uefau17.com

Kenapa Warna Pink Identik dengan Wanita, Berikut Sejarahnya - Citizen6

, Jakarta - Pink atau merah jambu merupakan salah satu warna yang identik dengan perempuan. Kenapa warna pink identik dengan perempuan? Lantaran warna pink dilambangkan dengan feminin, kalem, baik hati, dan tenang. 

Semua sifat dari karakteristik itu mayoritas terdapat pada wanita. Sehingga tidak mengherankan warna pink identik dengan wanita.

Sementara biru kerap diidentikan ke kaum laki-laki. Biru dinilai sebagai warna yang melambangkan ketegasan, keras, dan sopan. Semua itu ada di Kaum Adam. 

Maka tidak mengherankan ketika pasangan suami-istri ingin mengumumkan jenis kelamin bayi yang ada di kandungan, akan menggunakan warna-warna itu di atribut pestanya.

Warna biru berarti calon anaknya adalah laki-laki, dan pink menandakan jabang bayi yang akan lahir adalah anak perempuan. 

Dilansir Britannica pada Selasa, 8 November 2022, warna-warna pastel untuk pakaian bayi --- termasuk biru dan warna pink --- diperkenalkan pada pertengahan abad ke-19. Hanya saja warna tersebut tidak dijadikan sebagai penanda jenis kelamin, hingga abad ke-20.

Sejarawan Jo B Paoletti menjelaskan bahwa dulu sebelum warna pastel populer untuk bayi, kebanyakan orangtua memakaikan anak-anaknya baju atau gaun warna putih sampai si Kecil berusia enam.

Alasannya sederhana, karena dinilai praktis. Menurut Jo, kain putih dapat dengan mudah diputihkan dan dengan mengenakan gaun ke anak perempuan, lebih memudahkan orangtua untuk mengganti popoknya.

Singkat cerita, warna-warna pastel mendadak menjadi tren bagi bayi. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah pastel ini tidak dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu.

Jo, menyebut, baik anak laki-laki maupun perempuan mengenakan beragam warna pastel, termasuk biru dan warna pink.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Singkat Kenapa Warna Pink Identik dengan Wanita

Menurut Jo, pada awal abad ke-20, beberapa toko mulai menyarankan warna yang 'sesuai dengan jenis kelamin'.

Pada 1918, publikasi perdagangan Earnshaw's Infants' Department mengklaim bahwa 'aturan yang diterima secara umum adalah warna pink untuk anak laki-laki, dan biru untuk anak perempuan'. 

Alasannya adalah pink menjadi warna yang lebih tegas dan kuat, lebih cocok untuk anak laki-laki. Sedangkan biru, yang lebih halus dan menggemaskan lebih pantas untuk anak perempuan. Nah loh, kok kebalik?

Selain itu, Time edisi 1927 mencatat bahwa toko serba ada (department store) skala besar di Boston, Chicago, dan New York menyarankan warna pink untuk anak laki-laki.

Namun, kata Jo, tren warna merah muda untuk anak laki-laki ini tidak sebesar 'warna jenis kelamin' yang ada saat ini.

Lebih lanjut Jo, menjelaskan, baby boomer di tahun 1940-an adalah yang pertama mengenakan pakaian khusus jenis kelamin yang dikenal orang Amerika saat ini. Anak laki-laki dan perempuan berpakaian seperti laki-laki dan perempuan mini, bukannya seragam dalam pakaian anak-anak.

'Pergantian identitas' mendadak berubah di tahun ini. Warna merah jambi menjadi warna anak perempuan, dan biru menjadi warna anak laki-laki.

Namun, tren pakaian anak-anak ini menurun pada pertengahan 1960-an dan 1970-an karena gerakan pembebasan perempuan.

Orang-orang yang mengambil bagian dalam gerakan ini berpikir bahwa mendandani gadis-gadis muda dengan pakaian feminin atau stereotip 'perempuan' akan membatasi kesempatan gadis-gadis itu untuk sukses, dan banyak orang tua mulai menyukai warna dan mode netral.

Hanya saja hal itu tidak berlangsung lama karena pada 1980-an, pakaian anak-anak yang berorientasi gender telah kembali menjadi mode yang sangat kuat.

 

3 dari 3 halaman

Fakta Warna Pink

Berikut 19 fakta tentang warna pink dilansir The Fact Site:

1. Warna pink melambangkan kegembiraan dan kebahagiaan.

2. Minggu ketiga adven (masa menjelang Natal) dikatakan berwarna merah jambu menurut agama Kristen.

3. Pewarna yang digunakan untuk menyiapkan warna ini dikenal sebagai akar Madder. Akar ini digunakan untuk menghasilkan semua warna yang berkaitan dengan warna merah jambu.

4. Warna pink juga selalu dikaitkan dengan wanita.

5. Warna pink dikaitkan dengan hari kedua dalam seminggu menurut Kalender Solar Thai.

6. Pita warna merah jambu digunakan untuk menunjukkan dukungan untuk Kesadaran Kanker Payudara.

7. Warna pink dianggap sebagai warna yang paling halus.

8. Slip merah jambu (nota) digunakan sebagai semacam pemberitahuan informal yang diberikan kepada karyawan ketika dia diberhentikan.

9. Warna pink juga disebut sebagai, "warna cinta" dan banyak digunakan pada Hari Valentine.

10. Nama merah jambu diberikan untuk warna ini pada akhir abad ke-17.

11. Warna ini juga telah digunakan pada dinding penjara untuk mengurangi perilaku narapidana yang tidak menentu.

12. Kota Jaipur di India dikenal sebagai "Kota merah jambu" karena berbagai situs warisan yang dibangun menggunakan warna merah jambu.

13. Orang-orang di Cina tidak menyadari warna ini sampai mereka berinteraksi dengan budaya barat.

14. Dipercayai bahwa kue-kue terasa lebih enak di kotak dan piring merah jambu.

15. Banyak merek terkenal di dunia dikaitkan dengan warna pink dengan memasukkannya ke dalam logo mereka.

16. Warna pink sering digunakan untuk orang yang berhati ringan.

17. Warna pink dikenal dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah seseorang.

18. Warna pink juga memiliki efek penenang pada pikiran.I

19. Warna pink adalah warna yang paling diberikan untuk mengirim bunga kepada seseorang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat