uefau17.com

8 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek, Yuk Dicoba - Citizen6

, Jakarta Seringkali kita merasa tidak percaya diri jika rambut tidak on point. Banyak permasalahan rambut yang kerap terjadi, salah satunya rambut lepek.

Memang sangat mengganggu jika rambut kita terlihat kusam dan lepek di tengah menjalani aktivitas sehari-hari.

Dilansir melalui Lovedbycurls, pada Selasa (29/11/2022), banyak beragam sifat yang bisa digunakan untuk menggambarkan rambut lepek, antara lain rambut lurus dengan helaian yang tipis, tidak memiliki volume, dan tidak bernyawa.

Pasalnya, standar rambut yang sehat itu meliputi rambut yang tebal, mengembang, dan berkilau. Perlu diingat, rambut lurus tidak bisa disamakan dengan rambut tipis.

Secara umum, orang dengan tipe rambut seperti ini memiliki lebih banyak helai rambut daripada orang yang memiliki tekstur rambut lainnya. Setiap helai rambut membutuhkan lebih banyak ruang. Mengapa demikian? Karena setiap rambut memiliki kelenjar minyaknya masing-masing.

Dengan kata lain, semakin banyak rambut yang kalian miliki, maka semakin banyak juga minyak yang dihasilkan dari kulit kepala kalian, sehingga dapat membebani rambut.

Disimpulkan dari berbagai sumber resmi, berikut ada beberapa tips cara mengatasi rambut lepek, antara lain:

1. Penggunaan kondisioner yang tepat

Sangat tidak disarankan jika meletakkan kondisioner di atas kulit kepala kalian, karena hal tersebut meningkatkan humektan (zat higroskopis yang digunakan untuk menjaga kelembaban).

Tetap menggunakan kondisioner pada bagian tengah dan ujung rambut saja.

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berhenti Memegang Rambut

Apakah kalian pernah secara tidak sadar sedang memainkan rambut ketika bosan atau berkonsentrasi? Ya, kalian tidak sendiri. Namun, ternyata hal tersebut dapat membuat rambut kita lepek.

Mengapa demikian? Karena tangan kita menghasilkan minyak, jadi setiap kali kalian menyentuh rambut, maka membuatnya semakin berminyak.

3. Catok bagian akar rambut

Ini adalah salah satu tips untuk mendapatkan rambut bervolume dengan instan. Catok rambut bagian akar dengan ke arah atas atau berlawanan dari arah tumbuh rambut. Kemudian, gunakan jenis sisir blow untuk merapikannya dan menambahkan sedikit volume.

4. Rutin memijat kulit kepala

Pijat kepala atau kulit kepala yang baik tidak hanya membantu kalian untuk melepaskan stres, tetapi juga cara yang bagus untuk mengangkat akar rambut yang lepek.

Dengan memijat kulit kepala yang digelumuri sampo atau masker rambut, maka kalian dapat memastikan rambut bebas dari sisa-sisa produk tersebut.

3 dari 4 halaman

5. Taburkan Bedak Bayi

Tips and trick ini sempat populer di berbagai media sosial karena banyak digunakan oleh beauty influencer.

Tips ini bisa digunakan ketika keadaan darurat ketika sedang berada di luar rumah. Diketahui, formula dari bedak bayi ini cenderung aman, dan hampir tidak ada efek samping dalam penggunaannya.

Namun, perlu diingat kembali, bedak bayi hanyalah produk alternatif yang sama halnya dengan dry shampoo. Jangan gunakan setiap hari hanya karena kamu malas keramas. Penumpukan kotoran justru bisa membuat masalah di kemudian hari.

6. Keringkan rambut secara terbalik

Setelah keramas, pasti kita tidak sabar menunggu untuk rambut cepat kering. Ternyata, cara menggunakan alat pengering rambut yang berbeda bisa mengatasi rambut lepek.

Ketika rambut masih lembab, kalian cukup balikkan rambut dan gunakan pengering rambut dengan rambut tergerai ke depan. Kemudian, sisir rambut kalian dengan lembut ke arah bawah.

4 dari 4 halaman

7. Ganti Gaya Rambut

Untuk mengatasi rambut lepek, gaya rambut yang tepat adalah kunci dari semuanya. Karena, jika semakin panjang rambut kita, maka semakin berat dan membebani rambut dari akarnya.

Memilih gaya rambut pendek (idealnya sebahu) adalah potongan yang signifikan dapat mengurani permasalahan rambut lepek, karena rambut akan lebih ringan.

Selain itu, jika kalian tidak suka dengan rambut pendek. Kalian bisa mengganti belahan rambut dari sisi sebelahnya. Misalnya, akar rambut yang selama ini turun pada bagian kanan, kini akan terangkat dan memberi volume sehingga minyak pun tersamarkan.

8. Gunakan handuk microfiber

Menggunakan handuk yang tepat ternyata bisa mengurangi rambut lepek. Biasanya kita sering menggunakan handuk badan berbahan katun sekaligus untuk menyelimuti rambut setelah keramas.

Pasalnya, handuk katun menyebabkan gesekan dan lebih rentan merusak untaian rambut sehingga menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, gunakan handuk microfiber yang dipercaya memiliki daya serap yang baik dan tahan terhadap bakteri.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat