uefau17.com

Top 3: Fakta Indeks UV yang Harus Diketahui Agar Tetap Aman - Citizen6

, Jakarta - Belakangan, cuaca di Indonesia terasa begitu panas. Hal ini seringkali dibarengi dengan tingginya indeks sinar ultraviolet sampai ke level yang membahayakan.

Bahkan hari ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di unggahan Instagram resminya menyebut beberapa wilayah dengan indeks UV yang berbahaya di Indonesia. Di wilayah-wilayah tersebut, BMKG menyarankan warga untuk tetap berada di tempat teduh pada matahari siang hari serta memakai pelindung saat berada di luar ruangan.

Berikut ini beberapa fakta terkait UV Index agar menjaga Anda tetap aman seperti dihimpun dari Foxweather.

1. Apa itu sinar ultraviolet indeks?

Layanan Cuaca Nasional Amerika Serikat (AS) mengatakan Indeks UV adalah prakiraan hari berikutnya dari jumlah radiasi UV yang merusak kulit yang diharapkan mencapai permukaan bumi pada saat matahari berada di titik tertinggi di langit.

Jumlah radiasi UV yang mencapai permukaan terutama terkait dengan ketinggian matahari di langit, jumlah ozon di stratosfer, dan jumlah awan yang ada.

Artikel tentang berbahaya, ini 7 fakta indeks UV yang harus kamu ketahui agar tetap aman menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-. Disusul dengan artikel tentang ini 6 zodiak paling pengertian menurut astrologi, ada kamu?

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang 9 tips agar badan tetap adem saat cuaca panas melanda.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Berbahaya, Ini 7 Fakta Indeks UV yang Harus Kamu Ketahui Agar Tetap Aman

 

2. Rentang UV Index

Indeks UV dapat berkisar dari 0 (saat malam hari) hingga 15 atau 16 (di daerah tropis pada ketinggian tinggi di bawah langit cerah). Radiasi sinar UV terbesar saat matahari berada di ketinggian tertinggi di langit dan menurun dengan cepat saat matahari mendekati cakrawala.

  • Indeks UV 0-2 (Rendah): Tidak diperlukan perlindungan. Anda dapat dengan aman tinggal di luar menggunakan perlindungan sinar matahari minimal.
  • Indeks UV 3-7 (Sedang hingga Tinggi): Diperlukan perlindungan. Carilah tempat berteduh di pagi hari hingga sore hari. Saat berada di luar, gunakan tabir surya berspektrum luas SPF-15 atau lebih tinggi pada kulit yang terbuka, dan kenakan pakaian pelindung, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam.
  • Indeks UV 8+ (Sangat Tinggi hingga Ekstrem): Diperlukan perlindungan ekstra. Berhati-hatilah di luar, terutama di pagi hari hingga sore hari. Jika bayangan Anda lebih pendek dari Anda, cari tempat berteduh dan kenakan pakaian pelindung, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam, dan oleskan tabir surya spektrum luas minimal SPF-15 pada kulit yang terbuka.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ini 6 Zodiak Paling Pengertian Menurut Astrologi, Ada Kamu?

Beberapa orang amat pengertian. Kesadaran mereka tentang apa yang dibutuhkan orang lain tidak tertandingi. Mereka juga sangat simpatik dan tahu persis apa yang diperlukan untuk membuat seseorang keluar dari kebiasaan.

Anda benar-benar dapat bersandar pada orang-orang ini, dan mereka tidak akan menghakimi Anda saat Anda mengalami sesuatu yang sulit. Mungkin mereka sendiri telah melalui banyak hal atau mereka pada dasarnya hanya berempati. Bagaimanapun, astrologi juga dapat memainkan faktor. Berikut ini daftar zodiak yang paling pengertian dari yang sedikit suportif hingga yang sepenuhnya penyayang.

Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Aquarius

Aquarius analitis sangat intelektual. Mereka menikmati kemampuan mereka untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi rasional untuk situasi apa pun.

"Mereka juga dikenal karena kemandirian dan kemampuannya untuk berpikir di luar kotak, yang memberi mereka pemahaman yang lebih luas tentang dunia dan orang-orang di dalamnya," kata Rachel Clare, astrolog profesional di Mystic Sense.

Tanda-tanda udara ini memiliki pemahaman yang kuat tentang kenyataan, meskipun mereka sedikit lebih aneh dari yang lain. Meskipun mereka terkadang terlihat terlalu maju atau kasar, mereka memiliki kemampuan yang cukup untuk mengetahui apa yang dibutuhkan orang. Clare mengatakan bahwa mereka adalah pendukung alami keadilan sosial dan sering ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 9 Tips Agar Badan Tetap Adem Saat Cuaca Panas Melanda

Gelombang panas sedang terjadi di seluruh dunia. Dan karena perubahan iklim, mereka menjadi lebih panas dan lebih lama.

Meskipun berjemur di bawah sinar matahari adalah hal yang luar biasa di beberapa negara, cuaca panas ekstrem dapat mematikan, memengaruhi orang yang lebih muda dan lebih tua, wanita hamil, dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan kronis.

Tapi ada banyak yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri kita sendiri dan orang yang kita cintai. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap sejuk dan adem selama cuaca panas melanda seperti dihimpun dari Redcross UK.

1. Jadilah cerdas

Sebaiknya hindari keluar selama jam-jam terpanas hari itu, tetapi terkadang hal itu tidak dapat dihindari. Saat berada di bawah sinar matahari langsung, kenakan (dan gunakan kembali) tabir surya, tutupi kepala Anda dengan topi dan ingatlah untuk beristirahat secara teratur di dalam ruangan atau di tempat teduh untuk menghindari kelelahan akibat panas atau sengatan panas. Mengenakan pakaian berwarna terang dan longgar juga akan membantu Anda tetap sejuk.

2. Lebih basah lebih baik

Panas keluar melalui kulit, yang merupakan organ terbesar dalam tubuh. Jadi, semakin banyak kulit yang bisa didinginkan, semakin baik.

Dalam cuaca panas, membasahi t-shirt dan menjaganya tetap basah bisa sangat efektif. Jika Anda lebih suka tidak berjalan-jalan dengan pakaian basah, Anda dapat membeli semprotan pendingin atau mandi air dingin juga bisa.

Anda dapat dengan cepat mendinginkan diri dengan memasukkan tangan dan kaki ke dalam air dingin. Pergelangan tangan dan pergelangan kaki memiliki banyak titik nadi di mana pembuluh darah berada dekat dengan kulit, sehingga Anda akan lebih cepat dingin.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat