uefau17.com

Tarif Promo Kereta Cepat Whoosh Rp 300 Ribu, Begini Cara Pesan Tiketnya - Bisnis

, Jakarta - Tarif promo Kereta Cepat Whoosh dipatok Rp 300.000 untuk semua rute dan mendapatkan gratis KA feeder dari dan menuju Stasiun Bandung, Jawa Barat.

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Eva Chairunisa menuturkan, masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh keberangkatan mulai 18 Oktober dan seterusnya dengan tarif promo seharga Rp 300.000. Tarif itu untuk semua rute serta mendapatkan gratis KA feeder dari dan menuju Stasiun Bandung.

"Rute perjalanan yang dilayani Kereta Cepat Whoosh yaitu Halim-Padalarang PP dan Halim-Tegalluar PP,” ujar dia dikutip dari Antara, Sabtu (14/10/2023).

Eva menuturkan, promo itu diberikan untuk memperkenalkan layanan Kereta Cepat Whoosh kepada masyarakat sehingga masyarakat tertarik dan menggunakan Whoosh untuk kebutuhan bertransportasi. “Penetapan kebijakan tarif tersebut dilakukan melalui berbagai studi, survei dan melihat fenomena serta kebutuhan di masyarakat,” ujar dia.

Adapun tiket Kereta Cepat Whoosh dapat dipesan dengan sejumlah cara di antaranya melalui website ticket.kcic.co.id. Pemesanan mulai H-7 hingga 1 jam sebelum keberangkatan, pembayaran melalui transfer bank, QRIS, E-Wallet, kartu kredit, dan gerai ritel dan penumpang mendapatkan QR Code yang langsung dapat digunakan untuk boarding tanpa perlu menukar tiket fisik di stasiun.

Sementara itu, melalui ticket vending machine di stasiun. Pemesanan mulai H-7 hingga 30 menit sebelum keberangkatan, pembayaran melalui QRIS dan penumpang mendapatkan tiket fisik.

Selain itu, melalui loket. Pemesanan mulai H-7 hingga 30 menit sebelum keberangkatan, pembayaran melalui tunai, debit, kartu kredit dan QRIS serta penumpang mendapatkan tiket fisik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemesanan Lewat Aplikasi Mulai 17 Oktober 2023

Eva menambahkan, untuk pemesanan melalui aplikasi Whoosh Kereta Cepat dan aplikasi lain yakni Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking akan dimulai pada 17 Oktober 2023 bertepatan dengan acara peresmian pengoperasian perdana Kereta Cepat Whoosh berbayar secara langsung dari China.

KCIC juga akan memberikan promo-promo menarik antara lain diskon rombongan, diskon lansia, paket perjalanan yang bekerja sama dengan lokasi wisata, hotel, penyelenggara event, dan lainnya. Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang dan memberikan kemudahan pada saat memakai Kereta Cepat Whoosh.

“Hingga saat ini sudah terdapat sekitar 4.800 kursi yang dipesan untuk perjalanan grup atau rombongan melalui permohonan resmi,” ujar dia.

Setelah operasional berbayar diterapkan pada 17 Oktober, KCIC menyebutkan terdapat total 14 perjalanan Kereta Cepat Whoosh per hari dengan rincian tujuh perjalanan dari Stasiun Halim dan tujuh perjalanan dari Stasiun Tegalluar dengan jadwal, yakni keberangkatan dari Stasiun Halim: 06.40 WIB, 08.45 WIB, 10.20 WIB, 13.00 WIB, 15.35 WIB, 17.35 WIB, dan 18.50 WIB.

Keberangkatan dari Stasiun Tegalluar tersedia pada pukul 06.40 WIB, 08.45 WIB, 10.20 WIB, 13.00 WIB, 15.35 WIB, 17.35 WIB, dan 18.50 WIB.

3 dari 4 halaman

Dapat Gratis Perjalanan KA Feeder

Eva menuturkan, penumpang Kereta Cepat Whoosh juga mendapatkan gratis perjalanan KA feeder yang jadwalnya sudah disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan Kereta Cepat Whoosh. Adapun, KA feeder tersebut akan berhenti di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung.

"Seluruh jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh dan KA feeder dari dan menuju Stasiun Bandung dapat dilihat di sosial media Kereta Cepat ID dan website kcic.co.id," kata Eva.

KCIC turut menginformasikan bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun Halim dapat melalui akses Jalan DI Panjaitan, LRT Jabodebek, dan TransJakarta dengan rute Halim-Cawang PP.

Untuk menuju Stasiun Padalarang, penumpang dapat menggunakan exit tol Padalarang, Jalan Panaris, dan KA feeder maupun commuter. Sementara itu untuk Stasiun Tegalluar penumpang dapat mengaksesnya melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi, Damri dari Soekarno Hatta, shuttle bus dari Mall Summarecon, dan angkutan daring dari Stasiun Cimekar.

4 dari 4 halaman

Sudah Angkut 28 Ribu Penumpang

Sebelumnya diberitakan, Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat Whoosh telah mengangkut penumpang sebesar 28 ribu penumpang dalam masa uji coba gratis ini. Uji coba gratis Kereta Cepat Whoosh ini akan akan berakhir pertengahan Oktober 2023. 

Manager Corporate Communications PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti menjelaskan, kereta cepat yang diberi nama Whoosh ini telah dijalankan sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 3 Oktober 2023.

"Sampai saat ini sudah mencapai 28 ribu lebih penumpang. Perharinya sekitar 2 ribu penumpang. Masyarakat sangat menikmati," jelas dia saat ditemui di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, pada Jumat (13/10/2023).

Emir melanjutkan, dalam masa uji coba gratis yang diberi mana Whoosh Experience Program ini masih akan berlangsung sampai dengan 16 Oktober 2023.

KCIC akan melakukan evaluasi setelah Whoosh Experience Program selesai. Jika diperlukan, maka program uji coba gratis tersebut akan diperpanjang.

Ia melanjutkan, Whoosh Experience Program ini yang saat ini dijalankan merupakan tahap kedua. Ada perbedaan proses Whoosh Experience Program tahap pertama dan tahap kedua.

Di tahap satu, penumpang melakukan menukarkan tiket di stasiun. Sedangkan di tahap kedua, KCIC mencoba menggunakan QR Code sehingga penumpang tidak perlu menukarkan tiket lagi di stasiun.

Perbedaan cara ini untuk melihat tingkat efisiensi dan kemudahan penumpang dalam menggunakan moda transportasi modern ini.

"Ini biar penumpang tidak perlu khawatir menyimpan tiket. Dengan QR COde jadi lebih mudah," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat