uefau17.com

Daftar 10 Orang Terkaya di Timur Tengah 2024, Bukan Sultan Kaleng-Kaleng! - Bisnis

, Jakarta Tahun ini menjadi tahun yang luar biasa bagi para Miliarder di dunia.

Forbes telah mengidentifikasi jumlah miliarder yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan total 2.781 miliarder di seluruh dunia masuk dalam daftar Miliarder Dunia tahun ini.

Angka ini meningkat 141 orang dibandingkan tahun 2023 dan 26 orang lebih banyak dari rekor tertinggi sebelumnya yang tercipta pada tahun 2021.

Kekayaan para miliarder ini juga meningkat, dengan kekayaan gabungan mereka mencapai $2 triliun—$14,2 triliun lebih banyak daripada tahun lalu dan $1,1 triliun lebih banyak dibandingkan rekor sebelumnya pada tahun 2021.

Namun, miliarder Saudi masih absen dari daftar Forbes untuk tahun ketujuh berturut-turut.

Pavel Durov, pendiri dan pemilik layanan pesan Telegram, kini menjadi orang terkaya di Timur Tengah dengan kekayaan bersih sebesar $15,5 miliar pada tahun 2024, naik dari $11,5 miliar pada tahun 2023.

Miliarder Mesir, Nassef Sawiris, tetap menjadi orang Arab terkaya di dunia dan menduduki peringkat kedua di Timur Tengah setelah Durov, dengan kekayaan bersih sebesar $8,8 miliar.

Kekayaan Sawiris meningkat sebesar $1,4 miliar sejak tahun 2023, dengan salah satu aset paling berharganya adalah kepemilikan hampir 6% di perusahaan pakaian olahraga Adidas.

Uni Emirat Arab mencatat jumlah miliarder terbanyak dalam daftar Forbes, serta kekayaan kumulatif terbesar, dengan total kekayaan bersih sebesar $55,1 miliar.

Dari jumlah tersebut, miliarder Timur Tengah juga menunjukkan kekuatan finansial mereka dengan total kekayaan gabungan mencapai $100,9 miliar.

Berikut ini adalah daftar miliarder terkaya di Timur Tengah versi Forbes 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Pavel Durov

 

Kekayaan Bersih: $15,5 miliar

Sumber Kekayaan: Telegram

Pavel Durov, pendiri dan pemilik layanan pesan Telegram, menjadi miliarder terkaya di Timur Tengah. Kekayaannya meningkat signifikan dari $11,5 miliar pada tahun 2023 menjadi $15,5 miliar pada tahun 2024.

2. Nassef Sawiris

Kekayaan Bersih: $8,8 miliar

Sumber Kekayaan: OCI, Adidas

Nassef Sawiris tetap menjadi orang Arab terkaya di dunia. Kekayaannya naik $1,4 miliar dibandingkan tahun 2023. Salah satu aset berharganya adalah kepemilikan hampir 6% di perusahaan pakaian olahraga Adidas.

3. M.A. Yusuff Ali

Kekayaan Bersih: $7,8 miliar

Sumber Kekayaan: Fashion & Retail

M.A. Yusuff Ali memimpin LuLu Group International dengan pendapatan sebesar $8,4 miliar. Grup ini mengoperasikan 256 hipermarket dan mal di Teluk dan tempat lainnya.

Aset lainnya termasuk Waldorf Astoria di Skotlandia dan Great Scotland Yard Hotel

4. Hussain Sajwani

Kekayaan Bersih: $5,1 miliar

Sumber Kekayaan: Real Estate

Hussain Sajwani adalah ketua pengembang real estate mewah yang berbasis di Dubai, Damac Properties.

Ia memulai bisnisnya di bisnis jasa makanan, melayani raksasa militer dan konstruksi AS, Bechtel.

Pada tahun 2001 ia beralih ke real estate dan menjual unit di bangunan tempat tinggal dalam waktu kurang dari enam bulan.

5. Renuka Jagtiani

Kekayaan Bersih: $4,8 miliar

Sumber Kekayaan: Fashion & Retail

Renuka Jagtiani adalah ketua raksasa ritel Timur Tengah Landmark Group, yang berbasis di Dubai. Landmark didirikan pada tahun 1973 sebagai toko tunggal di Bahrain oleh mendiang suaminya

Saat ini, Landmark memiliki 2.200 toko yang tersebar di 24 negara di Timur Tengah, Afrika, Asia Tenggara, dan anak benua India

 

 

 

3 dari 3 halaman

6. Joy Alukkas

Kekayaan Bersih: $4,4 miliar

Sumber Kekayaan: Fashion & Retail

Joy Alukkas pergi ke Timur Tengah untuk membuka toko luar negeri pertama keluarganya pada tahun 1987 di Abu Dhabi.

Ia berhenti untuk meluncurkan merek Joyalukkas miliknya sendiri, yang kini memiliki 100 gerai yang tersebar di India dan 60 gerai di luar negeri. Minatnya yang lain meliputi penukaran uang, mal, dan real estat.

7. Abdulla bin Ahmad Al Ghurair dan Keluarga

Kekayaan Bersih: $3,9 miliar

Sumber Kekayaan: Perhiasan mewah

Abdulla Al Ghurair mendirikan Mashreqbank, sebuah bank terkemuka di U.A.E. bank, pada tahun 1967.

Perusahaan induknya memiliki kepentingan di bidang makanan, konstruksi, dan real estate; anggota non-keluarga adalah bagian dari tim kepemimpinan.

Perusahaan konstruksinya mengerjakan pelapis eksterior Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia, dan membantu membangun Dubai Metro. 

8. Naguib Sawiris

Kekayaan Bersih: $3,8 miliar

Sumber Kekayaan: Telekomunikasi

Naguib Sawiris adalah keturunan keluarga terkaya di Mesir. 

Dia membangun kekayaan di bidang telekomunikasi, menjual Orascom Telecom pada tahun 2011 ke perusahaan telekomunikasi Rusia VimpelCom (sekarang Veon) dalam transaksi bernilai miliaran dolar.

Dia juga mengembangkan resor mewah bernama Silversands di Pulau Karibia Grenada.

9. Shamsheer Vayalil

Kekayaan Bersih: $3,5 miliar

Sumber Kekayaan: kesehatan

Shamsheer Vayalil adalah pendiri dan ketua Burjeel Holdings, jaringan rumah sakit, klinik, dan apotek di Timur Tengah.

Ia bermigrasi ke Timur Tengah setelah menyelesaikan studi kedokterannya dan bekerja sebagai ahli radiologi di rumah sakit setempat.

Di dukung oleh ayah mertuanya, miliarder ritel M.A. Yusuff Ali, Vayalil memulai dengan satu rumah sakit di Abu Dhabi pada tahun 2007. 

10. Abdulla Al Futtaim & family

Kekayaan Bersih: $3,3 miliar

Sumber Kekayaan: Otomotif

Abdulla Al Futtaim adalah seorang konglomerat Al Futtaim Group, yang dijalankan oleh putranya Omar, yang merupakan wakil ketua dan CEO.

Pada tahun 1955, grup ini menjadi distributor eksklusif di U.A.E. Toyota, dan masih memiliki distribusi hingga saat ini.

Al Futtaim juga memiliki lisensi untuk mengoperasikan Hertz, Ikea, Toys (R) Us, dan Marks and Spencer di U.A.E.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat