uefau17.com

Rayakan HUT ke-78 RI, IDSurvey Gelar Transplantasi Terumbu Karang dan Mangrove - Bisnis

, Jakarta Memperingati Hari Kemerdekaan RI, IDSurvey melakukan transplantasi terumbu karang, budidaya anemon dan penanaman mangrove untuk konservasi Ekosistem Pesisir bersama Relawan Bakti BUMN Batch IV di Pantai Carita. Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan kehidupan biota bawah laut yang mulai rusak salah satunya karena aktivitas penangkapan ikan dengan bahan berbahaya. 

Konservasi Ekosistem Pesisir yang diikuti 10 Relawan di Pandeglang merupakan rangkaian dari Program Relawan Bakti BUMN Batch IV yang secara keseluruhan diikuti oleh 100 Relawan terpilih dari hasil seleksi 8.096 pendaftar dilaksanakan serentak pada 15-17 Agustus 2023 di 10 lokasi di Indonesia.

Program Relawan Bakti BUMN Batch IV dilakukan sesuai hasil survei yang selanjutnya dilakukan social mapping dan dianalisis lalu diselaraskan dengan Fokus Prioritas Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN yang ditetapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan pesannya terkait Relawan Bakti BUMN.

“Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK, tidak hanya di lingkungan kantor, namun juga di lingkungan masyarakat dimanapun mereka berada, sehingga Bakti BUMN dapat secara nyata dirasakan oleh masyarakat, tidak hanya melalui BUMN sebagai sebuah korporasi, namun juga dalam kontribusi langsung para Insan BUMN kepada masyarakat," kata dia dikutip Minggu (20/8/2023).

Kehadiran IDSurvey yang merupakan Holding 3 entitas BUMN, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia, di Pandeglang bukan untuk pertama kalinya.

Transplantasi Terumbu Karang

Pada tahun 2022, IDSurvey telah melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang dalam upaya Budidaya Anemon dan Ikan Nemo. Kali ini Kehadiran IDSurvey di Desa Wisata sebagai penyelenggara kegiatan Relawan Bakti BUMN di Pandeglang, Banten.

“Kesinambungan kegiatan ini merupakan salah satu upaya IDSurvey dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk mencapai pendidikan berkualitas, pekerjaan layak, pertumbuhan ekonomi, konsumsi, produksi yang bertanggung jawab, dan ekosistem laut serta ekosistem darat ujar Sinung Triwulandari, Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), pada acara penutupan Relawan Bakti BUMN di Pantai Carita.

“Dulunya perairan di kawasan pesisir disini terlihat mulai menghitam, terumbu karangnya mulai  rusak serta jumlah ikan hiasnya mulai berkurang, begitu tahun lalu kita lakukan budidaya Anemon dan transplantasi Terumbu Karang, airnya mulai jernih serta jumlah ikan mulai meningkat," ujar Arip Gofur, local hero IDSurvey yang aktif melakukan budidaya terumbu karang dan ikan hias  di Desa Sukarame. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Kapasitas SDM

Pada kesempatan yang sama, Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor IndonesiaLussy Ariani Seba juga menyampaiakn harapan atas suksesnya kegiatan relawan selama 4 hari di Desa Sukarame, Pandeglang, Banten.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi seluruh relawan dan mampu meningkatkan kapasitas dalam bekerja di BUMN” 

Hal senada disampaikan Budi Hartanto, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO “Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar serta memberikan dampak langsung terhadap lingkungan perairan. Menjaga alam sama seperti kita memitigasi bencana yang bisa timbul akibat kerusakannya”

Sebagai puncak acara, IDSurvey melaksanakan upacara di laut untuk meningkatkan kesadaran relawan dan masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem pesisir.

 

3 dari 3 halaman

Rangkaian Kegiatan

Bertindak selaku inspektur upacara Koordinator Keasdepan TJSL Kementerian BUMN, Fahrudin Muhtahmin. Rangkaian kegiatan lainnya yang dilakukan oleh relawan Bakti BUMN bersama IDSurvey selama 4 hari  di Desa Sukarame adalah, mengajar dan pemberian bantuan di Sekolah Dasar Negeri Sukarame 2, Revitalisasi Madrasah sebagai sarana pendidikan, pembangunan fasilitas untuk sumber mata air Cigirang dan Cikulon, Peningkatan Literasi Digital untuk Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) serta Pelestarian Dzikir Saman yang merupakan salah satu Budaya masyarakat sekitar.

Sebagai penutupan, kegiatan ini menghadirkan 2 Direksi muda BUMN, Allan Prakosa dari Bio Farma dan Reza Febriano, dari Jasa Marga untuk memberikan motivasi tentang karir kepada peserta relawan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat