uefau17.com

4 Resolusi yang Perlu Kamu Buat Agar Hubungan Asmara Lebih Langgeng - Citizen6

, Jakarta Saat memasuki tahun baru, banyak dari kita sibuk membuat daftar semua hal yang ingin kita capai di tahun 2023 ini. Namun sebaiknya jangan membatasi perencanaan hanya pada tujuan pribadi. Kalley Hartman, LMFT, seorang terapis berlisensi dan direktur klinis di Ocean Recovery di Newport Beach, California, mengatakan kepada Best Life bahwa semua pasangan juga bisa mendapatkan keuntungan dari menciptakan resolusi untuk hubungan mereka.

"Bahkan jika Anda dan pasangan berada dalam hubungan yang sehat dan bahagia, selalu ada ruang untuk perbaikan," jelas Hartman.

Membuat resolusi hubungan memberi Anda dan orang tersayang Anda kesempatan untuk berbicara tentang apa yang Anda harapkan dari satu sama lain, menetapkan tujuan bersama, dan berbagi perasaan Anda, menurut Hartman. 

Akibatnya, hubungan Anda kemungkinan besar akan lebih tumbuh di tahun 2023. Berikut ini deretan resolusi yang bisa Anda buat untuk hubungan asmara Anda di tahun 2023 ini.

Fokus untuk menemukan sesuatu yang baru

Ada kata kunci yang harus Anda perhatikan saat membuat resolusi tahun baru yaitu kata "baru". "Kebaruan adalah bumbu yang didambakan hampir semua hubungan namun begitu banyak kekurangan," kata Dan Rosenfeld, seorang psikolog sosial, pakar kencan, dan pendiri The Match Lab.

Namun, seperti yang dijelaskan oleh Colleen Wenner, LMHC, pendiri dan direktur klinik New Heights Counseling, mudah bagi pasangan untuk terjebak dalam kebiasaan, terutama jika Anda dan pasangan Anda telah bersama cukup lama. Untuk mengatasi hal ini, Wenner mengatakan bahwa Anda berdua harus terbuka untuk mencoba sesuatu yang baru bersama di tahun baru.

"Baik itu restoran baru, hobi atau aktivitas baru, atau bahkan sekadar perubahan pemandangan, itu bisa membantu menjaga hubungan tetap segar dan menyenangkan," katanya. 

"Peluang baru ini membawa pasangan lebih dekat dan menciptakan hubungan yang lebih dalam. Ini memberikan istirahat yang sangat dibutuhkan dari rutinitas sehari-hari."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sisihkan lebih banyak waktu berkualitas bersama

Anda mungkin mendapat kesempatan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasangan Anda selama liburan, tetapi ketika tahun baru tiba, itu semakin sulit. Dengan mengingat hal itu, Anda harus sengaja menyisihkan waktu untuk pasangan Anda di tahun 2023, menurut Marley Howard, LMFT, seorang terapis berlisensi dengan pengalaman lebih dari 12 tahun.

"Menghabiskan waktu berkualitas sangat penting dalam hubungan apa pun," catat Howard. "Tetapkan tujuan untuk melakukan lebih banyak hal sebagai pasangan. Kalian berdua selalu dapat menemukan cara untuk menikmati kebersamaan satu sama lain, baik menyelesaikan tugas sehari-hari atau merayakan acara-acara khusus."

Namun jika menyangkut waktu berkualitas, harus ada penekanan pada kualitas. Kate MacLean, pakar kencan residen untuk aplikasi kencan Plenty of Fish, mengatakan Anda dan pasangan Anda harus berupaya membatasi waktu telepon saat Anda bersama agar waktu ini lebih efektif untuk hubungan Anda. 

"Melakukan upaya sadar untuk menyimpan ponsel Anda dan hadir bersama pasangan Anda adalah resolusi Tahun Baru yang bagus untuk pasangan. Nikmati waktu makan malam tanpa ponsel atau berlatih mengisi daya ponsel di luar kamar tidur," MacLean merekomendasikan. 

"Ini memberi Anda lebih banyak ruang untuk terhubung dan berbicara tanpa gangguan digital."

3 dari 4 halaman

Berkomitmen untuk melakukan percakapan yang lebih jujur

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk menciptakan kebiasaan komunikasi yang lebih baik dengan pasangan Anda, terutama karena itulah fondasi hubungan yang sehat dan kuat, menurut Neil Dutta, pakar hubungan dan direktur pengelola Angelic Diamonds. Dutta merekomendasikan untuk memfasilitasi percakapan yang terbuka dan jujur ​​dengan menyetel pengatur waktu seminggu sekali untuk mendengarkan pasangan Anda tanpa interupsi atau gangguan.

"Penting untuk menyisihkan waktu khusus untuk berbicara jujur ​​dan terbuka dengan pasangan Anda, dan secara aktif mendengarkan apa yang mereka katakan," jelasnya. "Ini akan membangun kepercayaan dan membantu pasangan Anda merasa lebih nyaman berbagi pikiran dan perasaan mereka."

Meningkatkan komunikasi juga dapat membantu Anda menjaga hubungan bebas dari kebencian yang dapat menyebabkannya berakhir, menurut Nancy Landrum, seorang pelatih hubungan dan pencipta Millionaire Marriage Club.

"Kebencian muncul dalam wadah perasaan tidak didengar atau perasaan disalahpahami," kata Landrum. "Buatlah niat untuk belajar bagaimana berbicara tentang apa pun tanpa berkelahi. Diskusi yang terampil adalah di mana Anda bergantian berbicara dan mendengarkan dengan hormat sampai Anda berdua mengatakan apa yang dibutuhkan dan didengar oleh pasangan Anda. Hanya diskusikan satu masalah pada satu waktu dan bergiliran berbicara dan mendengarkan tentang satu masalah itu sampai diselesaikan."

4 dari 4 halaman

Beri apresiasi secara rutin kepada pasangan

Sebagai bagian dari resolusi tahun baru Anda, Anda dan pasangan perlu membiasakan diri untuk memberikan penghargaan satu sama lain, kata Rosenfeld. Dia menambahkan, "Masing-masing dari Anda dapat melakukan ini secara santai dengan mengakui hal-hal kecil yang Anda lakukan untuk satu sama lain setiap hari, atau untuk lebih terstruktur tentang hal itu, lanjutkan dan buat daftar setidaknya tiga hal yang dikatakan pasangan Anda atau dilakukan untuk Anda yang telah membuat Anda merasa paling dicintai oleh mereka,kemudian bagikan daftar Anda dengan pasangan Anda." 

Faktanya, penelitian telah menemukan bahwa pasangan yang menunjukkan penghargaan dan rasa terima kasih satu sama lain secara teratur lebih puas dengan hubungan mereka, merasa lebih dekat satu sama lain, dan lebih mungkin untuk tetap bersama, menurut Dutta.

"Cobalah berbagi sesuatu yang sangat Anda hargai atau sukai tentang pasangan Anda di awal atau akhir hari," sarannya. "Atau, Anda berdua bisa membuat catatan tentang satu hal yang Anda syukuri setiap hari dan saling berbagi di akhir minggu."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat