uefau17.com

Link dan Syarat Daftar Sekolah Kedinasan Kemenkumham - Bisnis

, Jakarta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka pendaftaran calon taruna (catar) sekolah kedinasan 2024. Pendaftaran dilakukan secara online sejak 15 Mei hingga 14 Juni 2024.

Adapun pendaftaran sekolah kedinasan Kemenkumham ini bisa dilakukan melalui link SSCASN BKN yaitu dikdin.bkn.go.id.

Peserta yang ingin mendaftar sekolah kedinasan 2024 Kemenkumham harus memenuhi sejumlah persyaratan. Untuk formasi umum, peserta harus memiliki pendidikan SLTA/sederajat, usia 17-23 tahun, tinggi badan pria minimal 170 cm, tinggi badan perempuan minimal 160 cm, serta beberapa persyaratan kesehatan lainnya sesuai pengumuman resmi.

Untuk formasi pegawai, peserta berusia maksimal 25 tahun, memiliki surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi, memiliki penilaian kinerja baik, tidak sedang dalam hukuman disiplin, serta persyaratan fisik dan kesehatan seperti formasi umum.

"Perhatikan setiap persyaratan, persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Jangan sampai peserta tidak lulus karena kesalahan dokumen administrasi yang tidak sesuai," pesan Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto.

Pembukaan seleksi catar ini telah diresmikan melalui surat Pengumuman No. SEK-KP.02.04-167. Pengumuman ini dapat diakses pada laman https://catar.kemenkumham.go.id/.

Andap menjelaskan pendaftaran Sekolah Kedinasan  dibuka untuk formasi umum dengan pendidikan SLTA/sederajat, serta formasi pegawai bagi mereka yang telah diangkat menjadi pegawai Kemenkumham sebelumnya. Peserta dapat memilih dari antara dua sekolah kedinasan Kemenkumham, yaitu Politeknik  Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

"Kami mengajak anak-anak yang ingin belajar dan mengabdi bagi bangsa. Ini kesempatan baik yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi bagian dari keluarga Kemenkumham," kata Andap, Rabu (15/5/2024).

Peserta akan melewati rangkaian proses seleksi, yang meliputi seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan seleksi lanjutan. Seleksi lanjutan ini berupa tes kesehatan dan pengamatan fisik, tes kesamaptaan, tes psikologi, serta wawancara dan keterampilan.

Pembukaan seleksi catar ini telah diresmikan melalui surat Pengumuman No. SEK-KP.02.04-167 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto. Pengumuman ini dapat diakses pada laman https://catar.kemenkumham.go.id/

Andap mengajak para peserta untuk memantau informasi terkini terkait seleksi catar melalui kanal-kanal resmi Kemenkumham. Peserta dapat mengakses informasi di laman https://catar.kemenkumham.go.id, atau https://kemenkumham.go.id. Selain itu, Kemenkumham menyediakan kanal media sosial catar di X (Twitter) @catarkumham, juga akun Instagram @catar.kumham dan @kemenkumhamri.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mau Daftar Sekolah Kedinasan 2024, Siapkan Dokumen Ini

Pendaftaran sekolah kedinasan 2024 dibuka mulai hari ini 15 Mei 2024 hingga 13 Juni 2024. Hal ini seperti dikutip dari laman dikdin.bkn.go.id/. Adapun pendaftaran sekolah kedinasan 2024 ini bisa dilakukan melalui link SSCASN BKN yaitu dikdin.bkn.go.id.

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi dengan sistem ikatan dinas yang berada di bawah naungan kementerian dan lembaga pusat. Sedikitnya ada 39 sekolah kedinasan yang lulusannya bisa menjadi CPNS setelah lulus.

Dokumen untuk Mendaftar Sekolah Kedinasan 2024

Lantas dokumen apa saja yang perlu disiapkan untuk mendaftar sekolah kedinasan 2024?

Calon pelamar Sekolah Kedinasan 2024 untuk dapat mempersiapkan dokumen pendaftaran sesuai regulasi. Semisal pas foto, KTP, Kartu Keluarga, ijazah terakhir, dan dokumen lainnya.

"Sementara informasi terkait syarat pendaftaran lainnya dapat melihat di masing-masing website sekolah kedinasan instansi atau pada SSCASN," kata Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto.

 

 

3 dari 3 halaman

Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Seperti dikutip dari laman dikdin.bkn.go.id, Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai tanggal 14 Mei 2024, kemudian dilanjutkan dengan masa Pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai tanggal 15 Mei sampai 13 Juni 2024.

Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) akan dilaksanakan pada 18 Juli - 6 Agustus 2024. Selanjutnya, pelaksanaan Seleksi Lanjutan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan.

Portal SSCASN BKN

"Seleksi sekolah kedinasan 2024 dibuka untuk 8 kementerian/lembaga penyelenggara sekolah kedinasan. Insya Allah pengumuman akan dilakukan mulai 14 Mei 2024. Peserta dapat mulai mendaftar 15 Mei 2024 melalui portal SSCASN yg dimiliki oleh BKN," ujar Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto

Pasca pendaftaran, Haryomo melanjutkan, seleksi kompetensi dasar akan diselenggarakan di 36 titik lokasi mulai 18 Juli-6 Agustus 2024. "Itu dilaksanakan sebanyak 4 sesi per hari. Kecuali untuk Jumat dilaksanakan hanya 2 sesi karena adanya Sholat Jumat," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat