uefau17.com

Sisi Lain Menteri PUPR Basuki, Jadi Fotografer Dadakan di KTT G20 hingga Jago Gebuk Drum - Bisnis

, Jakarta Di antara kehadiran para pemimpin negara di perhelatan KTT G20, sosok jadi perhatian tak biasa adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Itu setelah bila biasanya dia terlihat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau atau meresmikan satu proyek, kini Menteri Basuki tampak menjadi fotografer dadakan menemani kepala negara saat delegasi KTT G20 berkunjung ke Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai, Bali.

Dia terlihat membaur bersama rombongan wartawan lain dengan membawa kamera profesional. Dengan gaya santai mengenakan topi dibalik, Pak Bas yang merupakan sapaan akrab Menteri Basuki seakan menikmati hobi mengabadikan momen Presiden Jokowi dengan kamera yang dikalungkan di leher.

Ternyata fotografi merupakan hobi orang nomor satu di PUPR ini. Ini diungkapkan Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja menjelaskan.

"Dari kemarin juga beliau sudah bawa kamera. Ketika acara selesai langsung angkat kamera. Ya itu memang hobinya. Ini kan juga even besar yang langka ya," kata Endra kepada wartawan, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Sebelum menyalurkan hobinya, Endra memastikan hal itu dilakukan Basuki setelah menyelesaikan tugasnya mendukung rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Tim PUPR bahkan sudah berkantor lebih dari 10 hari di Bali.

 

"Jadi tugas sudah kita selesaikan semua termasuk world water forum, semua bilateral dengan Korea, UEA, Jepang kita sudah selesaikan semua kemudian beliau tinggal mendampingi presiden," kata dia.

"Selebihnya ada waktu luang sekaligus beliau menyalurkan itu hobi fotografernya," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jago Main Drum

Selain hobi fotografi, Menteri Basuki sebenarnya juga hobi memainkan alat musik. Penampilan Basuki kerap terekam di berbagai acara.

Dia tergabung dalam grup band yang beranggotakan para Menteri Jokowi yang gemar bermain musik. Apalagi mereka yang tercatat sebagai alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Elek Yo Band band yang dibentuk para menteri. Band ini digawangi sejumlah menteri, antara lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Basuki Hadimuljono.

Aksi panggung mereka pun pernah dipertontonkan di hadapan civitas UGM, bahkan publik. Salah satunya, ketika mengisi acara resepsi pernikahan putri Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Adapula pada 2018 lalu, Menteri Basuki dan Menteri Budi Karya Sumadi menunjukan kemahirannya bermain musik dalam acara Projo Public Lecture.

 

Mereka juga pernah manggung dengan Abdee gitaris Slank. Elek Yo Band berkolaborasi dengan Abdee di depan ribuan alumni di Panggung Nitilaku UGM.

Kemudian, Basuki Hadi Muljono pernah memeriahkan Konser Kebangsaan, Simfoni Insan Perhubungan, Bangkit Maju Bersama di Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Konser Kebangsaan tersebut dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 dan menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-52, Kementerian Perhubungan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat