uefau17.com

Calon Pemain Naturalisasi Thom Haye Bikin Torehan Ciamik di Liga Belanda, Timnas Indonesia Bisa Full Senyum - Bola

, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah mengungkapkan calon 3 pemain naturalisasi anyar untuk Timnas Indonesia. Mereka adalah Ragnar Oratmangoen, Thom Haye dan Maarten Paes.

Ragnar Oratmangoen berasal dari klub Liga Belanda, Fortuna Sittard. Begitu juga dengan Thom Haye dari klub Liga Belanda lainnya Heerenven.

BACA JUGA: VIDEO: Timnas Indonesia Kalahkan Filipina 2-0 Lewat Gol Thom Haye dan Rizky Ridho
BACA JUGA: VIDEO: Momen Pemain Timnas Latihan Nyanyi Indonesia Raya di Jacuzzi Jelang Indonesia vs Irak

Sedangkan Maarten Paes merupakan kiper yang main di Liga Amerika Serikat atau MLs. Dia main bersama klub FC Dallas.

Dari ketiga calon pemain naturalisasi ini, Thom Haye bisa membuat Timnas Indonesia tersenyum. Di tengah jeda kompetisi, operator Liga Belanda mengeluarkan data-data pemain terbaik dalam hal dribel, intersep dan juga cetak peluang.

Thom Haye berhasil masuk 10 besar dalam dua kategori yaitu pemain paling banyak intersep atau tekel dan juga cetak peluang. Ini menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia yang akan berjuang di Piala Asia 2023 dan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Thom Haye sendiri belum diproses naturalisasinya. Dia paling mungkin gabung Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Torehan Thom Haye di Liga Belanda Sepanjang 2023

Liga Belanda atau eridivisie sudah merampungkan 16 pertandingan sebelum libur kompetisi karena Natal dan Tahun Baru. Sepanjang 2023, ada pemain yang menonjol dalam hal paling banyak dribel, paling banyak intersep dan paling banyak membuat peluang.

Seperti dilansir media sosial Eridivisie di X, pemain paling banyak dribel diraih oleh Osame Sahraoui, pemain SC Heerenven yang merupakan Thom Haye. Di daftar ini Thom Haye tak masuk, Sahroui tercatat melakukan 110 kali dribel sukses.

Untuk kategori pemain paling banyak intersep, Thom Haye berada di peringkat ke-8. Dia berhasil melakukan intersep sebanyak 45 kali sepanjang 2023.

Untuk posisi ini, bek Excelsior Rotterdam Siebe Horemans menjadi yang paling banyak intersep atau tekel di 2023 yaitu 64 kali.

 

3 dari 5 halaman

Thom Haye Posisi 4 dalam Mencetak Peluang di Liga Belanda

 

Sepanjang 2023, ada juga 10 pemain yang paling banyak mencetak peluang di Liga Belanda. Thom Haye berada di peringkat 4 dengan 66 kali mencetak peluang.

Dia kalah dari Joey Veerman (147), Dusan Tadic (104) dan Carel Eiting (70) di posisi 3 besar. Meski begitu, ini tentu menjadi sinyal bagus bagi Timnas Indonesia.

Sebagai gelandang bertahan, Thom Haye juga berani menyerang. Itu terbukti dari 66 kali peluang yang diciptakan. Musim ini, dia main 14 kali dan sudah cetak 2 gol dan 1 assist.

4 dari 5 halaman

Erick Thohir soal Peluang Naturalisasi Thom Haye

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun mengungkapkan PSSI saat ini sedang mengupayakan 3 pemain naturalisasi baru. Tiga pemain ini sudah memperlihatkan minat, tapi kemungkinan baru bisa main usai Piala Asia 2023 nanti.

Timnas Indonesia juga masih menunggu dua pemain naturalisasi yaitu Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On untuk ambil sumpah di Indonesia. Belum jelas apakah proses naturalisasi untuk kedua pemain ini bisa selesai jelang Piala Asia 2023.

"Kevin Diks? Belum tetapi mudah-mudahan Ragnar Oratmangoen nanti akan gabung. Dia pemain sayap dan bisa main sebagai striker," kata Erick Thohir seperti rilis video di akun instagram miliknya.

"Lalu kita juga masih menunggu Thom Haye. Dia defensive midfielder dia juga sepertinya ingin, sama Maarten Paes, goal keeper utama di FC Dallas Amerika, Major League Soccer."

5 dari 5 halaman

Alasan PSSI Geber Naturalisasi untuk Timnas Indonesia

Erick Thohir mengatakan, PSSI sangat serius untuk memperkuat kualitas Timnas Indonesia. Maka itu, PSSI gencar mencari pemain naturalisasi.

"Siapapun yang punya darah Indonesia, yang ingin memperkuat timnas, mengibarkan bendera merah putih, memperkuat tim nasional kita harus buka sebanyak-banyaknya," kata Erick.

"Persaingan di sepak bola itu makin tinggi dan alhamdulillah dengan transformasi sepak bola yang kita lakukan. banyak sekali sekarang anak-anak bangsa percaya timnas kita ini seleksinya bersih, terbuka," dia menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat