uefau17.com

Penelitian Ungkap Olahraga Terbaik untuk Membantu Anda Tetap Awet Muda - Citizen6

, Jakarta - Ketika berbicara tentang kesehatan kognitif Anda, sulit untuk menerima pentingnya hubungan pikiran dan tubuh. Faktanya, dokter dan peneliti menekankan bahwa berolahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan ingatan dan meningkatkan kesehatan otak. 

Kini, sebuah penelitian baru menemukan bahwa ada satu olahraga yang dapat meningkatkan kinerja otak Anda, bahkan setelah Anda mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan kognitif.

Sebuah studi pada Oktober tahun 2023 yang diterbitkan dalam jurnal medis Annals of Internal Medicine menemukan bahwa melakukan Tai Chi adalah salah satu latihan terbaik untuk membalikkan efek penuaan kognitif. 

Hasilnya didasarkan pada data dari 300 orang dengan usia rata-rata 75 tahun, yang semuanya memiliki gangguan kognitif ringan atau kekhawatiran mengenai ingatan mereka.

Subyek penelitian menjalani tes 10 menit untuk mengevaluasi kesehatan kognitif mereka sebelum dan setelah menyelesaikan Tai Chi dua kali seminggu selama enam bulan. Rata-rata, mereka meningkatkan nilai tes sebesar 1,5 poin, setara dengan pengurangan usia otak Anda sebanyak tiga tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tai Ji Quan adalah tempat yang baik untuk memulai

Bahkan bentuk Tai Chi sederhana yang dikenal sebagai Tai Ji Quan ditemukan efektif dalam meningkatkan kesehatan kognitif, kata penulis penelitian. Suatu bentuk olahraga yang sangat mudah diakses dan lembut, ini sering digunakan dalam pengaturan klinis untuk orang lanjut usia dan individu dengan gangguan pergerakan.

Bentuk khusus Tai Chi ini menggunakan gerakan berdampak rendah yang lambat dan disengaja, memungkinkan Anda memperoleh manfaat Tai Chi tanpa risiko cedera. 

“Gerakannya biasanya melingkar dan tidak pernah dipaksakan, otot-ototnya rileks bukannya tegang, persendian tidak terentang atau tertekuk sepenuhnya, dan jaringan ikat tidak meregang,” jelas Harvard Health Publishing.

3 dari 4 halaman

Menambahkan latihan mental dapat meningkatkan efek Tai Chi

Untuk mengimbangi kecepatan saat melakukan Tai Chi, Anda harus menghafal koreografinya. Ini saja sudah melenturkan otot mental Anda, kata para ahli. Namun, penulis penelitian menemukan bahwa Anda dapat lebih meningkatkan manfaat kognitif Tai Chi dengan menambahkan lebih banyak latihan memori pada gerakan fisik Anda.

Mereka merekomendasikan mengeja sebuah kata saat Anda bergerak dan kemudian mencoba mengejanya secara terbalik, misalnya. Para penulis penelitian mencatat bahwa efek peningkatan otak meningkat dua kali lipat hingga peningkatan tiga poin di antara subjek penelitian yang menambahkan tantangan kognitif ekstra pada gerakan fisik mereka.

“Kami baru saja memberi Anda enam tahun tambahan fungsi kognitif,” kata penulis studi Elizabeth Eckstrom, MD, kepada NPR. 

4 dari 4 halaman

Membantu membangun kekuatan otot, membangun, hingga meningkatkan kesehatan jantung

Selain meningkatkan kesehatan kognitif Anda, Tai Chi adalah cara terbaik untuk membangun kekuatan otot, meningkatkan fleksibilitas, membangun keseimbangan, dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. 

Hal ini dapat mengurangi risiko cedera dan penyakit kronis seiring berjalannya waktu. Hal ini juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan memberikan manfaat kesehatan mental termasuk mengurangi tingkat depresi dan kecemasan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health.

Seperti halnya rutinitas olahraga baru lainnya, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang segala kekhawatiran yang mungkin Anda miliki sebelum memulai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat