uefau17.com

4 Tips Pindah Rumah Bawa Kucing Tanpa Bikin Anabul Kesayangan Stres - Citizen6

, Jakarta - Bagi yang memiliki kucing peliharaan mungkin sedikit kebingungan saat hendak pindah ke rumah baru. Sebab, tidak hanya perihal dia dan keluarganya, tapi nasib si anak bulu (anabul) lucu menggemaskan juga harus dipikirkan.

Seperti diketahui bahwa kucing akan stres dan sebagian besar kucing adalah makhluk sensitif yang tidak menyukai perubahan, jadi, bergerak adalah salah satu peristiwa paling menegangkan yang bisa mereka alami. Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan dan perilaku hewan peliharaan satu ini.

Melansir laman The Spruce, Rabu (14/12/22) berikut tips pindah rumah bawa kucing tanpa membuatnya stres kucing sebelum, selama, dan setelah pindah.

Sebelum Pindah

Kucing akan melihat perubahan saat kamu bersiap untuk bergerak dan mungkin menjadi stres bahkan sebelum kamu selesai berkemas. Ini dapat menyebabkan kucing bersembunyi atau melarikan diri.

Sehingga, pastikan kucing kamu dikurung di dalam ruangan selama satu atau dua minggu sebelum kamu pindah, bahkan jika biasanya dia memiliki akses untuk keluar. Pertimbangkan menjaga kucing kamu di dalam ruangan secara ketat demi keamanan.

Cobalah untuk tetap pada rutinitas normal seperti memberi makan kucing pada waktu yang biasa, simpan barang-barang kucing di tempat biasanya sampai beraktivitas, termasuk kotak pasir, mangkuk, dan alas garukan.

Adapun jika kucing menyukai kotak seperti kebanyakan kucing, kamu dapat membuat proses ini menyenangkan dengan meninggalkan kotak kosong untuk dimainkan kucing saat kamu berkemas.

Habiskan waktu ekstra untuk bermain dan menjalin ikatan dengan kucingmu. Hal ini dapat membantu mereka merasa percaya diri dan tenang saat memasuki hari pindahan.

Serta stres kucing mungkin berkurang selama perjalanan jika dia mengembangkan hubungan positif dengan pembawa atau pemiliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selama Pindah

Batasi kucingmu di sebuah ruangan di rumah saat kotak dan furnitur sedang dipindahkan. Ruangan tersebut harus berisi kotak kotoran, tempat tidur kucing, mangkuk makanan/air, mainan, dan alas garukan. 

Pastikan kucing harus 'dikurung' selama perjalanan, akan lebih baik jika di dalam kandang. Jika kucingmu terbiasa dengan tali kekang serta mentolerir naik mobil, kamu dapat menahannya dengan kursi mobil dan sabuk pengaman hewan peliharaan. 

Sebab, bantuan yang menenangkan ini bermanfaat untuk membantu kucing rileks selama perjalanan, terutama jika kamu memiliki perjalanan jauh atau kucing yang sangat stres di dalam mobil.

Dan kamu juga bisa tanyakan kepada dokter hewan tentang alat bantu penenang untuk kucing, seperti suplemen penenang alami, agar kamu mendapatkan rekomendasi resep obat penenang untuk kucing yang sangat cemas juga perjalanan jarak jauh.

3 dari 4 halaman

Setelah Pindah

Siapkan "ruang aman" di rumah baru yang berisi kotak pasir, tempat tidur kucing, alas garukan, mainan, dan mangkuk. Taruh satu atau dua kotak kosong di ruangan untuk bermain atau bersembunyi.

Aroma yang familiar dapat membantu menenangkan kucing kamu. Dengan meletakkan beberapa pakaianmu sendiri di ruangan agar aroma kamu tetap dekat atau bisa juga selimut atau handuk dengan aroma rumah tua.

Pastikan ruangan aman dan tidak memberikan akses ke ruang merangkak atau celah lain tempat kucing dapat melarikan diri atau terjebak.

Perlu kamu tahu bahwa kucing perlu waktu untuk terbiasa dengan rumah barunya. Ini bisa memakan waktu berhari-hari tergantung pada kucingnya. Biarkan kucing menjelajah dan jangan paksakan untuk terus berada di dalam ruangan, karena beberapa kucing akan sangat ingin menjelajah.

Adapun feromon penenang kucing seperti Feliway dapat membantu kucing kamu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Dengan menaruh diffuser feromon di dalam ruangan atau semprotkan tempat tidur dengan feromon akan mengirimkan sinyal menenangkan pada kucing dan dapat membantu mengurangi stres.

 

4 dari 4 halaman

Menyesuaikan Diri Dengan Rumah Baru

Membiarkan kucing menjelajahi area lain di rumah. Mungkin Kucing  tampak penasaran dengan apa yang ada di balik pintu. Biarkan kucing secara bertahap menemukan rumah barunya.

Jika memungkinkan, perkenalkan satu-satu kamar tambahan sekaligus blokir area tempat kamu tidak ingin kucing memasukinya.

Jika kucing kamu berlari dan bersembunyi, biarkan dia tetap bersembunyi selama itu adalah tempat yang aman. Sebab, setiap kucing menyesuaikan dengan kecepatan yang berbeda.

Perlu kesabaran untuk menyesuaikan kucing dengan rumah baru. Namun, apabila kucingmu masih mengalami stres berat setelah beberapa minggu, kamu dapat minta saran perilaku dari dokter hewan atau cari ahli perilaku kucing.

Dan, kamu berencana membiarkan kucing keluar rumah, hal pertama adalah pastikan tidak ada tanaman beracun di halaman belakang. Serta, pastikan kalung pengenal kucingmu telah diperbarui misalkan informasi alamat rumahmu saat ini dan tidak lupa kontakmu juga.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat