uefau17.com

Kecelakaan Horor Hentikan Race 2 ASB 1000 ARRC Mandalika 2023, FIM Asia Ungkap Kondisi Korban - Bola

, Jakarta - FIM Asia akhirnya buka suara menanggapi insiden kecelakaan yang melibatkan 3 pembalap saat melintasi tikungan 10 Sirkuit Mandalika dalam race 2 ARRC 2023 seri keempat pada Minggu (13/8/2023).

Haruki Noguchi yang terkena dampak paling parah dari insiden itu kabarnya sudah dipindahkan ke rumah sakit untuk mendapat perawaatan lebih lanjut, setelah sempat ditangani di pusat medis lintasan.

Seperti diberitakan sebelumnya, race kedua Asia Superbike (ASB) 1000 di Sirkuit Mandalika sejatinya sudah berjalan beberapa lap. Namun, insiden mendadak terjadi ketika balapan masih menyisakan tujuh putaran.

Trio pembalap yang terdiri atas rider SDC MS Harc-Pro Honda Ph Haruki Noguchi asal Jepang, pembalap Honda Asia-Dream Racing with Showa Md. Zaqhwan Bin Zaidi asal Malaysia, serta rider Yamaha Gen Blu Racing Team ASEAN Kasma Daniel Kasmayudin dari Malaysia terlibat dalam kejadian tersebut.

Adalah Haruki Noguchi dan Zaqhwa Zaidi yang lebih dulu merasakan gesekan, sehingga keduanya mengalami crash low side. Akan tetapi, situasi menjadi serius ketika Kasma Daniel muncul dan tak sengaja menumbuk Noguchi di lokasi kejadian.

Race direction pun dengan langsung mengibarkan bendera merah, sementara pembalap dievakuasi dari sirkuit yang berbuntut pada dihentikannya balapan ASB1000 ARRC Mandalika 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bunyi Pernyataan FIM Asia soal Insiden di ARRC Mandalika 2023

"Saat putaran 4 Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship, terjadi insiden di tikungan 10 yang melibatkan pembalap Haruki Noguchi dari SDG MS Harc-Pro. Honda. Ph. Buntut dar hal itu, Asia Superbike 1000cc dibatalkan demi memprioritaskan situasi medis dari pengendara yang terlibat," tulis FIM Asia.

"Sang pembalap (Haruki Noguchi) sempat dirawat dan distabilkan di pusat medis lintasan. Dia kini telah dipindahkan ke rumah sakit setempat untuk menerima perawatan lebih lanjut."

"Kondisi Haruki akan terus di-update ke depannya. Kami mengharapkan dukungan dan doa Anda demi cepatnya pemulihan bagi pembalap kami," pungkas pihak FIM Asia melalui pernyataan tertulisnya.

3 dari 3 halaman

Balapan Kelas Lain Sudah Selesai Digelar

Sekadar informasi, balapan kedua kelas ASB 1000 sedianya menjadi race penutup gelaran ARRC Mandalika 2023. Pasalnya, balapan untuk kelas-kelas lain, mulai dari Underbone 150, Asia Production 250, dan Super Sports 600 sudah selesai digelar siang hari.

Pembalap Indonesia sendiri mampu menguasai podium kelas AP250. Sementara itu di kelas SS600, rider Jepang, Thailand, dan Indonesia secara berturut-turut berbagi podium 1, 2, dan 3.

Seri keempat ARRC 2023 merupakan kali perdana Asia Road Racing Championship digelar di Indonesia. Agenda tersebut mengambil tempat di Sirkuit Mandalika dan sudah berlangsung sejak Jumat (11/8/2023) lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat