uefau17.com

Donald Trump Diprediksi Kerek Inflasi Global Jika Menang Pilpres AS - Bisnis

, Jakarta - Analis memperkirakan masa jabatan kedua Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat (AS) dapat mendorong kembali inflasi global. Hal itu lantaran kebijakan tarif tinggi Amerika yang akan menaikkan biaya di seluruh dunia.

"Ada risiko yang lebih besar bahwa kebijakan Trump akan lebih bersifat inflasi pada masa jabatan kedua dibandingkan pada masa jabatan pertama," kata strategi makro di State Street Global Markets, Michael Metcalfe, dikutip dari CNBC International, Rabu (17/7/2024).

"Dibandingkan tahun 2016 ketika inflasi selalu rendah, (namun) 2024 dan tahun 2025 akan sangat berbeda," ia menambahkan.

"Tingkat inflasi lebih tinggi, ekspektasi inflasi lebih tinggi, dan kita masih dalam pola pikir inflasi," ujar Metcalfe.

Hal ini dapat berdampak pada kenaikan harga baik di dalam negeri maupun di luar Amerika Serikat, di Asia dan Eropa.

Tarif yang tinggi biasanya dianggap berisiko bagi inflasi karena menaikkan harga barang impor, sehingga memungkinkan produsen dalam negeri menaikkan harga, sehingga konsumen harus membayar lebih.

Sementara itu, pemotongan pajak dapat meningkatkan belanja konsumen, sehingga menaikkan harga barang dan jasa.

Baik Presiden Joe Biden maupun Trump telah mengisyaratkan mereka akan menaikkan tarif terhadap impor barang dari China jika terpilih, ketika ketegangan geopolitik meningkat antara kedua negara tersebut.

Namun, jajak pendapat yang dilakukan baru-baru ini terhadap para ekonom menunjukkan bahwa mayoritas orang melihat inflasi meningkat di bawah pemerintahan Trump karena sikap proteksionisme-nya.

Mereka yang melihat inflasi meningkat lebih tinggi pada masa jabatan Biden yang kedua mengaitkan hal tersebut dengan kemungkinan adanya paket belanja yang besar.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Meluas ke Asia?

Senada, analis Nomura, Gareth Nicholson juga memperkirakan inflasi AS yang lebih tinggi dapat meluas ke Asia.

"(Kepresidenan Trump) akan menandai faktor risiko negatif secara keseluruhan untuk saham-saham Asia," katanya.

"Secara makro, hal ini akan menimbulkan inflasi bagi perekonomian global (bahkan mungkin stagflasi), dan akan mempercepat lebih banyak pergeseran rantai pasokan di Asia," bebernya.

Di Eropa, Goldman Sachs memperkirakan dalam catatannya bahwa kepresidenan Trump dapat menambah kenaikan inflasi sebesar 0,1 poin persentase karena tarif yang lebih tinggi membebani perdagangan global.

Senada, Marc Franklin dari Manulife menyebutkan bahwa kecenderungan Trump terhadap pemotongan pajak lebih lanjut dan peninjauan kembali tarif impor dari China bisa menjadi pendorong inflasi.

3 dari 4 halaman

Terendah Sejak 2020, AS Catat Inflasi 3% pada Juni 2024

Tingkat inflasi bulanan Amerika Serikat menunjukkan penurunan pada Juni 2024. Angka inflasi ini diyakini memberi kepercayaan Federal Reserve untuk mulai menurunkan suku bunganya pada akhir 2024.

Mengutip CNBC International, Jumat (12/7/2024) indeks harga konsumen yang mengukur biaya barang dan jasa di seluruh perekonomian AS, turun 0,1% dari bulan Mei, menjadikan tingkat inflasi kini di angka 3%.

Angka tersebut merupakan level terendah dalam lebih dari tiga tahun atau sejak 2020, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja AS.

Kemudian inflasi AS yang termasuk biaya pangan dan energi atau CPI inti meningkat 0,1% secara bulanan ke angka 3,3%, level terkecil sejak April 2021.

Penurunan harga BBM sebesar 3,8% menjadi is pendorong menurunnya inflasi AS pada bulan Juni, mengimbangi kenaikan sebesar 0,2% pada harga pangan dan perumahan.

Biaya-biaya yang terkait dengan perumahan telah menjadi salah satu komponen inflasi yang paling sulit diturunkan dan menyumbang sekitar sepertiga dari bobot CPI, sehingga penurunan tingkat kenaikan merupakan tanda positif lainnya.

"Laporan inflasi bulan Juni berarti The Fed selangkah lebih dekat dengan penurunan suku bunga di bulan September," kata Chris Larkin, direktur pelaksana perdagangan dan Investasi di E-Trade dari Morgan Stanley.

"Banyak hal bisa terjadi antara saat ini dan tanggal 18 September, namun kecuali sebagian besar angka kembali ke wilayah ‘panas’, alasan The Fed untuk tidak menurunkan suku bunganya mungkin tidak dapat dibenarkan lagi," ujarnya.

4 dari 4 halaman

IMF Kasih Wejangan ke Fed Soal Penurunan Suku Bunga, Ini Isinya

Sebelumnya, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva menyarankan Federal Reserve (The Fed) untuk tetap menunggu menurunkan suku bunga sampai akhir tahun ini.

Georgiva menyoroti AS sebagai satu-satunya negara G20 yang mengalami pertumbuhan di atas tingkat sebelum pandemi, dan pertumbuhan yang kuat menunjukkan risiko kenaikan inflasi yang sedang berlangsung.

"Kami menyadari adanya risiko-risiko positif yang penting," kata Georgieva dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari CNBC International, Jumat (28/6/2024).

"Mengingat risiko-risiko tersebut, kami setuju bahwa The Fed harus mempertahankan suku bunga kebijakan pada tingkat saat ini setidaknya hingga akhir 2024," ujarnya.

Sebagai informasi, suku bunga dana fed fund The Fed saat ini berada dalam kisaran 5,25% hingga 5,50% sejak Juli 2023.

IMF memperkirakan bahwa indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti, yang menjadi ukuran inflasi AS versi The Fed, akan berakhir pada tahun 2024 pada kisaran 2,5% dan mencapai tingkat target The Fed sebesar 2% pada pertengahan 2025. Perkiraan tersebut lebih cepat dari proyeksi The Fed untuk 2026.

Kekuatan Ekonomi AS

Kekuatan ekonomi AS selama siklus kenaikan suku bunga The Fed dibantu oleh pasokan tenaga kerja dan peningkatan produktivitas, kata Georgieva, sambil menyoroti perlunya bukti yang jelas bahwa inflasi AS akan turun ke target 2% sebelum The Fed menurunkan suku bunganya.

Meskipun demikian, penilaian IMF yang "lebih optimis” terhadap lintasan penurunan inflasi didasarkan pada indikasi melemahnya pasar tenaga kerja di AS dan melemahnya permintaan konsumen.

"Saya ingin menyadari bahwa pelajaran yang kita peroleh dari (beberapa) tahun terakhir adalah kita berada pada masa yang lebih penuh ketidakpastian. Ketidakpastian ini juga ada di depan. Namun kami yakin bahwa The Fed akan mengatasi hal tersebut, dan tentunya dengan kehati-hatian yang sama seperti yang ditunjukkan selama setahun terakhir," jelas Georgieva.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat