uefau17.com

Tokoh Terkenal Dijadikan Bahan Hoaks Meninggal Dunia, Simak Daftarnya - Cek Fakta

, Jakarta- Sejumlah tokoh dijadikan bahan hoaks telah meninggal dunia, informasi bohong tentu dapat menyesatkan pihak yang mempercayainya dan merugikan tokoh yang diklaim meninggal dunia.

Cek Fakta pun telah mengungkap sejymlah hoaks terkait kematian sejumlah tokoh, mulai dari aktor luar negeri sampai tokoh politik.

Berikut kumpulan hoaks tentang meninggalnya sejumlah tokoh. 

Shah Rukh Khan Meninggal Dunia pada 15 Juni 2024

Cek Fakta mendapati klaim aktor bollywood Shah Rukh Khan meninggal dunia pada 15 Juni 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook.

Klaim Shah Rukh Khan meninggal dunia pada 15 Juni 2024 berupa tulisan sebagai berikut.

"Innalillahi Wa'inaillahi roji'un selamat jalan shahrukhan, artis idola kita jaman dlu telah berpulang smoga Amal ibadah nya di trima, begini lah video2 detik2 saat shahrukhan meninggal 😭😭 yg ga tega jgn nnton

https://tinyurl.com/Video-shahrukhan-m3ninggal

 https://tinyurl.com/Video-shahrukhan-m3ninggal"

Tulisan tersebut disertai dengan tangkapan layar yang menampilkan cuplikan foto Shah Rukh Khan dan tulisan sebagai berikut.

"RIP selamat jalan artis Bollywood Shahrukh Khan semoga amal ibadah di terima tuhan yang maha esa."

Selain itu juga terspat tulisan "PROSES PEMAKAMAN Shah Rukh Khan".

Benarkah Klaim Shah Rukh Khan meninggal dunia pada 15 Juni 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Relawan Gaza Asal Indonesia Muhammad Husein Meninggal pada 29 Oktober 2023

Cek Fakta mendapati klaim Relawan Gaza asal Indonesia Muhammad Husein meninggal pada 29 Oktober 2023, kabar tersebut salah satunya beredar lewat TikTok.

Klaim Relawan Gaza asal Indonesia Muhammad Husein meninggal pada 29 Oktober 2023 menampilkan video yang menampilkan seseorang terdapat tulisan sebagai berikut.

"29/10/2023

BERITA DUKA

PESAN-PESAN TERAKHIR DARI MUHAMMAD HUSEIN

GAZA PALESTINA"

Benarkah klaim Relawan Gaza asal Indonesia Muhammad Husein meninggal pada 29 Oktober 2023? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini......

3 dari 4 halaman

Amien Rais Meninggal Dunia pada 5 April 2024

Kabar tentang Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais meninggal dunia pada 5 April 2024 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 7 April 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar foto Amien Rais dan ucapan belasungkawa. Akun tersebut menyebut bahwa Amien Rais meninggal dunia pada 5 April 2024.

"Semoga mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin aamiin aamiin Yaa Robbal'Aalamiin," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah tujuh kali direspons dan mendapat 17 komentar dari warganet.

Benarkah kabar Amien Rais meninggal dunia pada 5 April 2024? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat