uefau17.com

Gokil! Nizar Tetap Mampu Juara BTR Ultra 2024 Meski Sempat Jatuh ke Jurang - Bola

, Jakarta- Akhmad Nizar atau akrab disapa Nizar takkan melupakan turnamen Bali Trail Running Ultra yang dilaksanakan di area Gunung Batur, Bali, pada 10 Mei 2024. Perjuangan luar biasa dilakukan Nizar hingga akhirnya bisa menduduki posisi 1 untuk kategori 55 K.

Bali Trail Running Ultra merupakan ajang yang dinanti-nanti oleh hampir seluruh pegiat trail run di Bali dan Indonesia, bahkan mancanegara. Ajang ini diikuti atlet trail run dari 41 negara dengan rute melintasi 12 desa. BTR Ultra 2024 merupakan edisi kelima.

Perjalanan Nizar menjadi juara di BTR Ultra 2024 sungguh luar biasa. Nizar memang sudah menetapkan target podium 1 dengan catatan waktu yang dia perkirakan akan menjadi record Personal Best-nya untuk kelas 55K. Namun Nizar sempat mengalami kecelakaan dalam track hingga menyebabkan terjatuh ke jurang di tengah-tengah race.

"Ini sebenarnya antara lucu dan miris sih. Nggak nyangka aja bakal dikejar anjing sampai kehilangan keseimbangan dan akhirnya jatuh ke jurang. Saya udah sempet drop sih, berpikir kalau nggak bakal dapat podium," kenang Nizar kepada wartawan Kamis 20 Juni 2024.

Tapi, semangat comeback dan keyakinan Nizar lebih besar daripada kecelakaan yang dialaminya. Nizar kembali bangkit dan mengejar pesaingnya di sisa race-nya. Bukan tanpa cedera, akibat jatuh ke jurang itu, Nizar mengalami luka kecil di sekitar mata yang cukup mengganggu konsentrasinya ketika berlari.

Bisa dibayangkan jika tanpa persiapan mental dan fisik yang matang, mungkin ceritanya akan berbeda. Ketika ditanya rahasia persiapannya, ternyata seorang Nizar pun masih sempat merasa deg-degan menghadapi race day.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjuangan Nizar Jadi Juara

"Sebelumnya saya 'kan cedera lumayan lama. Jadi, untuk menghadapi race ini, saya cukup tegang. Meskipun saya sudah menjalani sesi latihan yang cukup, saya tetap perlu beberapa obat untuk mendukung performance saya ketika race. Salah satu yang rutin saya gunakan dalam masa latihan dan race day itu minyak Djugo" ujarnya.

Kemenangan Nizar dalam BTR Ultra 2024 menjadi bahan bakar semangat baru bagi Nizar untuk mengikuti serangkaian race berikutnya. Baru-baru ini, Nizar kembali menyelesaikan trail run di ajang Dieng Caldera Race untuk kelas 75km di posisi podium ketiga.

“Persiapan sebelum race day menjadi hal yang sangat penting bagi saya. Porsi latihan, manajemen nutrisi, waktu istirahat menjadi hal-hal yang selalu saya evaluasi di setiap race yang saya ikuti. Semoga saya tetap bisa memperbaiki performance saya di race-race berikutnya,” tutup Nizar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat