uefau17.com

Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya yang Wajib Diketahui Umat Muslim - Citizen6

, Jakarta Ada banyak sholat sunnah yang bisa dikerjakan umat muslim di bulan Ramadhan. Salah satunya ialah sholat tahajud. Sholat tahajud sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari. Saat Ramadhan, ibadah ini bisa dilakukan sebelum Anda melaksanakan santap sahur.

Waktu yang terbaik untuk mengerjakan sholat tahajud yaitu pada sepertiga akhir malam hari atau sekitar pukul 01.00 hingga 04.00 dini hari. Jika ingin melaksanakan ibadah sunnah sholat tahajud tentu penting untuk mengetahui niat dan tata caranya.

Hal ini tentu agar Anda tidak salah melakukannya. Tak hanya itu Anda juga perlu mengetahui keutamaan sholat tahajud agar bisa melaksanakannya dengan lebih semangat. Berikut ini niat, tata cara serta keutamaan sholat tahajud yang wajib diketahui seluruh umat muslim: 

Niat Sholat Tahajud yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Sebelum melaksanakan sholat tentu kita harus membaca niat. Membaca niat bahkan menjadi salah satu tata cara sholat tahajud yang benar. Pasalnya niat sholat tahajud wajib dilakukan untuk membedakannya dengan sholat sunah malam lainnya. Tak hanya itu, niat sholat tahajud juga harus dibaca dengan baik dan benar. Hal ini agar sholat yang dilakukan sah dan diterima oleh Allah SWT. Berikut doa niat sholat tahajud yang dapat diucapkan sebelum menjalankan ibadah sholat tahajud:

 

Usholli sunnatat-tahujjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa.

 

Artinya:

"Aku niat sholat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Tahajud yang Wajib Diketahui Agar Tidak Salah

Secara umum, cara sholat tahajud sama halnya seperti gerakan serta doa seperti sholat fardhu 5 waktu. Namun yang membedakan adalah bacaan niat, doa setelah sholat tahajud, dan jumlah rakaat. Jumlah rakaat sholat tahajud sendiri paling sedikit yaitu 2 rakaat hingga paling banyak yakni 12 rakaat.

Berikut merupakan tata cara sholat tahajud yang penting dipahami umat muslim agar dapat dikerjakan dengan benar dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT:

• Membaca Niat

• Melakukan Takbiratul Ihram dan Doa Iftitah

• Membaca Surat Al-Fatihah

• Membaca Surat Pendek

• Rukuk dengan Tumakninah

• I’tidal

• Sujud

• Duduk di Antara Dua Sujud

• Sujud

• Mengulang Gerakan Seperti Rakaat Pertama

• Takhiyat Akhir

• Salam

3 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Tajahud

Sholat sunnah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya, begitupula dengan sholat tahajud. Tak hanya itu, penting untuk diketahui bahwa sholat tahajud diyakini sebagai ibadah yang istimewa. Hal ini lantaran, dalam Alquran disebutkan bahwa siapa pun yang mengerjakannya akan disebut sebagai hamba-Nya yang terpuji di mata Allah.

Berikut keutamaan dari sholat tahajud merujuk pada Q.S Al-Isra ayat 79, b

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا 

"Wa minal-laili fa tahajjad bihi nafilatal laka ‘asa ay yab’asaka rabbuka maqamam mahmuda."

Artinya:

"Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

4 dari 4 halaman

Niat Sholat Tarawih Sendiri, Sebagai Imam, dan Makmum Saat Ramadhan Berikut Doanya

Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Dan salah satu sholat sunah yang dilakukan secara khusus hanya pada bulan Ramadhan adalah tarawih. Pelaksanaan sholat ini dilakukan selepas salat isya dengan cara berjemaah.

Adapun dasar dari sholat tarawih ini ada pada hadits nabi yang berbunyi: 

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (متفق عليه)

Artinya,"Barang siapa melakukan salat (tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaq ‘Alaih).

Berlandaskan hadis, maka mayoritas ulama sepakat bahwa sholat tarawih hukumnya adalah sunah. Membaca niat merupakan salah satu rukun sholat tarawih. Bacaan niat yang dilakukan oleh imam, makmum, atau ketika salat sendiri berbeda-beda. Berikut adalah bacaan niat sholat tarawih, baik untuk imam, makmum, ataupun ketika shalat sendiri:

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat