uefau17.com

4 Penyebab Sakit Saat Buang Air Kecil dan Cara Mengobatinya - Citizen6

, Jakarta - Mengalami rasa nyeri atau perih saat buang air kecil bukan hanya tidak aman, tapi juga pertanda ada yang tidak beres pada tubuhmu.

Meskipun rasa sakitnya bisa hanya terjadi satu kali karena jadwal dudukmu yang panjang, rasa sakitnya juga bisa menjadi jangka panjang jika tidak diobati.

Bisa jadi itu adalah infeksi saluran kemih atau masalah pada ginjalmu. Oleh karena itu, penting untuk tidak membiarkannya berlalu begitu saja dan jaga dirimu selama ini untuk mengendalikan gejalanya tepat waktu.

Oleh karena itu, ketahui beberapa penyebab sakit saat buang air kecil, seperti melansir dari Times of India, Senin (20/11/2023).

1. Infeksi saluran kemih

Salah satu penyebab paling umum dari rasa terbakar atau perih saat buang air kecil adalah infeksi saluran kemih (ISK). Sensasi terbakar tidak nyaman saat buang air kecil sebagian besar disebabkan oleh ISK.

Infeksi ini terjadi ketika bakteri, biasanya Escherichia coli (E coli) dari sistem pencernaan, masuk ke uretra dan berkembang biak dalam jumlah besar.

Akibatnya terjadi iritasi dan peradangan pada saluran kemih sehingga menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat buang air kecil.

2. Penyakit menular seksual

Infeksi Menular Seksual (IMS) atau Penyakit Menular Seksual (PMS), seperti namanya, paling banyak menyerang orang yang aktif secara seksual dalam beberapa hari terakhir. PMS bisa memperluas pengaruhnya ke sistem saluran kemih, menyebabkan nyeri saat buang air kecil.

Klamidia dan gonore merupakan bentuk penyakit menular seksual yang menyerang uretra sehingga memicu peradangan. PMS sangat terkenal dan harus segera ditangani. Dampak dari penyakit menular seksual yang tidak diobati cukup parah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Vaginosis bakterial

Meskipun bakterial vaginosis (BV) terutama menyerang area vagina, efeknya biasanya juga meluas ke saluran kemih, menyebabkan rasa sakit dan perih.

BV biasanya terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat yang ada di vagina. Vaginosis bakterial bisa menyebabkan pertumbuhan berlebihan bakteri berbahaya, sehingga berpotensi menyebabkan iritasi dan nyeri saat buang air kecil.

Sifat sistem reproduksi dan saluran kemih yang saling berhubungan merupakan alasan utama mengapa efek berbahaya BV juga dirasakan di uretra.

4. Infeksi ginjal

Terkadang, rasa sakit dan perih saat buang air kecil sama sekali tidak berhubungan dengan uretra atau vagina, namun alasan ini bahkan lebih mengkhawatirkan. Penyebab lainnya bisa jadi adalah infeksi ginjal, yang merupakan masalah yang lebih serius.

Jika Anda mengalami nyeri saat buang air kecil disertai darah dalam urin dan nyeri punggung, ini mungkin mengindikasikan ISK parah yang berkembang menjadi infeksi ginjal.

Ketika ISK menyebar ke ginjal, situasinya menjadi lebih kritis dan jika tidak diobati, infeksi ginjal bisa menyebabkan rawat inap, karena berpotensi menyusup ke dalam aliran darahmu.

 

3 dari 3 halaman

Cara mengobati rasa nyeri dan perih

Memahami akar penyebab rasa sakit saat buang air kecil adalah langkah awal menuju pengobatan. Namun, disarankan untuk tidak melakukan pengobatan sendiri atau mengandalkan obat rumahan.

Cara terbaik adalah menemui dokter kandungan yang kemudian akan merujuk pada antibiotik untuk ISK.

IMS memerlukan antibiotik khusus tergantung pada jenis infeksinya. Vaginosis bakterial biasanya juga diobati dengan antibiotik, dengan bantuan antibiotik yang bisa memulihkan keseimbangan bakteri vagina.

Namun, jika dokter kandungan mengetahui bahwa itu adalah infeksi ginjal, mungkin diperlukan rawat inap segera untuk mendapatkan perawatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat