uefau17.com

Meninggal di Usia 96 Tahun, Ini Fakta-Fakta Menarik Tentang Ratu Elizabeth II - Citizen6

, Jakarta - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (9/9/2022). Ia tutup usia pada usia 96 tahun. Pengumuman kematiannya diberikan Istana Buckingham Jumat tengah malam waktu Indonesia.

Istana Buckingham terlebih dulu memberikan pernyataan tentang kesehatannya Kamis pagi. Dokter mengatakan khawatir akan kesehatan Ratu.

"Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan telah merekomendasikan dia tetap di bawah pengawasan medis," kata pengumuman itu.

Ia sendiri kala itu diketahui berada di Kastil Balmoral, Skotlandia. Namun tak ada detil lagi soal penyakit pemimpin 15 kerajaan itu. Sesaat setelah pengumuman, perlahan-lahan seluruh anak dan cucu Ratu Elizabeth datang ke Balmoral. Termasuk di antaranya Pangeran Charles dan istrinya Camilla serta Pangeran William.

Pangeran Harry, putra kedua Charles, juga hadir dari Amerika Serikat (AS). Namun tak tampak istrinya Meghan Markle. Diketahui Royal Air Force KRF23R juga melakukan penerbangan. Pesawat yang membawa rombongan kerajaan itu mendarat di bandara Aberdeen. 

Istana Buckingham sendiri mengumumkan kematian Elizabeth di Twitter. Ini sekitar 18.30 waktu setempat.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," cuit pengumuman itu.

Ia tutup usia di umur 96 tahun. Sebelumnya suaminya Pangeran Phillips meninggal 2021 lalu. Setelah wafatnya Ratu Elizabeth II maka anak sulungnya, Pangeran Charles yang akan naik takhta sebagai Raja Inggris. Semasa hidupnya Ratu Elizabeth telah melakukan berbagai hal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Unik Ratu Elizabeth

Berikut beberapa fakta menarik mengenai Ratu Elizabeth II :

1. Menjadi ratu pada usia muda

Raja George VI meninggal pada 6 Februari 1952 di usianya ke-56. Setelah itu, Ratu Elizabeth II menggantikan posisinya pada usia 25 tahun. Ratu Elizabeth II dimahkotai di Westminster Abbey di pusat kota London pada 2 Juni 1953.

2. Menjadi kepala tujuh Negara

Di usia 25 tahun, Ratu Elizabeth II menjadi ratu dari tujuh negara Persemakmuran yang merdeka, di antaranya Inggris Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Ceylon (sekarang dikenal sebagai Sri Lanka).

3. Tidak dilahirkan di istana

Rupanya Ratu Elizabeth II tidak dilahirkan di istana kerajaan. Sebagai anak pertama dari Duke dan Duchess of York, Ratu Elizabeth II dilahirkan di sebuah townhouse di London milik kakek dan nenek pihak ibu Skotlandia, Earl dan Countess of Strathmore pada 21 April 1926.

3 dari 4 halaman

Pemimpin Inggris Terlama

4. Bersekolah di rumah

Ratu Elizabeth II tidak menempuh pendidikan secara umum. Ia bersekolah di rumah bersama saudaranya, Putri Margareth yang lahir pada 1930. Pelajaran yang ditekuni keduanya lebih mengarah pada sejarah, bahasa, sastra, dan musik dengan pengawasan sang ibu dan pengasuh.

5. Tuan Rumah yang Baik

Dia sudah menjadi tuan rumah profesional selama bertahun-tahun, tidak mengherankan mendengar Ratu bisa mengadakan pesta yang fantastis. Suami dari perancang busana Carolina Herrera, Reinaldo telah bersahabat dengan keluarga Kerajaan Inggris selama bertahun-tahun dan berbicara tentang bagaimana Ratu selalu membuat orang merasa nyaman di acara yang dia selenggarakan.

"Dia suka menerima tamu, dan tahu bagaimana membuat orang merasa nyaman. Di Istana Buckingham, dia berdiri di puncak tangga, menyambut semua orang. Dia pandai mencampur teman lama dan baru. Sang Ratu suka menari mengikuti lagu favoritnya oleh Lester Lanin, yang orkestranya dimainkan di beberapa pestanya."

6. Pemimpin Inggris terlama

Setelah sebelumnya dipegang Ratu Victoria yang memerintah selama 64 tahun, Ratu Elizabeth II melampaui hal itu. Ia memerintah Inggris selama 70 tahun tujuh bulan dan menjadi raja terlama yang memimpin.

4 dari 4 halaman

Kepala Dari 54 Negara Persemakmuran

7. Pemimpin yang paling sering berpergian

Ratu Elizabeth II tercatat sebagai kepala negara yang paling sering berpergian. Tercatat ia telah mengunjungi lebih dari 120 negara di enam benua di dunia. Di luar Inggris, Kanada menjadi negara yang paling sering didatanginya.

8. Profesional dan siap

Sir Kenneth Scott, yang menjadi sekretaris pribadinya selama 10 tahun, telah berbicara tentang betapa seriusnya Elizabeth dalam menjalankan pekerjaannya. Sementara itu, mantan koresponden kerajaan BBC Jennie Bond menawarkan pandangan berbeda tentang Ratu sebelum dia melangkah ke arena publik.

"Sang Ratu hendak masuk ke resepsi acara di Istana Buckingham ketika di balik pintu yang tertutup, dia mengeluarkan lipstik dari tasnya, menyentuh bibirnya tanpa menggunakan cermin dan kemudian mengangguk agar pintu dibuka. Bertugas dan siap beraksi! "

9. Raja Inggris pertama yang mengunjungi Republik Irlandia

Pada 2011, Ratu Elizabeth II tercatat sebagai pemimpin Inggris pertama yang mengunjungi Republik Irlandia. Itu menjadi kunjungan pertama setelah negara tersebut menyatakan kemerdekaan pada 1922.

10. Kepala dari 54 negara Persemakmuran

Kepala Persemakmuran pertama kali sebelumnya dipegang sang ayah Raja George VI. Setelah meninggal, Ratu Elizabeth menjadi kepala dari 54 negara Persemakmuran tersebut.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat