uefau17.com

10 Hal Ini Terjadi pada Tubuh Anda Setelah Berusia 30 Tahun - Citizen6

, Jakarta Setelah usia 30, tubuh kita mulai mengalami perubahan yang berbeda dan beberapa di antaranya dapat mengejutkan kita. Misalnya, terlepas dari kenyataan bahwa kita lebih berpengalaman, otak kita sebenarnya semakin mengecil.

Jika Anda menyadari bahwa Anda berkeringat lebih sedikit setelah usia 30 tahun, ini juga merupakan bagian dari proses penuaan. Berikut ini beberapa hal lainnya yang terjadi pada tubuh Anda setelah usia 30-an seperti dihimpun dari Brightside.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Otak Anda menjadi lebih kecil

Tidak, otak Anda tidak tumbuh seiring bertambahnya usia. Hal sebaliknya justru terjadi. Saat Anda bertambah tua, bagian tertentu dari otak menyusut.

Ia kehilangan sekitar 50.000 neuron per hari setelah usia 30. Tetapi tidak ada alasan untuk panik karena otak kita tahu bagaimana beradaptasi.

Juga ditemukan bahwa volume otak menurun seiring bertambahnya usia dengan kecepatan sekitar 5% per dekade setelah usia 40. Hal-hal ini mempengaruhi memori, terutama memori episodik.

2. Anda berkeringat lebih sedikit

Senang mengetahui bahwa wanita mulai berkeringat berbeda seiring bertambahnya usia. Ternyata kelenjar keringat (kebanyakan di bawah ketiak) mengecil seiring bertambahnya usia. Akibatnya, mereka menjadi kurang sensitif dan mengurangi produksi keringat.

 

3 dari 6 halaman

3. Anda lebih jarang masuk angin

Kabar baik bagi Anda, bersin dan batuk lebih jarang terjadi saat kita bertambah tua. Ketika Anda mencapai usia paruh baya, Anda sudah menderita banyak penyakit dan respons kekebalan Anda menjadi lebih luas.

4. Indera perasa Anda melemah

Indra perasa Anda mungkin memudar seiring bertambahnya usia dan Anda bahkan mungkin kurang tertarik untuk makan karenanya. Kebanyakan orang kehilangan sebagian indra perasa mereka, terutama setelah usia 60 tahun.

Itulah sebabnya orang lanjut usia sering makan lebih banyak makanan yang tinggi gula dan garam. Hal yang sama terjadi pada indra penciuman Anda.

 

4 dari 6 halaman

5. Anda memiliki lebih sedikit massa otot

Salah satu efek penuaan yang paling menonjol adalah hilangnya massa otot. Akibatnya, kita semakin lemah.

Ini menurun sekitar 3-8% per dekade setelah usia 30 tahun. Angka ini menurun lebih banyak lagi setelah usia 60 tahun.

6. Metabolisme Anda menjadi stabil

Para peneliti menyarankan bahwa metabolisme kita mengalami stabilisasi seiring bertambahnya usia dan bahwa periode paling kritis tampaknya sekitar usia 50-60 tahun. Setelah 80, itu menjadi lambat tetapi akhirnya menyelesaikan proses stabilisasi.

Artinya, berat badan kita tidak akan mengalami perubahan besar. Kita akan membakar lebih sedikit kalori tetapi pada saat yang sama, ketika kita lebih tua kita akan makan lebih sedikit daripada orang yang lebih muda.

 

5 dari 6 halaman

7. Kepribadian Anda menjadi stabil dan Anda menjadi diri sendiri

Jika Anda menghabiskan masa remaja Anda dalam keadaan yang sangat emosional dan usia 20-an Anda adalah periode ketika Anda mencoba membuktikan sesuatu kepada dunia, setelah usia 30 Anda menjadi lebih mapan. Para peneliti mengatakan bahwa stabilnya kepribadian seseorang terjadi antara usia 30 dan 50 tahun.

8. Kuku Anda tumbuh lebih lambat

Para peneliti telah menemukan bahwa ketika kita masih muda, kuku kita tumbuh dengan cepat. Ini pertama kali diperhatikan oleh Dr. William Bean yang mengamati bahwa ibu jari kirinya tumbuh dengan kecepatan 0,123 mm per hari.

Setelah usia 67, angka ini turun menjadi 0,095 mm per hari. Perubahan ini bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang lebih lambat.

 

6 dari 6 halaman

9. Gigi Anda menjadi kurang sensitif

Gigi Anda juga menjadi kurang sensitif dan ini terjadi karena dentin (jaringan dalam yang keras) menjadi lebih kuat seiring bertambahnya usia, di antara enamel luar gigi dan saraf pusatnya. Penguatan ini menyebabkan hilangnya kepekaan.

10. Anda merasa lebih bahagia

Saat Anda masih kecil, Anda biasanya merasa nyaman dengan hidup. Kemudian perasaan ini berkurang yang dapat mengirim Anda ke mode krisis.

Secara tradisional, penuaan dipandang sebagai periode penurunan kondisi fisik dan psikososial, tetapi para peneliti sebenarnya menemukan bahwa ketika kita tua, kita mungkin merasa lebih bahagia dan lebih puas. Lebih sedikit depresi dan optimisme yang lebih besar juga dialami.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat