uefau17.com

Jokowi Kepincut Mobil Listrik Toyota Yaris Cross HEV, Berapa Harganya? - Bisnis

, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertarik dengan teknologi yang dihadirkan Toyota Yaris Cross HEV saat mengunjungi booth Toyota di ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis  (15/2) kemarin.

Ketertarikan Jokowi ini lantaran teknologi yang diusung Toyota Yaris Cross HEV memiliki tingkat efisiensi tinggi dan rendah emisi.

"Presiden Joko Widodo Tertarik Yaris Cross HEV yang Miliki Tingkat Efisiensi Tinggi dan Rendah Emisi," tulis Toyota dalam keterangannya di Jakarta,  Jumat (16/2).

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi

 mengungkapkan bahwa pemerintah antusias untuk bisa memberikan insentif pada kendaraan dengan teknologi hybrid. Hal ini demi mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Melansir laman resmi Toyota, Toyota Yaris Cross HEV dijual mulai Rp440,6 juta. Harga tersebut berlaku untuk OTR DKI Jakarta, Bekasi, Banten per 13 Juni 2023.

Adapun,  Toyota Yaris Cross HEV merupakan salah satu xEV yang diproduksi lokal dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 80 persen. Selain itu, kendaraan listrik ramah lingkungan ini memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi, 31 km/liter. 

Berkat teknologi yang dimiliki,  Toyota Yaris Cross HEV bersama Kijang Innova Zenix HEV merupakan xEV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia. 

"Kehadiran kedua Hybrid EV merupakan wujud keseriusan Toyota Indonesia memperluas pilihan eco friendly vehicle bagi masyarakat Indonesia dan global dalam upaya netralitas karbon," ungkap Toyota.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta  perusahaan mobil listrik dunia untuk melakukan produksi di Indonesia. Mengingat, Indonesia mempunyai kekuatan besar sebagai produsen utama baterai untuk kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) 

"Semuanya kita dorong agar tujuannya agar semuanya berproduksi di Indonesia. EV, semua merk, berproduksi di Indonesia. Karena kita mempunyai kekuatan EV baterai," kata Jokowi usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kendaraan Listrik

Jokowi menyampaikan, pemerintah terus berupaya mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Antara lain dengan pemberian insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap pembelian kendaraan listrik roda empat dan bus.

"Kita kan sudah mendorong dengan apa, pengurangan PPN," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut, insentif PPN tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan daya saing Investasi Indonesia di sektor kendaraan listrik. Kebijakan ini sebagaimana lumrah ditetapkan oleh sejumlah negara maju lainnya.

"Saya kira arahnya ke sana. Agar kita nanti bisa bersaing dengan negara-negara lain, kalau semua local content sudah, baterainya sudah, saya kira akan kita lihat nanti kita akan bisa bersaing dengan negara-negara lain," bebernya.

Jokowi optimis, kebijakan PPN tersebut akan mendorong penjualan mobil listrik di Indonesia. Bahkan, menarik minat investor untuk berinvestasi di Indonesia dengan membangun pabrik kendaraan listrik.

3 dari 5 halaman

Ini Jam Buka dan Harga Tiket Masuk IIMS 2024, Catat!

Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (16/2). Ajang pameran otomotif bergengsi ini dijadwalkan berlangsung pada 16 sampai 25 Februari 2025.

Melansir dari akun Instagram @iims_id, jam buka IIMS pada Senin - Kamis berlangsung pada pukul 11.00 sampai 21.00 Wib . Sedangkan, pada hari Jumat - Minggu berlangsung pada pukul 10.00 Wib sampai 21.00 wib.

Tiket Masuk IIMS 2024

Harga tiket IIMS 2024 khusus untuk pameran otomotif pada hari Senin - Kamis dijual mulai dari Rp50.000. Sedangkan, pada hari Jumat - Minggu tiket IIMS 2024 dijual Rp85.000.

"Seluruh tiket Tiket IIMS dan IIMS Infinite Live dapat dibeli melalui www.dyandratiket.com dan aplikasi BBO atau https://bbo.co.id.," tulis keterangan panitia IIMS kepada media.

Sedangkan bagi pengunjung yang tertarik menyaksikan pertunjukan konser musik di 

IIMS Infinite Live 2024 akan dikenakan tiket masuk Rp Rp 150 ribu per orang. Sementara harga tiket konser IIMS Infinite Live 2024 pada awal pekan mulai Rp75 ribu per orang.

Sejumlah musisi ternama Indonesia akan hadir dalam konser musik IMMS 2024. Mulai dari Kahitna (16 Februari 2024), Ari Lasso (17 Februari 2024), Andre Taulani & Friends (18 Februari 2024), Saykoji (19 Februari 2024), Maliq & D’Essential (20 Februari 2024), Endah N Rhesa (21 Februari 2024), Mahalini (22 Februari 2024), Tulus (23 Februari 2024), Dewa 19 feat Marcello Tahitoe (25 Februari 2024).

Selain itu, berbagai fasilitas umum yang akan memanjakan pengunjung telah disediakan. Mulai dari, area food court dengan ragam tenant makanan minuman lokal dan internasional, fasilitas mushola yang nyaman dan besar, area Test Drive & Test Ride Outdoor dan Indoor untuk kendaraan EV.

Bahkan,  kendaraan umum gratis untuk menjaring pengunjung dari dan ke berbagai titik di Jabodetabek menuju JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang IIMS 2024, Anda dapat mengunjungi akun Instagram resmi @iims_id, @iimsinfinitelive dan situs web www.indonesianmotorshow.com. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman otomotif terbaik di IIMS 2024! 

4 dari 5 halaman

Menko Airlangga Targetkan Transaksi IIMS 2024 Tembus Rp 5,3 Triliun

Gelaran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024, resmi dibuka Presiden Joko Widodo, Kamis (15/2/2024). Salah satu pameran kendaraan bermotor roda empat dan roda dua bergengsi di Tanah Air ini berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 15-25 Februari 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya terhadap industri otomotif di Indonesia yang telah berhasil meningkatkan ekspor hingga 100 persen.

"Potensi besar tersebut harus dimanfaatkan agar mampu bersaing dengan negara lain. Namun, kita masih kalah dengan Thailand, sehingga kami ingin mendorong lagi agar ekspornya makin tinggi dan naik setiap tahunnya,” kata Airlangga dikutip dari keterangan Kemenko Perekonomian, Kamis (15/2/2024).

Menurutnya, gelaran IIMS 2024 memberikan ruang eksklusif bagi industri otomotif untuk berinovasi dan menampilkan produk unggulannya masing-masing. Dalam IIMS 2024 yang mengusung tema “Your Infinite Autotainment Experience” diikuti paling tidak oleh 53 merek kendaraan dan 188 peserta.

 

5 dari 5 halaman

Transaksi IIMS 2024 

Adapun target total transaksi IIMS 2024 diperkirakan sebesar Rp5,3 triliun dengan menghadirkan sekitar 460 ribu pengunjung pada periode 15-25 Februari 2024.

“Semoga acara ini berjalan lancar dan memacu industri otomotif Indonesia untuk lebih proaktif serta progresif memunculkan produk-produk inovatif dengan mengedepankan produk lokal,” ujar Menko Airlangga.

Berdasarkan catatannya, kontribusi ekspor produk otomotif nasional tercatat cukup signifikan dengan tumbuh 5,96 persen (yoy) pada tahun 2023, naik jika dibandingkan tahun 2022 yang sebesar 5,14 persen (yoy).

Industri otomotif nasional mampu mencetak penjualan kendaraan bermotor roda 4 atau lebih secara kumulatif untuk tahun 2023 sebesar 1.005.802 unit.

Sementara, berdasarkan data Gaikindo tercatat sepanjang 2023 penjualan domestik mobil listrik mencapai 17.147 unit dan ekspor mobil listrik sebesar 1.504 unit. Lebih lanjut, penjualan mobil hybrid sepanjang tahun 2023 mencapai sebanyak 54.656 unit dan ekspor mobil hybrid sebesar 27.710 unit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat