uefau17.com

Jalin Kerja Sama dengan Cedars Sinai Hospital Los Angeles, Eka Hospital Group: Akan Ada Transfer Pengetahuan - Bisnis

, Jakarta Eka Hospital Group menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, California Amerika Serikat. MoU itu dilakukan oleh Chief Operation Officer (COO) Eka Hospital Group, Drg. Rina Setiawati bersama dan Dr. Heitham Hassoun selaku Vice President and Medical Director International Cedars Sinai Hospital, di The Westin Jakarta pada Rabu (24/8).

"Kerja sama ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan Eka Hospital Group, terutama terkait penanganan kegawatdaruratan yang dilaksanakan 22 sampai 23 Agustus 2022 lalu di Eka Hospital. Tidak hanya itu, periode kerja sama antara Eka Hospital dan Cedars Sinai Hospital berlangsung selama tiga tahun," ujar Rina Setiawati, Rabu (24/8).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah awal terjalinnya kerja sama antara kedua institusi dalam bidang quality improvement dengan berbagai aspek pelayanan di rumah sakit. Terutama pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan penanganan pasien dalam kondisi gawat dan darurat.

"Eka Hospital ingin memberikan yang terbaik bagi Indonesia terutama dalam bidang kesehatan. Dalam kerja sama ini nantinya akan ada transfer pengetahuan dan pengalaman dari Cedars Sinai Hospital," katanya. 

Menurut Rina, hasil pelatihan ini tidak hanya akan digunakan untuk Eka Hospitals. Namun dia memastikan, bila ilmu yang didapat dari rumah sakit ternama di Amerika Serikat itu, juga akan dibagikan ke rumah sakit lain. Hal itu dilakukan sebagai upaya peningkatan ilmu pengetahuan penanganan kegawatdaruratan di IGD.

Menurut Rina, Cedars Sinai Hospital dikenal sebagai pusat ilmu kesehatan akademik multispesialis, karena telah melatih para profesional medis lebih dari 80 residens, serta menyediakan beasiswa di bidang khusus dan subspesialisasi serta program pascasarjana.

Tak hanya itu Cedars Sinai dinobatkan sebagai salah satu Rumah Sakit Terbaik Amerika oleh US News & World Report secara konsisten serta menempati urutan ke-2 di California dan telah melayani di bidang kesehatan selama 100 tahun.

Penandatanganan kerjasama kedua belah pihak juga disaksikan Direksi Eka Hospital, Sinar Mas serta Direksi Cedars Sinai Hospital.

Sementara, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan, salah satu tugas yang diamanahkan oleh Presiden Jokowi kepada Kementerian Kesehatan adalah melakukan transformasi sistem kesehatan nasional, yang meliputi transformasi yang salah satu programnya berupa kerjasama dengan rumah sakit terbaik dunia.

Kementerian Kesehatan merasa bangga atas terjalinnya hubungan baik antara Eka Hospital dengan Cedars Sinai Hospital.

"Saya berharap dengan kerjasama ini bisa mendorong pelayanan rumah sakit Indonesia baik rumah sakit swasta maupun pemerintah, agar bisa setara dengan rumah sakit luar negeri. Tidak hanya untuk melayani pasien dalam negeri, tetapi juga menarik pasien luar negeri," ujar Dante dalam kesempatan tersebut.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat