uefau17.com

Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Ini Deretan Tips Menjadi Orang yang Lebih Optimis - Citizen6

, Jakarta - Terkadang, sulit untuk merasa bahagia ketika memikirkan hal-hal negatif yang sedang terjadi di dunia. Lebih sulit lagi ketika orang-orang di sekitar Anda terus-menerus membicarakan semua hal negatif tersebut. Namun, Anda tidak harus ikut-ikutan dengan orang yang pesimis. Faktanya, sangatlah penting untuk bersikap optimis ketika ada hal-hal negatif di sekitar Anda.

Bersikap optimis berarti Anda memiliki pandangan positif terhadap dunia secara keseluruhan, percaya bahwa hal-hal baik akan terjadi dan keinginan orang akan terpenuhi. Sebaliknya, menjadi pesimis berarti Anda memiliki pandangan negatif terhadap dunia.

Meskipun sebagian besar orang berada di tengah-tengah antara optimis dan pesimis, kita biasanya lebih menyukai satu pandangan dibandingkan yang lain. Pelajari bagaimana menanamkan optimisme ke dalam hidup Anda dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Manfaat Optimisme

Memilih untuk bersikap optimis menawarkan manfaat yang mengejutkan. Ini termasuk:

  • Keyakinan: Optimisme dikaitkan dengan peningkatan tingkat kepercayaan diri, terutama ketika mengambil keputusan dan merasa aman dengan pilihan yang Anda buat.
  • Penurunan risiko penyakit: Sebuah studi dari University of Pittsburgh menyimpulkan bahwa wanita yang memiliki pandangan optimis memiliki risiko penyakit jantung 30% lebih rendah. Sebuah penelitian di Universitas Michigan menghubungkan optimisme dengan risiko stroke yang lebih rendah.
  • Peningkatan kualitas hidup: Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang optimis dan memiliki harapan positif tentang masa depan mengalami peningkatan kualitas hidup jika dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki tingkat optimisme rendah dan pesimis.
  • Umur yang lebih panjang: Penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa orang yang optimis cenderung tidak mengalami disabilitas seiring bertambahnya usia dan hidup lebih lama dibandingkan orang yang pesimis.
  • Manfaat kesehatan mental: Orang yang optimis cenderung mengalami lebih sedikit stres dan merasa lebih menghargai orang lain.
  • Meredakan gejala depresi: Optimisme dikaitkan dengan pengurangan gejala depresi dan bahkan mengurangi keinginan untuk bunuh diri.
  • Kualitas tidur: Bersikap optimis dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, yang merupakan komponen kunci dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan mental Anda.

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba untuk lebih optimis berikut ini deretan tipsnya dilansir dari Very Well Mind, Rabu (22/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Tips Jadi Orang yang Optimis

1. Pilih Sikap Optimisme

Jika Anda merasa terlahir pesimis dan tidak mungkin mengubah pola pikir Anda, pikirkan lagi penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Behavior Therapy dan Experimental Psychiatry membandingkan dua kelompok orang untuk menguji pola pikir mereka.

Kelompok pertama menyelesaikan latihan selama 5 menit yang melibatkan pemikiran positif tentang masa depan mereka, sedangkan kelompok kedua hanya menjalani kehidupan sehari-hari tanpa berusaha berpikir optimis. Kelompok pertama meningkatkan optimisme mereka secara signifikan selama periode dua minggu, dan banyak dari mereka merasa lebih optimis setelah satu hari saja.

Anda punya pilihan dalam hidup Anda. Anda dapat menghabiskan hari membersihkan atau menghabiskan hari membaca. Anda bisa pergi makan malam atau memasak di rumah. Anda bisa minum kopi bersama teman atau menghabiskannya.

Dan, akhirnya, Anda bisa memutuskan untuk bersikap positif atau terus menjalani hidup apa adanya. Menjadi orang yang optimis di dunia yang negatif dimulai dengan keputusan untuk bersikap positif dan memilih untuk menjalani kehidupan itu setiap hari.

2. Hindari Pikiran Negatif

Anda mungkin menyebut mereka sebagai "pengeluh" atau bahkan "beracun," namun bagaimanapun Anda menganggapnya, orang yang pesimis cenderung menyedot energi positif keluar dari ruangan.

Penting untuk menetapkan batasan yang sehat dengan orang-orang yang secara kronis memilih untuk tetap terjebak dalam kesengsaraannya sendiri, terutama jika mereka tidak menunjukkan empati terhadap orang lain.

Itu mungkin berarti harus mengatakan sesuatu kepada seorang teman seperti, "Saya perhatikan setiap kali saya menawarkan ide tentang bagaimana Anda dapat membuat situasi Anda lebih baik, Anda bersikeras bahwa tidak ada yang berhasil. Saya tidak yakin saya bisa membantu." 

Ini mungkin juga berarti menjauhkan diri Anda dari kerabat yang bersikeras untuk membagikan prediksi terbaru mereka tentang akhir dunia.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membatasi asupan media Anda. Terlalu banyak menonton berita tragis atau terlalu banyak mengonsumsi berita politik di media sosial dapat menurunkan kemampuan Anda untuk mempertahankan pandangan optimis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi, namun tidak kewalahan.

3 dari 4 halaman

Deretan Tips Jadi Orang yang Optimis Berikutnya

3. Kenali Berpikir Negatif

Tidak apa-apa untuk mengakui bahwa hal buruk mungkin saja terjadi. Lagi pula, mengabaikan kenyataan tidaklah membantu. Faktanya, bersikap realistis bisa menjadi kunci untuk melakukan yang terbaik.

Jika Anda terlalu positif tentang wawancara yang akan datang, Anda mungkin tidak akan meluangkan waktu untuk mempersiapkannya karena Anda yakin akan mendapatkan pekerjaan itu.

Namun, jika Anda memiliki pandangan yang terlalu negatif, Anda mungkin menyabot peluang Anda untuk diterima bekerja. Berpikir, "Tidak ada seorang pun yang akan mempekerjakan saya," misalnya, dapat menyebabkan Anda terlihat dan merasa kalah saat memasuki ruang wawancara. Kurangnya rasa percaya diri Anda mungkin menjadi alasan Anda tidak diterima bekerja.

Bersikap optimis membantu Anda yakin bahwa peluang yang lebih baik ada di depan mata dan Anda mampu berupaya untuk meraih peluang tersebut. Saat Anda berpikir negatif, luangkan waktu sejenak untuk menilai seberapa realistis pemikiran Anda sebenarnya.

Mengubah pikiran Anda yang terlalu negatif menjadi pernyataan yang lebih realistis dapat membantu Anda mempertahankan optimisme yang sehat.

4. Kembangkan Kepositifan

Meskipun bukan tugas Anda untuk membuat semua orang bahagia, tidak ada salahnya untuk menyemangati hari seseorang. Sekali sehari, sampaikan masukan positif kepada seseorang.

Di tempat kerja, pujilah seseorang atas pertanyaan bagus yang diajukan melalui email atau poin-poin penting yang mereka kemukakan dalam rapat penting. Di rumah, pujilah anak Anda atas betapa kerasnya mereka mengerjakan pekerjaan rumah matematikanya. Atau, beri tahu pasangan Anda betapa Anda menghargainya.

Dengan begitu, jangan lupa untuk melimpahkan hal positif pada diri sendiri. Sebelum tidur, pikirkan apa yang Anda lakukan sepanjang hari. Sekalipun hari-harinya kurang bersemangat, pasti ada sesuatu yang bisa Anda puji untuk diri Anda sendiri, apakah itu membuat Anda tetap tenang ketika pengemudi menghentikan Anda atau menyelesaikan proyek yang benar-benar merupakan tantangan bagi Anda.

4 dari 4 halaman

Deretan Tips Jadi Orang yang Optimis Selanjutnya

5. Bayangkan Masa Depan yang Positif

Kedengarannya tidak masuk akal, tetapi menuliskan ide-ide Anda tentang masa depan yang optimis benar-benar dapat membuat perbedaan dalam pandangan Anda secara keseluruhan. Jika Anda memerlukan informasi dasar, inilah yang harus dilakukan luangkan waktu 20 menit selama empat hari berturut-turut untuk menuliskan apa yang Anda inginkan terjadi besok, minggu depan, bulan depan, dan tahun depan dan jangan ragu untuk bermimpi besar.

6. Praktikkan Rasa Syukur

Memikirkan semua hal yang patut Anda syukuri, mulai dari sinar matahari yang hangat hingga air bersih, dapat memberikan Anda dorongan optimisme secara instan. Anda bahkan mungkin memutuskan untuk membuat jurnal rasa syukur, di mana Anda menuliskan segala sesuatu yang membuat Anda tersenyum sepanjang hari.

Sulit untuk bersikap optimis tanpa merasa bersyukur kepada mereka yang telah membantu Anda mencapai tempat bahagia itu. Meskipun memikirkan betapa bersyukurnya Anda itu bermanfaat, berbagi rasa terima kasih Anda dengan orang lain akan memberikan manfaat tambahan. Anda akan menyebarkan sedikit kegembiraan dan keceriaan saat memberi tahu orang lain betapa Anda menghargai mereka.

Tulislah surat kepada seseorang yang memberikan dampak positif pada hidup Anda, baik itu guru, mantan atasan, atau bahkan ibu Anda. Jika memungkinkan, kirimkan surat itu secara langsung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat