uefau17.com

7 Fakta Unik Itaweon, Tempat Populer yang Berubah Jadi Lokasi Tragedi Halloween - Citizen6

, Jakarta - Itaewon merupakan salah satu distrik di Seoul, Korea Selatan yang memiliki banyak tempat hiburan dan rekreasi. Setelah berita mengejutkan yang terjadi di tempat ini, Itaewon masih menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi karena telah ditetapkan sebagai zona wisata khusus pertama di Seoul sejak tahun 1997.

Dilansir Newsdelivers.com, setelah kasus mengejutkan yang terjadi pada Sabtu (29/10/2022) malam, Itaewon menjadi tempat yang berkesan karena kematian yang menimpa remaja dan dewasa saat acara Halloween.

Perayaan Halloween yang digelar di Itaewon, Seoul, pada Sabtu (29/10) malam berujung petaka. Sebanyak lebih dari 150 orang meninggal dunia dalam insiden tersebut usai terinjak-injak pengunjung lainnya.

Diduga kematian tersebut disebabkan oleh kerumunan warga Korea yang memadati acara Halloween setelah tiga tahun terhambat oleh pandemi. Tragedi Itaewon jelas mengejutkan warga Korea dan negara lain, karena tempat terjadinya tragedi ini merupakan tempat yang cukup terkenal di Korea.

Terlepas dari tragedi Itaewon yang baru saja terjadi kemarin, distrik yang terletak di Yongsan-gu, sebelah utara Sungai Han dan selatan Myeong-dong ini masih layak dikunjungi karena Itaewon memang merupakan tempat hiburan terkenal di negeri ginseng.

Berikut ini fakta-fakta kota Itaewon:

1. Zona Wisata Khusus Pertama di Seoul

Itaewon adalah zona wisata khusus pertama di Seoul yang ditetapkan pada tahun 1997. Dihuni lebih dari 20 ribu orang asing, Itaewon merupakan tempat yang dikenal cukup multikultural.

Pada tahun 1980-an, nama Itaewon kian menggema ke seluruh dunia ketika Korea menjadi tuan rumah Asian Games Seoul 1986 dan Seoul 1988. Digelarnya beberapa konferensi internasional membuat nama Itaewon pun kian populer.

Seiring berjalannya waktu, Itaewon menjadi destinasi wisata belanja dan hiburan bagi traveler. Setiap harinya, kawasan ini hampir selalu dipadati turis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta-fakta Kota Itaewon

2. Terkenal dengan bar dan club

Terletak di pusat kota Seoul, Itaewon merupakan salah satu kawasan paling terkenal di Korea Selatan. Itaewon sudah lama populer sebagai salah satu pusat hiburan malam di Seoul.

Itaewon dikenal sebagai tempat nongkrong turis mancanegara. Banyak cafe, bar, club, pusat perbelanjaan, hingga restoran.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan banyak spot foto estetik di sini. Belum lagi, lokasinya yang dekat dengan beberapa tempat wisata membuat Itaewon menjadi salah satu tempat favorit anak muda.

Beberapa tempat wisata yang berada tak jauh dari tempat ini seperti Namsan Tower, Samsung Museum of Art, dan War Memorial of Korea. Tak hanya itu, Itaewon juga sering menggelar festival tahunan yang seru, salah satunya Itaewon Global Village Festival yang diadakan setiap Oktober.

3. Punya 2 Ribu Toko

Memiliki 2 ribu toko yang berjejer, Itaewon merupakan destinasi wisata belanja yang tepat bagi traveler. Menariknya, dari ribuan toko tersebut kamu juga bisa menemukan 100 toko barang antik yang berjejer di satu jalan yaitu Antique Furniture Street.

Mulanya toko-toko ini hanya menawarkan furnitur bekas Angkatan Darat Amerika Serikat yang bertugas di Pangkalan Militer AS Yongsan Garrison. Tetapi, saat ini ada banyak toko-toko yang menjual beragam barang furnitur antik dari seluruh dunia.

Selain barang antik, di sini kamu juga bisa menemukan beragam produk berbahan kulit seperti dompet, jaket, dan lain sebagainya serta suvenir tradisional Korea.

Meski jadi destinasi wisata belanja, kamu harus hati-hati ketika berbelanja di Itaewon, ya. Itu dikarenakan kabarnya tempat ini juga dipenuhi dengan beragam barang tiruan yang umumnya dijual di dalam gang-gang Itaewon.

3 dari 4 halaman

Fakta-fakta Kota Itaewon

4. Cocok untuk Wisatawan Muslim

Selain dipenuhi tempat hiburan, Itaewon juga dikenal sebagai kawasan muslim di Korea Selatan. Kebanyakan umat Muslim yang tinggal di sini adalah mereka yang datang dari Timur Tengah, Malaysia, bahkan juga Indonesia.

Pemandangan wanita bercadar keluar masuk restoran halal juga bukan pemandangan yang asing lagi. Masjid Itaewon bahkan menjadi masjid terbesar dan pertama di Seoul.

Di sekitar Seoul Central Mosque turis juga bisa menjumpai banyak restoran halal yang bisa ditemui di sepanjang jalan. Pemiliknya berasal dari Timur Tengah atau negara Islam lainnya.

Setidaknya terdapat 130 restoran halal yang tersebar di Seoul dan paling banyak berada di Itaewon. Namun, baru ada 13 restoran dan 7 di antaranya yang mendapat sertifikasi halal dari Federasi Muslim Korea.

5. Area yang Dipenuhi dengan Gang-gang Kecil

Kawasan Itaewon merupakan salah satu kawasan yang dipenuhi dengan gang-gang kecil yang dipenuhi berbagai restoran, kafe, tempat belanja, dan klub malam. 

Oleh karena itu, Itaewon ditetapkan sebagai zona wisata khusus pertama di Seoul sejak 1997.

4 dari 4 halaman

Fakta-fakta Kota Itaewon

6. Pernah Diangkat ke Serial Televisi Korea

Itaewon juga pernah diangkat ke dalam serial televisi Korea. Film dengan judul yang hampir sama dengan namanya, yakni Itaewon Class, sukses merajai K-Drama.

Drama yang dibintangi Park Seo Joon dan Kim Da Mi ini kokoh di jajaran atas dengan rating tinggi dan menjadi salah satu drama terpopuler di 2020.

Sesuai namanya, Itaewon dipilih sebagai lokasi syuting drama tersebut. Itaewon sendiri merupakan sebuah pemukiman yang terletak di Seoul, Korea Selatan, tepatnya di distrik Yongsan-gu.

Selain alur ceritanya yang menarik, lokasi syuting drama ini juga berhasil mencuri perhatian. Beberapa spot populer yang bisa kamu kunjungi, seperti Noksapyeong Bridge, dan restoran Undukjib.

7. Pusat pesta Halloween di Korsel

Tragedi dalam pesta Halloween yang menewaskan ratusan orang kemarin, adalah pesta Hallloween pertama yang digelar kembali pasca adanya pandemi Covid.

Jadi warga Korea tentunya sudah lama sekali tidak merayakan kegiatan tersebut jadi tidak heran jika pada tahun ini semua orang ingin merayakannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat