uefau17.com

Manfaat Tidur 8 Jam Sehari Bagi Kesehatan Tubuh - Citizen6

, Jakarta - Ketika Anda mulai menguap di sore hari, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda hanya bosan, atau rutinitas tidur Anda kurang. Tahukah Anda bahwa tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada suasana hati dan produktivitas Anda?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tidak mendapatkan jumlah waktu yang cukup untuk tidur bahkan dapat menempatkan Anda pada risiko lebih besar mengalami kecelakaan mobil.

Maka sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup secara teratur. Tidur juga harus berkualitas baik.

Apakah Anda sering mendengkur atau kesulitan bernapas saat tidur? Jika Anda berpikir dan merasa bahwa Anda mungkin memiliki gangguan tidur, penting untuk berbicara dengan dokter. Setiap tantangan yang Anda miliki dengan mendapatkan tidur yang baik mungkin dapat diperbaiki.

Mengutip Eat This, Not That, Senin (24/10/2022), Dr. Mike Bohl, MD, MPH, ALM, Direktur Konten & Pendidikan Medis di Ro, mengungkapkan apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda tidur delapan jam setiap hari.

Dr. Bohl menekankan bahwa tidur nyenyak sangat penting, karena memiliki dampak besar pada kesehatan mental dan fisik Anda. Berikut beberapa manfaat tidur yang cukup menurut penjelasan Dr. Bohl. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Tidur yang Cukup

Dr. Bohl mengatakan agak aneh bahwa sebagai manusia, kita menghabiskan sebagian besar hidup kita untuk tidur, tepatnya sepertiga. Karena itu, kesehatan fisik dan mental Anda bergantung pada tidur yang nyenyak.

Saat Anda tertidur, otak Anda tetap cukup aktif, dan beberapa hal bermanfaat terjadi. "Pertama, otak Anda mampu membersihkan racun yang menumpuk sepanjang hari saat Anda terjaga," ucap dr Bohl.

"Kedua, tidur memberi waktu pada otak Anda untuk memproses ingatan, mengubah ingatan jangka pendek. ingatan menjadi ingatan jangka panjang dan membuang ingatan yang tidak dibutuhkan. Ketiga, sel-sel otak memiliki kesempatan untuk mengatur ulang diri mereka sendiri selama tidur,” tambahnya.

Semua hal ini berkontribusi untuk meremajakan tubuh Anda dan membantu mempercepat proses pemulihan. Tidur yang cukup juga mempersiapkan otak Anda untuk membuat keputusan, berkonsentrasi dengan baik, dan menyerap info baru keesokan harinya.

"Hormon tertentu dilepaskan saat Anda tidur, dan fungsi seperti perbaikan jaringan dan perbaikan otot terjadi dalam semalam," kata dr. Bohl.

3 dari 4 halaman

Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Tidur 8 Jam Setiap Hari

Jika Anda bisa tidur nyenyak selama delapan jam setiap malam, Anda berhak mendapat pujian! Hal itu akan membantu Anda memaksimalkan manfaat luar biasa dengan istirahat yang baik.

Ketajaman mental Anda akan meningkat pada hari berikutnya, dan tubuh Anda akan memiliki jumlah waktu yang diperlukan untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

Dr. Bohl menjelaskan, "Meskipun biasanya dinyatakan bahwa setiap orang harus tidur delapan jam per malam, kebutuhan tidur sebenarnya bergantung pada usia Anda. Secara umum, semakin tua Anda, semakin sedikit tidur yang Anda butuhkan. “

Misalnya, bayi membutuhkan 12 hingga 15 jam tidur per malam, anak-anak membutuhkan 9 hingga 11 jam per malam, dewasa muda dan dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam per malam, dan orang dewasa yang lebih tua membutuhkan 7 hingga 8 jam per malam.

Waktu setiap orang untuk mengisi ulang bervariasi. Sangat penting untuk memperhatikan kebutuhan tubuh Anda sendiri.

Misalnya, jika Anda merasa lelah setelah tidur nyenyak selama delapan jam, Anda jelas tidak cukup istirahat. Beberapa orang kelelahan saat akhir pekan, yang bisa berarti mereka tidak cukup tidur selama seminggu. 

4 dari 4 halaman

Kerugian dari Kurang Tidur

Jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur malam yang baik, pikiran dan tubuh Anda mungkin tidak berfungsi dengan kemampuan terbaiknya.

Menurut Dr. Bohl, "Tidur sangat penting untuk kehidupan, dalam penelitian, ketika hewan kurang tidur, mereka mati."

Jika Anda kurang tidur, Anda bisa merasa lelah, sulit berkonsentrasi, dan mengalami penurunan waktu reaksi.

Selain itu, kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, yang membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Jika masalah tidur Anda kronis, Anda bisa terkena penyakit jantung, obesitas, diabetes, atau depresi.

Cara meningkatkan kualitas tidur

Untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, pastikan Anda berolahraga setiap hari. CDC berbagi bahwa melatih otot Anda dapat mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur dengan mudah.

Pastikan kamar tidur Anda juga siap untuk istirahat malam yang nyenyak. Ciptakan ruangan yang gelap, nyaman, dan tenang atau pertimbangkan untuk membeli masker mata berbahan sutra yang nyaman untuk menghalangi cahaya.

Rutinitas malam hari bisa sangat membantu. Cobalah untuk memiliki waktu tidur tetap dan bangun yang konsisten, tujuh hari seminggu.

Ada juga beberapa hal yang harus Anda hindari sebelum memukul seprai. Pastikan Anda menghilangkan tembakau, kafein, makanan besar, minuman beralkohol, dan barang elektronik apa pun termasuk ponsel, laptop, dan bahkan menonton acara TV favorit Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat