uefau17.com

Awas, Ini 5 Kesalahan Menyetir yang Bikin Boros BBM - Bisnis

, Jakarta - Di luar sana, ada orang yang punya pengalaman buruk dengan mobilnya. Setelah mobil lunas, saluran yang berhubungan dengan bahan bakar justru malah rusak. Setelah dibawa ke bengkel, ternyata kesalahan terletak pada cara menyetir yang membuat boros BBM.

Di dunia otomotif, ada beberapa kesalahan dalam menyetir yang membuat boros BBM. Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, berikut ini lima kesalahan menyetir yang bikin boros BBM.

1. Bawa Barang yang Berat

Ini umum dialami mereka yang pekerjaannya di bidang pelayanan jasa, sopir taksi contohnya. Jika kurang beruntung, sopir taksi tiap hari bisa mendapatkan penumpang yang membawa barang-barang berat. Padahal, bawaan yang berat juga bisa bikin boros BBM.

Apalagi jika kamu memiliki banyak relasi yang juga sering minta bantuan untuk mengirim barang dari kota satu ke kota lain. Itu belum termasuk barang elektronik, semacam televisi, kulkas, dan juga barang-barang yang terbuat dari baja. Jadi ya, siap-siap saja BBM-mu jadi boros.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tancap Gas Begitu Nyala

Sayangnya, kesalahan ini paling sering dilakukan orang-orang. Apalagi buat sopir taksi yang dikejar-kejar pelanggan dan harus antar barang ini-itu. Sebaiknya, kamu mulai menghindari kebiasaan tidak baik ini. Jangan lagi tanpa menunggu mesin panas, langsung tancap gas meluncur ke tempat tujuan. Sebaliknya, sebaiknya menunda berkendaraan sejenak agar mesin mobil agak panas.

3. Menyetir dengan AC Menyala

Saat berkendaraan, kita memang membutuhkan nyala AC agar tubuh menjadi lebih relaks. Ya, sebenarnya tidak masalah jika tidak setiap saat. Ingat, jika dilakukan terus menerus, efeknya pada BBM-mu yang semakin boros.

Sebenarnya, ada cara efektif untuk mengurangi penggunaan AC. Jika sedang melintasi jalanan pedesaan yang sepanjang jalannya ditumbuhi banyak pepohonan, kamu bisa mematikan AC-mu. Jadi, kamu bisa menyalakan saat berada di jalanan kota yang panas saja. Alangkah lebih baik lagi jika mematikan AC sampai lebih dari 20 menit.

3 dari 3 halaman

4. Salah Memasukkan Gigi

Kesalahan ini banyak dialami oleh pengendara yang tergolong pemula. Namun, sebaiknya kamu segera belajar dari kesalahan karena salah memasukkan gigi juga menjadi penyebab BBM boros. Sebenarnya kamu bisa menghindari kesalahan ini dengan cara mengambil kursus sampai benar-benar mahir menyetir mobil.

5. Tekanan Ban Tidak Pas

Poin kelima ini memang bisa dipahami jika menempuh pendidikan di sekolah otomotif. Umumnya, jebolan sekolah otomotif dibekali dengan pengetahuan seputar ban mobil serta suku cadangnya dengan baik. Pasalnya, tekanan ban mobil juga sangat berpengaruh terhadap daya konsumsi BBM-nya.

Nah itu dia 5 kesalahan yang biasa dilakukan. Kesalahan inilah yang membuat BBM menjadi boros. Antisipasilah lebih dini agar kamu bisa meminimalkan risiko keborosan BBM, ya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat