uefau17.com

Ini 8 Cara Melindungi Diri Anda Saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online - Citizen6

, Jakarta Menurut statistik terbaru, sekitar 323 juta orang di seluruh dunia menggunakan aplikasi kencan online dari ponsel mereka. Dan pendapatan aplikasi kencan telah mengalami peningkatan yang luar biasa sejak 2015, mencapai US $5,61 miliar pada tahun 2021.

Ini menunjukkan betapa banyak orang yang mencoba menemukan cinta melalui ponsel mereka, karena interaksi sosial tampaknya lebih sulit untuk dilakukan saat ini.

Berikut ini beberapa tips agar Anda aman saat berinteraksi dengan orang asing secara online yang dapat Anda lakukan. Dihimpun dari Brightside, ini dia.

1. Lakukan pemeriksaan latar belakang cepat

Di aplikasi kencan, ada banyak orang yang membuat profil palsu dengan gambar yang bahkan bukan miliknya. Hal pertama yang harus dilakukan jika gambar tampak terlalu sempurna adalah Googling dan melakukan pencarian terbalik.

Dengan cara ini, Anda akan dapat memeriksa dari mana gambar itu berasal. Cara lain Anda dapat melindungi diri sendiri adalah dengan memasukkan nama mereka di bilah pencarian.

Tentu saja, ini berguna ketika Anda telah berbicara dengan orang lain selama beberapa waktu, dan mereka telah memberi Anda nama lengkap mereka. Jika mereka memiliki catatan kriminal, misalnya, itu bisa muncul di hasil pencarian Anda.

2. Hindari profil yang mencurigakan

Beberapa profil memiliki 0 atau hanya 1 gambar dan sangat sedikit, jika ada, informasi tentangnya. Mereka juga tidak memiliki akun media sosial yang ditautkan dan tidak memiliki hobi dan suka yang dipilih.

Ini sangat mencurigakan bagi orang-orang yang menggunakan aplikasi kencan, dan Anda harus memperlakukan akun tersebut dengan hati-hati. Yang terbaik adalah tidak berinteraksi sama sekali dengan mereka, dan bahkan memblokir mereka jika ada sesuatu yang benar-benar salah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Cari tahu informasi teman kencan Anda di media sosial

Jika Anda telah mencari foto mereka secara online dan profil media sosial mereka muncul, Anda dapat melakukan sedikit penggalian. Ya, orang itu mungkin nyata, tetapi mereka mungkin juga memancing Anda dan orang lain di aplikasi kencan.

Misalnya, mereka mungkin mengatakan bahwa mereka sangat atletis dan selalu berolahraga. Namun, jika media sosial mereka tidak memiliki foto mereka sedang berolahraga, kemungkinan besar mereka telah membohongi Anda.

Alasan di balik ini adalah bahwa mereka ingin membangun diri mereka sendiri untuk mendapatkan kepercayaan Anda. Mereka ingin mengetahui banyak informasi pribadi Anda dan bahkan mungkin mengekspos Anda ke spyware melalui tautan yang mereka kirimkan kepada Anda.

Dengan cara ini, mereka dapat mengetahui detail kartu Anda dan bahkan mungkin mencuri identitas Anda.

 

3 dari 5 halaman

4. Jangan bagikan terlalu banyak detail dari awal

Mengenal satu sama lain sebelum bertemu langsung itu penting, tetapi itu tidak berarti Anda harus mengungkapkan detail pribadi Anda. Misalnya, jangan ungkapkan alamat rumah atau tempat kerja Anda, dan pastikan nomor telepon Anda tidak online di situs web apa pun, seperti LinkedIn.

Anda juga harus melindungi alamat email Anda, karena seseorang dapat mengaksesnya dan mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan bisnis Anda.

5. Jangan memberikan bantuan keuangan apa pun

Penipuan asmara sedang meningkat, dan dari 2019 hingga 2020, lebih dari US $304 juta dicuri dari para korban. Dalam kasus ini, pelaku yang diduga meminta uang karena mereka sangat membutuhkan dan bersumpah bahwa mereka akan segera mengembalikannya kepada Anda.

Atau mereka mungkin meminta uang untuk datang dan melihat Anda jika Anda tinggal jauh dari satu sama lain. Apa pun masalahnya, Anda tidak boleh memberikan uang kepada seseorang yang hampir tidak Anda kenal.

 

4 dari 5 halaman

6. Sebaiknya lakukan video call sebelum bertemu

Jika Anda sangat menyukai orang tersebut dan sedang mempertimbangkan untuk bertemu dengannya secara langsung, Anda dapat mengatur panggilan video terlebih dahulu. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk melihat mereka dari dekat dan menyadari jika mereka memang seperti yang mereka katakan.

Jelas, banyak hal dapat dipalsukan dan disembunyikan dalam obrolan video, tetapi tetap saja, ini adalah tindakan pencegahan kecil. Jika orang lain sangat menolak untuk melakukan panggilan video dengan Anda, dia mungkin tidak seperti yang mereka katakan.

7. Bertemu di tempat umum yang ramai

Jika seseorang memiliki niat buruk, mereka akan mencoba untuk membuat Anda pergi ke rumah mereka atau tempat yang tidak memiliki banyak orang. Anda dapat menyarankan pertemuan di ruang publik yang terasa aman bagi Anda, dan Anda dapat pergi kapan saja jika Anda merasa perlu.

Tidak peduli seberapa ngotot mereka bahwa Anda pergi ke tempat mereka, Anda harus selalu mengikuti naluri Anda. Jika bahkan hal sekecil apa pun tampak tidak beres, Anda harus membatalkan pertemuan itu.

 

5 dari 5 halaman

8. Laporkan jika ada yang aneh dengan mereka

Aplikasi kencan yang paling dihormati tidak mengizinkan anggotanya untuk bertindak agresif atau ilegal. Jadi jika pasangan Anda bertingkah aneh, atau mereka bahkan mencoba memeras atau menipu Anda, Anda harus segera melaporkannya.

Anda juga dapat menghubungi layanan pelanggan aplikasi dan memberi mereka detail lebih lanjut tentang akun tersebut. Jangan ragu untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika Anda telah ditipu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat