uefau17.com

Harga Minyak Dunia Anjlok, Sentuh Titik Terendah dalam 4 Bulan - Bisnis

, Jakarta Harga minyak mentah AS turun lebih dari 1% pada perdagangan Selasa. Hal ini memperpanjang tren penurunan harga minyak terbaru yang menghapus sebagian besar keuntungannya untuk tahun ini setelah OPEC+ mengumumkan rencana untuk meningkatkan produksi minyak mulai Oktober.

DIkutip dari CNBC, Rabu(5/6/2024), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Juli dipatok USD 73,25 per barel, turun 97 sen atau 1,31%. Sejak awal tahun, harga minyak AS ini sudah naik 2,23%.

Sedangkan harga minyak Brent untuk kontrak Agustus dipatok USD 77,52 per barel, turun 84 sen atau 1,07%. Sejak awal tahun, patokan harga minyak global ini naik 0,62%.

Minyak mentah AS dan Brent keduanya mencapai titik terendah dalam empat bulan pada awal sesi perdagangan. Harga minyak mentah AS telah jatuh selama lima sesi berturut-turut, dengan kontrak Juli anjlok 3,6% pada hari Senin setelah pertemuan OPEC+ akhir pekan lalu.

Dalam langkah mengejutkan, delapan produsen yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Rusia mengumumkan rencana terperinci secara bertahap menghapus pemotongan produksi sebesar 2,2 juta barel per hari dari Oktober 2024 hingga September 2025, yang berarti pasokan minyak akan mulai meningkat pada kuartal keempat tahun ini.

"Reaksi pasar sangat mengecewakan bagi siapa pun yang memproduksi minyak dan membawa kegembiraan bagi konsumen," kata Analis di Broker Minyak PVM Tamas Varga.

"Jika Anda membandingkan level harga pada akhir minggu lalu dengan harga penutupan kemarin, hampir jelas bahwa pengumuman pembalikan bertahap dari pemotongan sukarela terutama bertanggung jawab atas munculnya sentimen bearish," kata Varga.

Penurunan Harga Minyak

Penurunan harga minyak harus terbatas, katanya, selama permintaan bensin musim panas tidak mengecewakan. Penjualan minyak yang baru-baru ini terjadi juga harus membantu meredakan tekanan inflasi global, tambahnya.

Sebagian penurunan harga minyak dunia juga bisa dikaitkan dengan kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi. Pada hari Senin, sebuah laporan menunjukkan bahwa sektor manufaktur AS sedang mengalami kontraksi. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Minyak Dunia Meroket Usai OPEC Pangkas Produksi hingga 2025

Harga minyak mentah AS jatuh lebih dari 3% pada hari Senin setelah OPEC+ mengumumkan rencana untuk menghapus pemotongan produksi minyak sukarela yang totalnya mencapai 2,2 juta barel per hari.

Koalisi delapan anggota OPEC+ yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Rusia mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka akan mulai menghapus pemotongan tersebut selama 12 bulan mulai Oktober.

Namun, rencana penghapusan ini akan bergantung pada kondisi pasar dan bisa dibatalkan, kata para produsen. OPEC+ tetap mempertahankan pemotongan produksi terpisah yang totalnya mencapai 3,6 juta barel per hari hingga akhir 2025.

Berikut adalah harga minyak pada penutupan hari Senin:

  • Kontrak West Texas Intermediate untuk Juli: USD 74,22 per barel, turun USD 2,77 atau 3,6%. Tahun ini, minyak mentah AS telah naik 3,59%.
  • Kontrak Brent untuk Agustus: USD 78,36 per barel, turun USD 2,75 atau 3,39%. Tahun ini, patokan global telah naik 1,7%.
  • Kontrak RBOB Gasoline untuk Juli: USD 2,33 per galon, turun 3,38%. Tahun ini, futures bensin naik 11%.
  • Kontrak Gas Alam untuk Juli: USD 2,75 per seribu kaki kubik, naik 6,53%. Tahun ini, gas naik 9,63%.

"Beberapa orang membaca pernyataan OPEC, terutama bagian tentang menambahkan barel kembali dari pemotongan sukarela, sebagai hal yang bearish," kata Helima Croft, kepala strategi komoditas global di RBC Capital Markets, kepada CNBC's "Worldwide Exchange."

"Mereka cukup jelas bahwa ini akan bergantung pada data," kata Croft. "Saat kita mendekati akhir Agustus, jika gambaran fundamental terlihat lebih buruk daripada yang kita miliki sekarang, mereka akan menghentikan penambahan itu."

Di bawah rencana tersebut, lebih dari 500.000 barel per hari minyak mentah akan kembali ke pasar pada bulan Desember, dan 1,8 juta barel per hari akan kembali pada bulan Juni 2025.

3 dari 4 halaman

OPEC+ Perpanjang Pengurangan Produksi Minyak hingga 2025

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak atau the Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC)+ dan sekutunya sepakat untuk memperpanjang pengurangan produksi minyak mentah hingga 2025.

Mengutip CNBC, Senin (3/6/2024), keputusan itu sejalan dengan perkiraan analis dan delegasi OPEC+. OPEC+ diperkirakan memperpanjang pengurangan produksi yang sudah ada.

Berdasarkan kebijakan resmi, koalisi akan memproduksi minyak 39,725 juta barel per hari. Angka tersebut menandai tingkat produksi yang dibutuhkan masing-masing anggota sebelum menerapkan penyesuaian produksi tambahan dan faktor kepergiaan kelompok anggota lama OPEC, Angola pada awal Januari ini.

Hal ini juga mencakup peningkatan produksi Uni Emirat Arab (UEA) sebesar 300.000 barel per hari, yang akan dilakukan secara bertahap mulai Januari 2025 hingga akhir September 2025.

Berdasarkan laporan dari Saudi Press Agency, bagian dari aliansi OPEC+, termasuk pemimpin Arab Saudi dan Rusia, mengatakan akan memperpanjang pemotongan sukarela sebesar hampir 1,7 juta barel per hari yang ditetapkan untuk habis masa berlakunya pada akhir tahun ini. Pengurangan ini kini akan diterapkan sepanjang 2025.

 

4 dari 4 halaman

OPEC+ Kurangi Produksi

Kelompok kecil anggota OPEC+ ini juga akan memperpanjang putaran pengurangan produksi sukarela sebesar 2,2 juta barel per hari hingga akhir kuartal ketiga tahun ini. Pemangkasan ini awalnya hanya dijadwalkan berlangsung hingga akhir kuartal kedua.

"Jumlah pengurangan sebesar 2,2 juta barel per hari ini kemudian akan dipulihkan secara bertahap setiap bulan hingga akhir September 2025,” bunyi pernyataan tersebut.

Sejumlah menteri yang mewakili negara-negara yang menerapkan pemotongan sukarela berkumpul di ibu kota Saudi, Riyadh untuk melakukan pembicaraan pada 2 Juni, bertepatan dengan pertemuan teknis OPEC, OPEC+, dan koalisi yang lebih luas pada hari yang sama.

Dalam jumpa pers Minggu, 2 Juni 2024, Menteri Energi Arab Saudi Abdulaziz bin Salman menekankan, pertemuan ini bukanlah hasil dari ketegangan antar anggota, tetapi bertujuan "untuk memastikan pihaknya berinteraksi satu sama lain, untuk memastikan pesan-pesan tersebut dipahami dan disepakati secara komprehensif".

Ia mencatat, tidak seperti dua komite kepatuhan dan studi pasar OPEC+ yang ada, kelompok yang terdiri dari delapan produsen sukarela ini "tidak seharusnya dilembagakan."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat