangga berkawat atau tidak, gravitasi dan usia bisa memiliki dampak buruk. Selain itu, payudara secara alami akan kendur seiring berjalannya waktu – dan itu sepenuhnya normal. Mengenakan bra saat tidur tidak membantu menghindari hal tersebut.

Ligamen Cooper, juga disebut ligamen suspensori (ligamen yang menopang payudara Anda), meregang seiring waktu, menyebabkan payudara kendur.

Alasan Umum Mengapa Payudara Kendur

  • Genetika

Ciri-ciri seperti elastisitas kulit, ukuran payudara, dan kepadatan jaringan dapat berperan dalam penampilan payudara Anda seiring berjalannya waktu.

  • Gravitasi

Gravitasi dapat berdampak buruk seiring berjalannya waktu.

  • Kebiasaan sehari-hari

Menambah dan menurunkan berat badan secara terus-menerus dapat menyebabkan hilangnya elastisitas.

  • Perubahan hormonal selama menopause

Menopause menyebabkan penurunan estrogen, yang dapat menyebabkan jaringan payudara kehilangan elastisitas.

  • Kehamilan dan menyusui

Karena payudara tumbuh selama kehamilan, kemungkinan besar jaringan payudara akan meregang dan ligamen menjadi kendur.

  • Merokok

Nikotin dalam asap rokok menyebabkan elastin terurai di dalam tubuh, sehingga menyebabkan kulit terkulai.

  • Berolahraga tanpa bra yang mendukung

Olahraga high-impact lalu menggunakan bra yang tidak menopang dengan baik menyebabkan ligamen mengendur seiring waktu.

3 dari 4 halaman

Adakah Efek Samping dari Tidur Memakai Bra?

“Tidak ada data yang dipublikasikan yang menyatakan bahwa tidur dengan bra berdampak buruk, seperti efek kanker payudara, sirkulasi darah yang buruk, atau pertumbuhan payudara yang terhambat,” kata Samuels.

Jika memang ada kekhawatiran, Anda sebaiknya tidak mengenakan bra yang terlalu ketat atau terlalu menekan kulit, karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan gangguan tidur.

“Pastikan bra tersebut berukuran tepat dan pas untuk mencegah hal-hal seperti infeksi jamur di bawah payudara, yang dapat terjadi jika bra tidak dimasukkan ke bawah payudara dengan benar, sehingga menyebabkan kulit menyentuh kulit,” kata Hampton.

Sport bra tidak lebih baik atau lebih buruk untuk tidur. Akan tetapi, masalah ini lebih sering terjadi pada sport bra yang tidak pas.

Terakhir, seperti halnya pakaian apa pun yang bersentuhan langsung dengan kulit, bra sering kali menumpuk banyak keringat, minyak, dan bakteri. Pastikan Anda sering mencucinya untuk mencegah masalah kulit seperti iritasi dan timbulnya jerawat.

4 dari 4 halaman

Tips Tidur dengan Menggunakan Bra

Nah, setelah ini apakah Anda masih memilih untuk tidur mengenakan bra? Jika demikian, ada bebrapa tips yang harus Anda perhatikan. Di mana pastikan Anda memilih bra yang lebih longgar, lembut, dan fleksibel dibandingkan bra yang biasa Anda kenakan di siang hari.

“Jika Anda mengenakan bra berkawat di siang hari, Anda mungkin ingin mencari bra tanpa kabel,” kata Hampton. “Pastikan ukurannya pas sehingga pas dengan bra harian Anda.”

Jones mengatakan ada tiga bagian untuk pemasangan bra yang sempurna.

“Bagian bra harus menempel rata di dinding dada dengan kedua payudara berada di dalam cup, pengait belakang harus berada di pengait kedua dan tali pengikatnya harus disesuaikan serta mengakomodasi tubuh Anda," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat