uefau17.com

Kunci Jantung Sehat, Makan Telur Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular hingga 60 Persen - Citizen6

, Jakarta Telur adalah salah satu fitur pokok dari diet banyak orang, dan tampaknya makan telur dapat memiliki dampak positif yang cukup besar pada kesehatan jantung.

Menurut penelitian, mengonsumsi antara satu hingga tiga telur per minggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) hingga 60 persen. CVD merujuk pada segala kondisi yang memengaruhi jantung atau pembuluh darah, dengan penyakit jantung koroner dan stroke di antara penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia.

Data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner dan stroke masih menduduki peringkat pertama dan kedua penyebab kematian utama di dunia. Adapun jumlah kematian akibat penyakit jantung ini secara global mencapai 18,6 juta orang setiap tahunnya.

Angka kematian tersebut diperkirakan akan terus meningkat menjadi 20,5 juta orang pada tahun 2020 dan 24,2 juta orang meninggal karena penyakit jantung pada tahun 2030. Namun seperti banyak kondisi medis lainnya, risiko penyakit kardiovaskular dapat diturunkan dengan melakukan gaya hidup sehat.

Melansir dari MIrror, NHS mengklaim bukti kuat yang menunjukkan kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), serangan jantung, dan stroke. Risiko kesehatan tambahan juga termasuk penyakit arteri perifer dan mini stroke.

"Terlalu banyak 'kolesterol jahat' dan zat lain dapat membentuk endapan (plak) yang menumpuk di arteri Anda. Ini akan meningkatkan risiko Anda terkena kondisi seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke," kata British Heart Foundation.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telur dapat menurunkan risiko penyakit kardovaskular

Diketahui secara luas, bahaya penyakit kardiovaskular bisa diminimalkan dengan mengurangi jumlah makanan berlemak yang Anda makan, sekaligus memperbanyak asupan buah dan sayur. Tapi yang kurang diketahui adalah bagaimana makan telur bisa memainkan peran penting dalam menangkal CVD.

Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, menemukan bahwa makan antara satu dan tiga butir telur seminggu 'tampaknya melindungi' dari penyakit-penyakit yang menyerang kardiovaskular.

Sebuah studi terhadap lebih dari 3.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang makan dalam jumlah ini 60 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular.

Sebanyak 3.042 pria dan wanita dari Yunani ikut serta dalam uji coba tersebut, mengisi survei tentang berapa banyak telur yang mereka makan per minggu, baik secara keseluruhan atau sebagai bagian dari resep.

 

 

3 dari 4 halaman

Hasil penelitian

Setelah satu dekade berlalu, 317 dari mereka telah mengalami CVD selama waktu itu. Orang yang makan satu atau lebih sedikit telur dalam seminggu memiliki tingkat kejadian CVD 18 persen.

Sedangkan orang yang mengonsumsi satu hingga empat butir telur seminggu memiliki tingkat kejadian sembilan persen, dengan mereka yang makan empat hingga tujuh butir seminggu delapan persen.

Studi ini menemukan peserta yang makan satu sampai tiga telur seminggu memiliki risiko 60 persen lebih rendah terkena CVD, dan mereka yang makan empat sampai tujuh memiliki risiko 75 persen lebih rendah.

Namun, jika mempertimbangkan potensi asupan asam lemak jenuh (SFA), disimpulkan bahwa makan satu hingga tiga butir telur seminggu lebih aman.

“Dalam kasus konsumsi SFA yang lebih tinggi, hanya satu hingga tiga butir telur seminggu tampaknya melindungi dari CVD.”

Penulis penelitian mengakui bagaimana perdebatan seputar telur dan kesehatan bisa menjadi 'kontroversial'.

“Telur tetap menjadi salah satu makanan yang paling 'kontroversial' karena asam lemak jenuhnya (3 g/100 g) dan kandungan kolesterol (370mg/100g) beserta komposisinya, yang kaya akan protein berkualitas tinggi, zat besi, larut dalam lemak. vitamin, mineral, dan karotenoid,” kata makalah itu.

 

4 dari 4 halaman

Harus diimbangi dengan diet sehat

Ia memperingatkan bahwa konsumsi telur harus diimbangi dengan diet sehat untuk melihat manfaatnya.

“Dalam konteks literatur yang agak kontradiktif, penelitian kami dengan sampel individu asal Mediterania menunjukkan bahwa telur bahkan mungkin memiliki peran protektif dalam timbulnya penyakit kardiovaskular, namun hanya dalam kasus kepatuhan terhadap pola diet sehat yang ditandai dengan rendahnya konsumsi asam lemak jenuh secara keseluruhan, ”katanya.

“Hal ini sejalan dengan temuan dari studi kohort yang dilaksanakan di Italia, di mana efek yang memberatkan dari peningkatan konsumsi telur terutama dimediasi oleh asupan kolesterol makanan secara keseluruhan.”

Studi tersebut menyimpulkan: “Tingkat konsumsi dua hingga empat telur seminggu adalah rekomendasi saat ini dari sebagian besar badan kesehatan dan pedoman internasional." Temuan yang disajikan di sini tampaknya secara keseluruhan sejalan dengan rekomendasi ini.

“Selain itu, penelitian kami—sejalan dengan literatur terbaru—menunjukkan peningkatan batas ini pada populasi orang dewasa yang mengikuti pola diet nabati dengan kandungan asam lemak jenuh rendah.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat