uefau17.com

Timnas Indonesia Digilas Iran di Uji Coba, Elkan Baggott: Pelajaran Berharga - Bola

, Jakarta- Timnas Indonesia kembali menelan hasil buruk dalam laga uji coba jelang ajang Piala Asia 2023. Skuad racikan Shin Tae-yong digilas 0-5 oleh Iran dalam pertandingan yang dihelat secara tertutup di Al Rayyan Training Ground pada Selasa (9/1/2024) malam WIB.

Sebagaimana diketahui, pasukan Garuda memang sedang mencoba memanaskan mesin sebelum tampil di kompetisi sepak bola bergengsi level Asia. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebelumnya telah memanggil 29 nama untuk ambil bagian dalam pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 20 Desember hingga 6 Januari lalu.

Pratama Arhan dan kawan-kawan juga sempat berduel dengan Libya dua kali selama periode tersebut, lalu bertolak ke Qatar untuk melanjutkan persiapan. Sayangnya, dari 3 laga uji coba yang dilakoni, Timnas Indonesia tak sekali pun berhasil memetik kemenangan.

Hasil minor di laga kontra Iran pun sekaligus menandai kekalahan terbesar yang diterima skuad Garuda dalam 3 pertandingan teranyarnya. Pasukan Merah Putih kalah 0-4 dan 1-2 dari Libya, sebelum tumbang 5 gol tanpa balas di tangan Tim Melli.

Kendati begitu, bek Timnas Indonesia Elkan Baggott ogah memandang negatif kekalahan ini. Malahan ia menilai hasil tersebut bisa menjadi ajang pembelajaran bagi skuad Garuda yang sudah dinanti lawan-lawan berat di ajang Piala Asia 2023.

"Sekali lagi, kami melewati pertandingan yang bisa menjadi pembelajaran. Kami melakukan beberapa pemainan yang menarik, tetapi sayang kami kembali kebobolan denga mudah," ujar Elkan, dilansir dari situs resmi PSSI.

"Hasil ini mungkin tidak mencerminkan bagaimana pertandingan berjalan. Akan tetapi, ini adalah 90 menit yang menjadi pelajaran bagi banyak pemain. Kami tahu kami harus siap dan fit di pertandingan pertama (Piala Asia) nanti," tambahnya selepas laga.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimis Tatap Piala Asia 2023

Lebih lanjut, Elkan Baggott juga tetap optimistis dengan prospek Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia 2023. Terlepas dari hasil laga uji coba sejauh ini, bek berusia 21 tahun bertekad tampil maksimal di perhelatan tersebut.

"Tentu kami masih optimistis. Kami tidak melihat hasil pertandingan (melawan Iran) hari ini," kata Elkan Baggott mengomentari prospek Timnas Indonesia di Piala Asia.

"Kami hanya akan fokus melihat bagaimana kami bisa menerapkan apa yang sudah kami latih saat menghadapi pertandingan pertama. Jadi seluruh tim bakal berusaha bersama dan tetap optimis menatap turnamen," tandas penggawa Ipswich Town itu. 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Sekadar informasi, Timnas Indonesia tergabung dalam grup D Piala Asia 2023. Skuad racikan Shin Tae-yong harus melewati adangan Jepang, Irak, dan Vietnam jika ingin melesat ke babak selanjutnya.

Berikut jadwal pertandingan Indonesia di kompetisi Piala Asia 2023 Qatar.

Senin, 15 Januari 2024

21.30 WIB: Timnas Indonesia vs Irak

Jumat, 19 Januari 2024

21.30 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia

Rabu, 24 Januari 2024

18.30 WIB: Jepang vs Timnas Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat