uefau17.com

Kasus Subvarian Omicron BA.2 Melonjak di Amerika - Citizen6

, Jakarta - Kasus subvarian Omicron BA.2 yang sangat menular meningkat dua kali lipat di AS setiap minggu, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Dilansir dari US News, Rabu (2/3/2022), BA.2, atau yang juga disebut Omicron “siluman," bertanggung jawab atas 8% infeksi virus Corona di AS minggu lalu, perkiraan CDC. Itu naik dari 4% minggu sebelumnya dan 2% minggu sebelumnya.

Para ahli telah menyuarakan keprihatinan bahwa pelonggaran langkah-langkah mitigasi seperti mandat masker dapat memberikan subvarian itu keuntungan ekstra saat menyebar di AS, dan mereka telah mempertanyakan apakah negara tersebut melakukan pengurutan yang cukup untuk memahami jumlah sebenarnya dari infeksi BA.2.

BA.2 sudah menjadi garis keturunan dominan di 18 negara, menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO. Julukan tidak resmi subvarian untuk Omicron "siluman" berasal dari respons pengujian yang membuat garis keturunan terlihat seperti varian Delta, sehingga memerlukan pengurutan tambahan yang tidak dilakukan oleh subvarian Omicron yang lebih umum.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dikatakan Lebih Menular

BA.2 dianggap lebih menular daripada garis keturunan Omicron lainnya, dan mirip dengan subvarian tersebut, tampaknya bisa mengurangi kemanjuran vaksin. 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa BA.2 dapat menginfeksi ulang orang segera setelah mereka pulih dari garis keturunan Omicron yang lebih umum, meskipun kejadiannya jarang dan terlihat kebanyakan pada individu muda yang tidak divaksinasi dengan penyakit ringan yang tidak mengakibatkan rawat inap atau kematian.

3 dari 5 halaman

Kekebalan populasi kian meluas

Tetapi pejabat kesehatan federal di AS tampaknya belum khawatir dengan subvarian tersebut. Faktanya, Direktur CDC, Rochelle Walensky, minggu lalu mengutip “kekebalan populasi yang meluas” dalam keputusan agensi untuk mengubah kerangka kerja virus Corona untuk menentukan kapan masker diperlukan.

Pedoman baru badan tersebut secara drastis mengurangi jumlah kabupaten yang akan berada di bawah rekomendasi penggunaan masker dalam ruangan. 

4 dari 5 halaman

Rekomendasi penggunaan masker

Tetapi banyak negara bagian telah mengambil langkah untuk mencabut mandat masker dalam ruangan mereka sebelum CDC memperbarui rekomendasinya, jadi tidak jelas apa dampak rekomendasi baru terhadap tindakan Covid-19 negara bagian dan lokal.

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat