uefau17.com

5 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh Anda - Citizen6

, Jakarta Ada begitu banyak hal-hal yang dulu kita yakini baik untuk kita ternyata berbahaya bagi kesehatan. Misalnya, minyak kelapa yang pernah dipuji sebagai alternatif yang lebih sehat untuk jenis lemak lainnya, ternyata memiliki semua perangkap kardiovaskular.

Demikian pula, pemanis “rendah gula” dulu dipandang sebagai pengganti gula yang lebih sehat namun nyatanya lebih tinggi kalori dan kemungkinan besar menyebabkan resistensi insulin. Namun sebaliknya, terkadang kita belajar bahwa kebiasaan kesehatan yang pernah kita anggap buruk ternyata bermanfaat. Dilansir dari Best Life, berikut ini deretan kebiasaan buruk yang mungkin perlu dipertimbangkan kembali, menurut para ahli.

1. Melewatkan waktu makan

Kebijaksanaan konvensional memberitahu kita bahwa kita membutuhkan tiga kali makan sehari agar sehat. Namun, menurut K. Mitchell Naficy, MD, seorang dokter keluarga dengan pengalaman klinis lebih dari 29 tahun, makan lebih jarang justru bisa bermanfaat.

Puasa intermiten, yang melibatkan makan hanya pada jam-jam tertentu dalam sehari, menjadi semakin populer, katanya kepada Best Life. 

"Meski melewatkan makan mungkin terlihat seperti ide yang buruk, sebenarnya hal itu dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan berat badan, peningkatan sensitivitas insulin, dan peningkatan tingkat energi."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Makan daging merah

Meskipun banyak ahli menyarankan untuk makan sebagian besar pola makan nabati, Kellie K. Middleton, MD, MPH, seorang ahli bedah ortopedi yang berbasis di Atlanta, mengatakan bahwa makan daging merah sesekali juga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. 

Middleton mengatakan itu karena meskipun daging merah sering mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, daging merah juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini termasuk zat besi, seng, vitamin B12, dan selenium, semuanya adalah penting untuk berfungsinya tubuh kita. Makan daging sapi yang diberi makan rumput bahkan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

3 dari 5 halaman

3. Minum Kopi

Kopi sering dipandang sebagai minuman yang buruk dan sesuatu yang perlu kita kurangi atau hentikan sama sekali. Tetapi Naficy mengatakan bahwa ada beberapa manfaat besar dari secangkir kopi harian Anda, terutama jika Anda meminumnya dalam jumlah sedang.

“Kopi dapat dilihat sebagai pilihan yang buruk bagi kesehatan, karena merupakan minuman berkafein yang dapat mengganggu tidur dan meningkatkan tekanan darah,” jelasnya. 

Namun, kopi juga dikemas dengan antioksidan dan dapat memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, seperti meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan energi, dan memperbaiki suasana hati.

4 dari 5 halaman

4. Mengonsumsi makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak pernah dianggap sangat tidak sehat. Hari ini, kita tahu bahwa lemak tak jenuh tunggal, seperti yang ditemukan dalam alpukat, dan lemak tak jenuh ganda, seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak tertentu, merupakan bagian penting dari diet seimbang.

"Kamu membutuhkan lemak sehat (lemak tak jenuh), dan banyak!" Shana Johnson, MD, seorang dokter pengobatan fisik dan rehabilitasi, memberitahu Best Life. 

"Kelebihan gula dan karbohidrat yang menyebabkan kelebihan berat badan, diabetes, dan faktor risiko kardiovaskular. Lemak dianggap buruk," katanya.

5 dari 5 halaman

5. Makan Cokelat

Sejak lama, pakar kesehatan telah menggembar-gemborkan manfaat makan cokelat hitam. Cokelat hitam (dibuat dengan 70 persen atau lebih kakao) baik untuk kesehatan Anda karena mengandung antioksidan alami yang disebut flavonoid, yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung dan mengurangi peradangan, kata Gabriela Rodríguez Ruiz, MD, PhD, FACS, seorang ahli bedah bariatrik bersertifikat di VIDA Wellness and Beauty. 

Selain itu, cokelat hitam kaya akan mineral seperti magnesium, besi, tembaga, seng, dan potasium, semuanya penting untuk fungsi sel yang baik dan kesehatan secara keseluruhan. Cokelat hitam juga mengandung stimulan seperti kafein dan teobromin, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kinerja mental, dia menjelaskan.

Meskipun laporan baru-baru ini mempertanyakan klaim kesehatannya ketika menemukan merek tertentu terkontaminasi timbal dan kadmium, para ahli mengatakan Anda masih dapat menikmati cokelat hitam dan manfaat kesehatannya tanpa harus merasa bersalah karenanya, Anda hanya harus memilih jenis yang tepat. Ingatlah untuk memeriksa label nutrisi untuk memastikan Anda mendapatkan produk berkualitas baik dengan sedikit tambahan gula dan bahan tidak sehat lainnya. Menikmati satu atau dua kotak cokelat hitam sebagai bagian dari diet seimbang dapat membantu Anda mencapai tujuan kesehatan sambil tetap memuaskan gigi manismu!" kata Rodríguez Ruiz.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat