uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Klaim Pendaftaran Festival Undian Berhadiah BRIMO dari BRI - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapatkan klaim pendaftaran festival undian berhadiah BRIMO dari BRI, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Juni 2024.

Unggahan tersebut berupa tulisa sebagai berikut.

"Hai Sobat BRI.

Yuk ikuti Undian dan dapatkan kupon undian Anda Caranya klik Tombol 𝗗𝗔𝗙𝗧𝗔𝗥 di bawah 👇

Hai Sobat BRI, Selamat kamu telah beruntung Jangan lewatkan kesempatan memenangkan Hadiah Utama & Berbagai hadiah menarik lainnya berikut ini:

𝗚𝗿𝗮𝗻𝗱 𝗣𝗿𝗶𝘇𝗲 :

° 1 Unit Mobil Toyota Fortuner

𝗛𝗮𝗱𝗶𝗮𝗵 𝗟𝗮𝗶𝗻𝗻𝘆𝗮 :

° 1 Unit Honda HR-V

° 5 Porsi Umroh Gratis

° 5 Mobil Toyota Kijang Innova Reborn

° 15 Motor Yamaha NMAX

° 20 IPhone 15 Pro Max

° 1000 Emas 10gram

° 5 Porsi Tiket wisata ke Jepang

Tulisan tersebut disertai dengan tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran."

Berikut tautannya:

https://brifstvlundian.tyr-i.store/?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR2rYWZZmOOjipcpKLXIha6dYiyZV54D_-WNwFswIg3Bc2Gbg6RUxgpFsXQ_aem_kw0tGn7QDlfREfuBUrEN7A.

Benarkah klaim pendaftaran festival undian berhadiah BRIMO dari BRI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri  klaim pendaftaran festival undian berhadiah BRIMO dari BRI, penelusuran mengarah pada tulisan berjudul "Waspada Modus Social Engineering" yang dimuat situs resmi BRI bri.co.id, tulisan tersebut memuat infografis yang mengimbau masyarakat untuk mewaspadai social engineering yaitu sebuah teknik memperoleh informasi rahasia dengan cara menipu atau memanipulasi korban.

BRI pun mengingatkan agar kita selalu waspada terhadap setiap email, WhatsAp, telepon, alamat web atau tautan dan akun yang mentasnamakan BRI.

Selain itu juga menjaga kerahasiaan data seperti PIN, password, OTP, CVV/CVC dan M-token agar tidak diberitahukan pada pihak manapun termasuk pertugas BRI.

Artikel berjudul "Cek Fakta: Waspada Hoaks Link Pendaftaran BI Fast Catut Nama Bank BRI" yang dimuat situs menyebutkan, BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan sosial media resmi yang sudah centang biru atau terverifikasi sebagai media komunikasi.

Website resmi BRI beralamat di www.bri.co.id, akun Instagram @bankbri_id, akun Facebook: Bank BRI serta Twitter: @bankbri_id, @kontakbri, dan @promo_bri.

Sumber:

https://www.bri.co.id/en/waspada-modus-detail?title=waspada-modus-social-engineering

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim pendaftaran festival undian berhadiah BRIMO dari BRI tidak benar.

BRI mengingatkan masyarakat agar kita selalu waspada terhadap setiap email, WhatsAp, telepon, alamat web atau tautan dan akun yang mentasnamakan BRI.

BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan sosial media resmi yang sudah centang biru atau terverifikasi sebagai media komunikasi.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat