uefau17.com

Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP 2024, Erick Thohir: Ternyata Indonesia Bisa, Salah Satu Terbaik - Bisnis

, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengaku tak menyangka Pertamina Mandalika International Circuit bisa kembali jadi tuan rumah balap motor MotoGP. Dia menyebut, Sirkuit Mandalika yang dibangun 3 tahun lalu itu berhasil menjadi salah satu yang terbaik.

Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika akan dijalankan pada 27-29 September 2024. Sebelum itu, ada helatan Asia Road Race Championship (ARRC) pada Juli 2024.

"Ini MotoGP yang ketiga dari kontrak 10 tahun. Jadi ini penyelenggaran MotoGP yang ketiga dari kontrak 10 tahun dan terus terang ini sangat memorable," kata Erick dalam Konferensi Pers, di Menara Danareksa, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Dia mengaku tak menyangka sirkuit itu bisa menjadi salah satu tempat gelaran event internasional yang terbaik di dunia.

"Kalau kita fikir 3-4 tahun lalu ketika tahun 2020 enggak kebayang kita punya sirkuit sebagus ini, dan ternyata Indonesia bisa, Indonesia bisa dan menjadi salah satu yang terbaik," ujar dia.

Dia menilai, Indonesia memiliki kesempatan untuk menarik perhatian dunia sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal. Serta mengukuhkan posisi The Mandalika sebagai 'The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination'.

"Saya optimistis ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP, tak hanya balapan motor, tetapi juga kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya The Mandalika, sebagai destinasi sportainment berkelas dunia,” ujar Erick.

Perlu diketahui, pada 2023, gelaran MotoGP telah memberikan multiplier effect besar bagi masyarakat sekitar. Event ini meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar Rp 4,3 triliun, dengan perputaran uang sebesar Rp 914 miliar.

Penyerapan tenaga kerja sebanyak 2.136 orang, dengan pendapatan naik hingga mencapai 50,5 persen dan menarik lebih dari 100 ribu penonton.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengembangan Mandalika

Sementara itu, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria menyampaikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan disulap menjadi pusat gelaran olahraga dan hiburan. Termasuk melalui penggunaan Sirkuit Mandalika.

"KEK mandalika kita posisikan sebagai kawasan ekonomi khusus di bidang sports dan entertainment sebagai bagian dari percepatan pertumbuhan pariwisata di Nusa Tenggara Barat," kata dia.

"Kami laporkan bahwa sirkuit yang dulu kita bangun 3 tahun yang lalu hari ini dengan tingkat pemanfaatan 240 hari per tahun pak Menteri," ia menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama ITDC Ari Respati menambahkan, panggung balapan level dunia itu juga akan dimeriahkan konser musik dan pameran UMKM.

"Kami berharap, gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP tahun ini, jumlah penonton melebihi dari tahun lalu dan side event yang akan diawali dengan kegiatan penanaman pohon, yang dilakukan bersama para pembalap untuk green tourism sustainability. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah NTB, seluruh sponsor dan stakeholder lainnya atas kerjasama yang terjalin,” ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Tiket MotoGP Mandalika Diskon 50%, Cek Harga dan Tanggalnya

Sebelumnya, harga tiket ajang MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dijual dengan diskon 50 persen selama periode early bird atau 26 April hingga 5 Mei 2024.

"Special price selama periode early bird, mulai dari Rp 350.000 dan tersedia sangat terbatas," kata Direktur InJourney Tourism Development Corporation Ari Respati dikutip dari Antara, Sabtu (27/4/2024).

Beberapa kategori tiket MotoGP 2024 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) yang tersedia yaitu premium grandstand (zona A, B, J, dan K), regular grandstand (zona C, D, E, F, G, H, dan I), dan festival-GA.

"Tiket premium grandstand zone A (Sabtu-Minggu) dibanderol dengan harga Rp1.250.000, premium grandstand zone B (Sabtu-Minggu) Rp 1.150.000, zone premium grandstand J, K (Sabtu-Minggu) dibanderol dengan harga Rp1.000.000," kata dia.

Untuk regular grandstand zone C (Sabtu-Minggu) Rp750.000, regular grandstand zone D, H, dan I (Sabtu-Minggu) Rp500.000, regular grandstand zone E, F, dan G (Sabtu-Minggu) Rp400.000. Selain itu, tiket festival (Sabtu-Minggu) dibanderol dengan harga Rp350.000.

"Periode early bird ini memberikan kesempatan bagi para pecinta balap motor untuk mendapatkan tiket dengan harga yang terjangkau, sehingga para penggemar balap dapat turut serta meramaikan kemeriahan MotoGP 2024," katanya.

4 dari 4 halaman

Pembelian Tiket IndonesianGP

Penyelenggara tetap berkomitmen untuk menyediakan pengalaman balap yang tak terlupakan bagi semua pengunjung dan pihaknya menyediakan website resmi untuk pembelian tiket Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP).

"Kami berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli tiket secara praktis dan dapat merasakan langsung pengalaman seru dari Pertamina Grand Prix of Indonesia," katanya.

Pembelian tiket Pertamina Grand Prix of Indonesia periode early bird dapat diakses melalui platform resmi www.themandalikagp.com.

IndonesianGP 2024, akan berlangsung pada 27-29 September 2024, mendatang di Pertamina Mandalika International Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat