uefau17.com

Warga Kabupaten Tangerang Terima Sambungan Listrik Gratis - Bisnis

, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero), memberikan sambungan listrik baru gratis bagi masyarakat pra sejahtera di Desa Patrasana, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Senin (26/12/2022).

Bantuan tersebut, diperuntukkan bagi rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T, yakni Terdepan, Terluar, Tertinggal. Lalu memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepala desa atau lurah, serta pejabat yang setara.

Sekretaris Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, Ida Nuryanti Finahari, mengungkapkan, masyarakat penerima Program BPBL 2022 sebanyak 80.000 rumah tangga yang tersebar di 22 Provinsi.

"Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat untuk memperoleh akses listrik adalah melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang hari ini akan dilakukan peresmian dan penyalaan pertama untuk Provinsi Banten tepatnya di Kabupaten Tangerang," tutur Ida.

Program ini merupakan penugasan dari pemerintah oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM yang dilaksanakan dan didukung PLN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Lebih lanjut Ida menjelaskan, melalui program BPBL ini masyarakat penerima program BPBL akan mendapatkan instalasi listrik rumah berdaya 450 VA.

Lalu tiga titik lampu, satu kotak kontak, pemeriksanaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO), penyambungan ke PLN dan token listrik pertama.

Dilain pihak, General Manager PT PLN (Persero) UID Banten, Abdul Mukhlis menambahkan, PLN UID Banten berhasil menuntaskan pemasangan BPBL pada 2.326 rumah tangga per 27 November 2022 atau 101,6 persen atau dari target 2.187 Rumah Tangga. Dari angka tersebut sebanyak 1.108 Rumah Tangga ada di Kabupaten Tangerang.

"Program BPBL ini merupakan bukti nyata dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengejar target rasio elektrifikasi sebesar 100 persen dan menunjukkan keseriusan PLN dalam melaksanakan penugasan yang diberikan pemerintah", ujar Abdul.

3 dari 3 halaman

2.412 Rumah Tangga Kurang Mampu di Sumsel Nikmati Pemasangan Listrik Gratis

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkolaborasi dengan PT PLN (Persero) dan DPR RI untuk menuntaskan program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) kepada 2.412 rumah tangga kurang mampu di Sumatera Selatan (Sumsel).

Lewat program tersebut, kini 2.412 rumah tangga kurang mampu itu sudah dapat menikmati sambungan listrik gratis. Bantuan ini meliputi biaya pasang baru listrik PLN, pemasangan instalasi tenaga listrik, biaya sertifikasi laik operasi (SLO), sampai dengan pengisian token listrik perdana.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Mohamad Priharto Dwinugroho, menyampaikan apresiasinya terhadap PLN Group yang telah mengawal proses penyaluran BPBL hingga tuntas.

Dia mengatakan, penerima BPBL harus memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

“Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PLN dan PLN Icon Plus yang telah mengawal sistem informasi pengawasan BPBL ini. Listrik yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat kini dapat dinikmati juga oleh warga kurang mampu penerima BPBL," tutur Priharto dalam keterangan tertulis, Minggu (11/12/2022).

Priharto mengutarakan, bantuan pemasangan listrik baru PLN ini juga jadi salah satu upaya pengamanan listrik. Melalui adanya SLO, maka instalasi listrik pelanggan telah tersertifikasi dan dinyatakan layak digunakan.

"Adanya SLO bagi penerima bantuan juga menjadi upaya pengamanan bahaya listrik. Dalam hal ini, DJK akan selalu mensosialisasikan bahaya ketenagalistrikan kepada warga," imbuhnya.

Executive Vice President Penjualan Pelayanan Pelanggan dan Retail PLN Saleh Siswanto menyatakan, program BPBL merupakan wujud dukungan PLN untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. PLN pun menyampaikan terima kasih terhadap dukungan berbagai pihak dalam merampungkan program BPBL di Provinsi Sumatera Selatan ini.

"Pada tahun 2022 ini, PLN UID S2JB diberikan target BPBL oleh pemerintah sebanyak 2.412 pelanggan dan telah rampung 100 persen," terang dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat