uefau17.com

4 Alasan Sebaiknya Anda Tak Menyimpan Ponsel di Dekat Anda Saat Tidur - Citizen6

, Jakarta Bagi sebagian besar dari kita, ponsel adalah hal terakhir yang kita lihat sebelum tidur dan hal pertama yang kita lihat saat bangun tidur. Meskipun sangat nyaman menggunakan ponsel Anda sebagai jam alarm dan memeriksa informasi lewat media sosial sebelum tidur, kebiasaan ini sebenarnya dapat mengganggu tidur dan memengaruhi kesehatan kita dengan banyak cara yang mengejutkan.

Sayangnya hal ini masih banyak tak disadari. Dan masih banyak orang yang membawa ponsel mereka ke tempat tidur bahkan meletakkannya di samping bantal mereka. Berikut ini deretan alasan mengapa sebaiknya Anda menjauhkan ponsel dari tempat tidur Anda setiap malam dilansir dari Brightside

1. Ini mungkin memengaruhi tidur Anda

Anda dapat menjelajahi Internet, menelusuri gambar-gambar lucu, bermain game, dan mengirim pesan teks, sehingga tidak mengherankan jika dengan semua fungsi ini, ponsel Anda juga dapat mengganggu tidur Anda. 

Saat Anda menggunakan ponsel atau menatap layar selama berjam-jam, Anda terpapar cahaya biru dari perangkat yang mengirimkan sinyal ke tubuh Anda untuk menunda tidur. Jika itu terjadi setiap hari, itu mungkin membingungkan tubuh Anda dan mengganggu siklus tidur dan bangun alami Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ini dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda

Apakah Anda sedang menonton acara favorit Anda atau bermain game untuk bersantai setelah hari yang panjang, sehingga sulit untuk menyimpan ponsel Anda. Tetapi jika Anda terus scrolling media sosial Anda, itu dapat menunda waktu tidur Anda dan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. 

Kurang tidur dapat memengaruhi tubuh Anda dalam banyak cara dan bahkan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan reproduksi. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang memiliki waktu tidur 6 jam atau kurang dan wanita yang kurang tidur lebih cenderung mengalami kesulitan saat mencoba untuk memiliki bayi.

3 dari 4 halaman

3. Ini dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah

Ponsel dirancang untuk menarik perhatian Anda dan memicu respons langsung Anda. Jika Anda menyimpan ponsel di kasur, mudah tergoda untuk memeriksanya jika Anda bangun di malam hari, dan begitu Anda membaca sesuatu yang membuat kesal, akan lebih sulit untuk tertidur kembali. 

Terlepas dari konsekuensi tidak menyenangkan lainnya, kurang tidur meningkatkan stres oksidatif dalam tubuh Anda dan mengganggu ritme sirkadian Anda, menyebabkan berat badan Anda bertambah. Jika Anda bekerja keras untuk menurunkan berat badan, pertimbangkan untuk menyimpan ponsel Anda di ruangan lain pada malam hari untuk menghindari potensi gangguan tidur.

4 dari 4 halaman

4. Mungkin membuat Anda lebih cemas

Sebagian besar dari kita akrab dengan perasaan tidak bisa berhenti memeriksa ponsel kita secara kompulsif. Semua dering, peringatan, dan alarm dapat dengan mudah memengaruhi tingkat stres Anda dan membuat Anda merasa cemas. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menderita kecemasan sering mengalami kesulitan tidur, dan kurang tidur, pada gilirannya, dapat meningkatkan tingkat kecemasan Anda hingga 30%. Untuk memutus siklus kecemasan dan insomnia, coba matikan ponsel Anda sebelum tidur dan simpan di ruangan lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat