uefau17.com

6 Fakta Menarik Kemenangan Turki Lawan Georgia di Euro 2024: Arda Guler Samai Rekor Cristiano Ronaldo - Bola

, Jakarta Timnas Turki memetik poin penuh usai mengalahkan Georgia 3-1 pada laga grup F Euro 2024 yang berlangsung di stadion Signal Iduna Park, Selasa (18/6/2024). Tiga gol Turki dicetak oleh Mert Muldur, Arda Guler dan Kerem Aktorkoglu.

Duel Turki melawan Georgia berlangsung sengit. The Crescent Stars, julukan Turki begitu ofensif dan itu terlihat dari statistic usai pertandingan.

Turki tercatat melepas 22 kali tembakan percobaan untuk cetak gol. 8 dari total tembakan itu berhasil mengarah ke gawang.

Turki juga menguasai bola sebanyak 56 persen dibandingkan 44 persen dari Georgia. Toh, ini tak membuat pertandingan berjalan mudah.

Turki unggul terlebih dahulu lewat Mert Muldur di menit ke-25. Namun Georges Mikautadze menyamakan skor 1-1 untuk Georgia.

Gol indah dari Arda Guler membuat Georgia terhenyak di menit ke-65. Bernafsu menyerang, Georgia membiarkan gawang kosong karena kiper bantu menyerang. Saat itulah, Kerem Aktorkoglu mencetak gol ke gawang kosong di menit ke-90+7.

Di luar statistic dan gol, ada fakta menarik yang pantas disimak usai pertandingan Turki vs Georgia di grup F  Euro 2024. Apa saja? Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Menarik Turki vs Georgia

 

Berikut 6 fakta menarik usai pertandingan Turki melawan Georgia seperti dikutip UEFA.com:

1. Arda Guler menjadi pemain remaja pertama yang mencetak gol di Euro saat debut. Dia menyamai rekor Cristiano Ronaldo yang mencetak gol saat debut di Euro 2004.

2. Ini menjadi kemenangan Turki di laga pertama Euro. Sebelumnya, Turki selalu kalah di lima laga pembuka Euro.

3. Georgia menjadi debutan ke-36 di sepanjang sejarah Euro. Mereka juga menjadi tim ke-36 yang berhasil cetak gol.

 

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Lainnya Turki vs Georgia

 

4. Arda Guler saat ini berusia 19 tahun 119 hari. Dia menjadi pencetak gol termuda kelima di putaran final Euro.

5. Turki menjadi negara kedua di sepanjang sejarah Euro berani menjadikan pemain berusia 19 tahun (Arda Guler dan Kenan Yildiz) sebagai starter.

6. Hakan Calhanoglu menjadi pemain kedua di sejarah Turki yang tampil di 3 kali putaran final Euro. Sebelumnya ada nama legenda Turki Rustu Recber.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Turki vs Georgia di Euro 2024

Turki (4-2-3-1): Gunok; Muldur, Akaydin, Bardagci, Kardioglu; Calhanoglu, Ayhan; Arda Guler, Kokcu, Yildiz; Baris Yilmaz

Georgia (3-5-2): Mamardashvili; Kvirkvella, Kashia, Dvali; Kakabadze, Chakvetadze, Mekvabishvili, Kochorashvili, Tsitaishvili; Mikautadze, Kvaratskhelia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat