uefau17.com

Kamu Lulusan SMA? Ikuti 5 Kursus Ini biar Jadi Orang Sukses - Bisnis

, Jakarta - Pendidikan tinggi memang penting untuk menunjang kesuksesan. Tapi, tak semua orang beruntung bisa mengenyam bangku kuliah setelah lulus SMA.

Ini bukan berarti pintu sukses akan tertutup kalau tak kuliah. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih kesuksesan.

Dikutip dari Merdeka.com, kamu tetap bisa meraih kesuksesan walaupun bertitel lulusan SMA. Caranya dengan mengikuti kursus. Waktu yang dibutuhkan untuk merampungkan kursus tidaklah lama.

Waktu yang dibutuhkan biasanya sekitar enam bulan dan paling lama setahun. Malah ada yang lebih singkat lagi.

Berikut ini adalah lima kursus yang bisa dicoba untuk lulusan SMA:

1. Kursus Web Developer

Hampir setiap perusahaan membutuhkan orang yang menguasai web developer atau orang yang ahli membangun aplikasi berbasis web, terutama perusahaan yang bergerak di bidang digital.

Profesi sebagai web developer sangat menjanjikan. Kerennya, profesi itu termasuk pekerjaan yang bergaji tinggi.

Selain bisa kerja di perusahaan, seorang web developer juga bisa berwirausaha mandiri dengan menawarkan jasa pembuatan dan pengelolaan website.

Kalau berminat menggeluti bidang ini, kamu bisa mengikuti kursus pelatihan dengan pilihan spesialisasi seperti web developer, web designer, web programmer atau web administrator.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kursus Bahasa Asing

Bahasa juga menjadi salah satu aset yang harus kamu miliki sebagai modal untuk mencapai jenjang karier yang baik. Menguasai bahasa asing akan sangat menguntungkan, terlebih jika yang bahasa asing yang dikuasai lebih dari satu, sudah pasti banyak perusahaan yang melirik kamu.

Penguasaan bahasa asing yang diprioritaskan adalah bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Jerman, atau Prancis. Selain bekerja di perusahaan, kamu bisa menjadi guru les, pemandu wisata, atau penerjemah lepas. Penghasilannya juga tak main-main.

3 dari 5 halaman

3. Kursus Kecantikan

Jasa make up artist (MUA) masih sangat dibutuhkan hingga saat ini. Hal ini terbukti dengan maraknya jasa MUA, mulai dari spesialis dandanan matte sampai glowy. MUA laki-laki dan perempuan juga laris-manis.

Momen ini sayang sekali kalau terlewatkan. Coba ikuti kursus tata rias untuk melatih keterampilan Anda dalam merias. Jika perlu, temukan karakter kamu sendiri dalam merias agar kelak bisa lebih terspesifikasi lagi dandanannya.

4 dari 5 halaman

4. Kursus Digital Marketing

Digital marketing menjadi salah satu cara untuk menekan biaya promosi dan mempertahankan bahkan meningkatkan jumlah pelanggan.

Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga digital marketing untuk membantu menawarkan produk sekaligus meningkatkan eksistensi mereka.

Jika suka dengan dunia digital, khususnya media sosial, ikuti kursus dan juga forum-forum yang menawarkan pelatihan maupun memberikan referensi terkait ilmu digital marketing.

 

5 dari 5 halaman

5. Kursus Public Speaking

Kemampuan berkomunikasi oral merupakan salah satu aset yang paling berguna di dunia bisnis. Kemampuan berkomunikasi ini meningkatkan kemampuan kamu untuk berinteraksi dengan kolega dan profesional lainnya.

Sudah banyak lulusan SMA yang berhasil jadi presenter bahkan pembawa berita karena kemampuan soft skill-nya yang baik. Kalau termasuk orang yang percaya diri, kursus public speaking bisa jadi pilihan kamu yang baru tamat SMA agar bisa mengasah kemampuan berkomunikasi di depan banyak orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat