uefau17.com

Profil Ustadz Hanan Attaki, Pendiri Pemuda Hijrah yang Ceramahnya Disukai Kawula Muda - Citizen6

, Jakarta - Siapa tak kenal ustadz Hanan Attaki? Ya, namanya tentu sudah tak asing di kalangan para anak muda. Bagaimana tidak, Ustadz Hanan Attaki merupakan pendakwah atau dai muda tersohor di Indonesia. 

Ustadz Hanan Attaki kerap memberikan dakwah yang ditujukan pada kaum muda. Terlebih lagi pria 41 tahun tersebut adalah pendiri Gerakan Pemuda Hijrah yang banyak diikuti oleh para anak-anak muda muslim Indonesia.

Mengutip berbagai sumber, Ustadz Hanan Attaki sendiri memiliki nama lengkap Tengku Hanan Attaki dan lahir di Aceh pada 31 Desember 1981. Hanan Attaki sendiri merupakan anak kelima dari enam orang saudara.

Rupanya sejak kecil Hanan Attaki sudah dekat dengan Alquran. Dirinya juga dikenal cerdas bahkan mendapatkan beasiswa untuk pendidikannya. Tak hanya itu, dia juga banyak menjuarai berbagai Musabaqah Tilawatil Quran di daerahnya.

Saat duduk di bangku sekolah Hanan Attaki menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh. Kemudian, dia mendapatkan beasiswa ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir karena prestasi yang dimiliki. 

Saat berkuliah di Al Azhar, Hanan Attaki mengambil jurusan tafsir Alquran di Fakultas Ushuluddin. Pada masa kuliah, ia juga sempat bergabung dalam kelompok studi Alquran dan ilmu-ilmu Islam.

Bertemu Istri Saat Berkuliah di Mesir

Hanan Attaki bertemu dengan sang istri, Haneen Akira, di kampus ternama Mesir itu. Keduanya pun memutuskan menikah saat masih mengenyam pendidikan di Al Azhar.

Setelah menyelesaikan studinya pada 2004 dan mendapat gelar Lc, ia sempat mengisi acara tilawah di televisi sebelum akhirnya kembali ke Indonesia. Sepulangnya dari Mesir, Hanan Attaki pun fokus menggeluti bidang dakwah khususnya untuk kalangan muda.

Namanya semakin dikenal sebagai ustaz karena ceramahnya yang mudah untuk dipahami terutama bagi para anak muda. Tak heran jika banyak anak muda yang senang dengan ceramahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telah Berikrar Gabung Nu

Sebelumnya Ustadz Hanan Attaki telah resmi bergabung menjadi anggota Nahdlatul Ulama (NU) pada Mei silam. Ia telah mengikrarkan dirinya dalam acara Halal Bihalal 1444 Hijriyah di hadapan Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Marzuki Mustamar, pada Kamis (11/5/2023).

Ikrar ini juga disaksikan oleh seluruh jemaah yang hadir. Marzuki Mustamar turut membacakan ikrar tersebut seraya diikuti oleh Hanan Attaki.

Setelah resmi menjadi bagian dari NU, Hanan Attaki mengungkapkan jika malam tersebut malam terbaik baginya.

“Alhamdulillah, malam ini adalah malam terbaik dalam hidup saya sejak ibu melahirkan saya. Karena bagi seorang mukmin dia dilahirkan dua kali, pertama jasadnya oleh orangtua biologisnya, kedua dilahirkan ruhiyahnya oleh gurunya atau mursyidnya,” ujarnya mengutip dari NU Jatim, Rabu (25/10/2023).

Hanan Attaki menyampaikan, saat melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci kemarin dirinya juga selalu berdoa agar dipertemukan dengan mursyid atau murobbi yang bisa membimbingnya menuju dakwah di jalan-Nya.

"Sepulang umrah saya mudik ke Jawa Timur, ke kampung istri di Tuban. Lalu, istri saya bilang bahwa Kiai Marzuki merupakan gurunya saat belajar di Malang. Kemudian istri saya ajak tabarruk, tanpa berpikir panjang langsung berangkat," tambahnya.

Hanan Attaki juga merasa terharu karena dakwah lembut yang disampaikan KH Marzuki Mustamar dalam menjelaskan konsep dakwah yang diajarkan ulama Ahlussunnah wal Jamaah yang sudah bertahan 100 tahun lebih.

“Akhirnya, saya minta izin untuk diangkat menjadi murid beliau. Insyaallah, mulai detik ini akan saya syiarkan ajaran Aswaja ala NU kepada muslimin, khususnya anak-anak muda di Indonesia," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Viral Curhat Perempuan Diceraikan Suami yang Bikin Ustaz Hanan Attaki Menangis

Viral curahan hati seorang perempuan kepada Ustaz Hanan Attaki dalam sebuah kajian. Setelah mendengar curhat tersebut, Ustaz Hanan bahkan sampai ikut menangis.

Perempuan yang diketahui bernama Sherin itu berkisah tentang ia yang diceraikan oleh suami usai cekcok dengan mertuanya. Dalam video yang beredar luas di jagat maya, ia menjelaskan awal pertemuan dengan mantan suaminya.

Komunikasi keduanya terjalin pada 2015. Ia menyebut pria yang pernah jadi suaminya itu sebagai laki-laki yang menurutnya saleh, taat orangtua, dan sayang pada saudara-saudara.

Baru pada 2021, keduanya bertemu dan pria tersebut melamar Sherin yang dikatakan tak memiliki apa-apa. Kedatangan pria tersebut untuk melamar sebagai tanda keseriusannya pada Sherin.

Walau sempat batal menikah karena tak mengantongi restu, mereka akhirnya mengikat janji suci pernikahan pada Juli 2022. Rumah tangga mereka pun dikarunia seorang putra.

Namun pada Juni 2023 alias belum genap setahun menikah, pria itu menjatuhkan talak kepada Sherin. Perempuan itu menyebut awalnya ia dan mertuanya cekcok. Ia mengaku selama ini ia telah berusaha untuk berlapang dada dengan kondisi finansial keluarga suaminya saat itu.

"Saya di sini mau bertanya ustad," kata Sherin sembari menyeka air matanya.

"Apakah saya berdosa ustad, melawan mertua saya yang mencampuri rumah tangga saya? Apakah benar menceraikan istri demi ibunya itu benar akan mendapatkan surga Firdaus?" tanya perempuan itu lagi.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat